Rektor ITS menetapkan Fakultas Sains dan Analitika Data sebagai Zona Integritas di lingkungan Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Penetapan ini disahkan dalam Keputusan Rektor ITS Nomor T/5063/IT2/HK.00.01/2020 tertanggal 23 Desember 2020.
Kunci Pembangunan Zona Integritas
Mentransformasi sistem dan mekanisme kerja organisasi serta mindset (pola pikir) dan culture (cara kerja) individu
# Pegawai ITS yang Kompeten dan Berkarakter Kuat Budaya kerja dan pola pikir telah dibangun melalui penetapan pimpinan sbg role model, penetapan agen perubahan, lomba 5S+S, ITSprovement, internalisasi motto ITS Advancing Humanity dan ITSSemangat Baru melalui kegiatan sehari-hari di FSAD
Budaya kerja dan pola pikir telah dibangun melalui penetapan pimpinan sbg role model, penetapan agen perubahan, lomba 5S+S, ITSprovement, internalisasi motto ITS Advancing Humanity dan ITSSemangat Baru melalui kegiatan sehari-hari di FSAD
# Pembentukan Tim Kerja Zona Integritas # Tim ZI-WBK, Tim WBS, Role Model, Agen Perubahan telah dibentuk dan ditetapkan melalui Keputusan Rektor iTS/Dekan FSAD, dan berkomitmen untuk melaksanakan pembangunan ZI-WBK di FSAD. # Melibatkan seluruh unsur dosen dan tenaga kependidikan di FSAD # Rencana Pembangunan ZI FSAD Dokumen rencana kerja pembangunan ZI FSAD 2021-2025 telah disusun diturunkan dari Roadmap RB ITS 2021-2025 dan disosialisasikan melalui rapat-rapat, media website, workshop, pelatihan, Instagram dan media-media lain.
# Tim ZI-WBK, Tim WBS, Role Model, Agen Perubahan telah dibentuk dan ditetapkan melalui Keputusan Rektor iTS/Dekan FSAD, dan berkomitmen untuk melaksanakan pembangunan ZI-WBK di FSAD.
# Melibatkan seluruh unsur dosen dan tenaga kependidikan di FSAD
Dokumen rencana kerja pembangunan ZI FSAD 2021-2025 telah disusun diturunkan dari Roadmap RB ITS 2021-2025 dan disosialisasikan melalui rapat-rapat, media website, workshop, pelatihan, Instagram dan media-media lain.
# Komitmen Dalam Perubahan
# Komitmen Dekan, Wakil Dekan, dan Para Kepala Departemen di Lingkungan FSAD Komitmen Pimpinan dalam Zona Integritas untuk meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dituangkan dalam Maklumat Keterbukaan Publik dan Maklumat Layanan.
Komitmen Pimpinan dalam Zona Integritas untuk meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dituangkan dalam Maklumat Keterbukaan Publik dan Maklumat Layanan.
Meningkatkan efisiensi dan efektivitas sistem, proses, dan prosedur kerja yang jelas, efektif, efisien, dan terukur.
# Meningkatnya penggunaan teknologi informasi. Single Sign On (SSO) ITS, terdapat Aplikasi UTAMA dan Aplikasi SERVICE. Aplikasi UTAMA, meliputi berbagai aplikasi yang melekat kepada job disk dari Tendik / Dosen. tiap bagian memiliki Aplikasi yang berbeda, dan terintegrasi antar unit di lingkungan ITS. SI Akademik, Aplikasi yang mengakomodasi akademik dimana dosen/tendik itu bertugas, mulai dari data mahasiswa, perwalian, status pembayaran ukt, sampai yudisium. SI Kepegawaian, Aplikasi yang mengakomodasi kepegawaian dimana dosen/tendik itu bertugas, mulai dari data pegawai, presensi, jobdisk, kinerja, takehomepay, penilaian individu, dll. MyITSWorkTime, Aplikasi yang mengakomodasi presensi Dosen & Tendik, didalamnya terdapat GPS, survey kesehatan individu, sampai ceklist pekerjaan tendik setiap akhir presensi. MyITSOffice, Aplikasi yang mengakomodasi persuratan elektronik, dimana aplikasi ini memangkas birokrasi dan mempercepat proses persuratan secara papperless, yang juga menggunakan tandatangan elektronik dengan QRCode untuk menjaga keontentikan dari surat tersebut. Aplikasi SERVICE, meliputi berbagai aplikasi yang mendukung pekerjaan tiap bagian, dan tiap bagian memiliki aplikasi service yang sama. # Transformasi Digital yang terjadi di linkungan FSAD ITS. Dari banyaknya aplikasi yang disebutkan diatas, berikut Transformasi ” Before – After ” tiap aplikasi. # Meningkatnya efisiensi dan efektivitas proses manajemen pemerintahan. Transformasi yang terjadi di Lingkungan FSAD tentunya membawa perubahan dalam proses administrasinya, sehingga membawa dampak efisiensi, efektif dan akuntable.
Single Sign On (SSO) ITS, terdapat Aplikasi UTAMA dan Aplikasi SERVICE.
Aplikasi UTAMA, meliputi berbagai aplikasi yang melekat kepada job disk dari Tendik / Dosen. tiap bagian memiliki Aplikasi yang berbeda, dan terintegrasi antar unit di lingkungan ITS.
SI Akademik, Aplikasi yang mengakomodasi akademik dimana dosen/tendik itu bertugas, mulai dari data mahasiswa, perwalian, status pembayaran ukt, sampai yudisium.
SI Kepegawaian, Aplikasi yang mengakomodasi kepegawaian dimana dosen/tendik itu bertugas, mulai dari data pegawai, presensi, jobdisk, kinerja, takehomepay, penilaian individu, dll.
MyITSWorkTime, Aplikasi yang mengakomodasi presensi Dosen & Tendik, didalamnya terdapat GPS, survey kesehatan individu, sampai ceklist pekerjaan tendik setiap akhir presensi.
MyITSOffice, Aplikasi yang mengakomodasi persuratan elektronik, dimana aplikasi ini memangkas birokrasi dan mempercepat proses persuratan secara papperless, yang juga menggunakan tandatangan elektronik dengan QRCode untuk menjaga keontentikan dari surat tersebut.
Aplikasi SERVICE, meliputi berbagai aplikasi yang mendukung pekerjaan tiap bagian, dan tiap bagian memiliki aplikasi service yang sama.
Dari banyaknya aplikasi yang disebutkan diatas, berikut Transformasi ” Before – After ” tiap aplikasi.
Transformasi yang terjadi di Lingkungan FSAD tentunya membawa perubahan dalam proses administrasinya, sehingga membawa dampak efisiensi, efektif dan akuntable.
# SOP Kegiatan Utama # Teknologi Sistem Informasi # Keterbukaan lnformasi Publik.
# Pengaruh penyederhanaan birokrasi terhadap peta proses bisnis # Pengembangan Teknologi Sistem Informasi yang Terintegrasi # Transformasi Digital memberikan nilai manfaat.
Meningkatkan profesionalisme SDM aparatur.
• Penetepan dan penempatan SDM di FSAD sesai dengan kompetensi • Mengikuti ketentuan rotasi pegawai sesuai dengan ketetapan ITS. • Penggunaan SIM kepegawaian untuk database integrasi kepegawaian • Penilaian kenerja secara berkala dengan BKD dan Qinerja • Peningkatan Kualitas Pegawai dan Dosen melalui pelatihan dan sertifikasi.
# Perencanaan kebutuhan pegawai sesuai kebutuhan organisasi # Pola Mutasi Internal # Pengembangan Pegawai berbasis Kompetensi # Penetapan Kinerja lndividu
# Kinerja lndividu # Assesment Pegawai # Pelanggaran Disiplin Pegawai Qinerja ITS merupakan Sistem Pengelolaam Kinerja ITS Terintegrasi yang berdasarkan: – Kualitas Bekerja – Kualitas Layanan – Kualitas Capaian Qinerja ini merupakan sinkronisasi kinerja individu dan organisasi
ITSprovement
Perubahan status organisasi menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) merupakan momentum penting bagi ITS untuk berbenah dan bertransformasi menjadi lebih produktif, inovatif, dan berdaya saing yang tinggi. Upaya berkelanjutan perlu digencarkan oleh semua pihak internal kampus. Setiap stakeholder ITS memiliki tanggung jawab yang sama untuk menciptakan iklim pembaharuan, budaya untuk selalu melakukan perbaikan sistem dan proses kerja. Sebagai wujud nyata proses perubahan, ITS menginisiasi adanya program ITSprovement yang merupakan wadah bagi para inovator ITS untuk berkompetisi mengajukan ide inovasi yang dapat menimbulkan efektivitas dan efisiensi kerja di lingkungan kampus ITS.
Meningkatkan kapasitas dan akuntabilitas kinerja Fakultas / Institusi
• Penandangan Kontrak kerja Organisasi maupun individu dilingkungan FSAD. • Melakukan rapat kerja departemen dan Fakultas sebagai metode evaluasi kerja unit. • Penggunaan Qinerja untuk melakukan penukuran kinerja individu, baik Dosen maupun Tendik
# Keterlibatan Pimpinan # Pengelolaan Akuntabilitas Kinerja
Milestone yang melatarbelakangi Penguatan Akuntabilitas FSAD beserta dampak yang dihasilkan sejak tahun 2020 sampai 2022 dapat dilihat pada gambar tersebut.
Penguatan Akuntabilitas berikutnya berkaitan dengan Sistem Q-inerja, dimana didalamnya terdapat Reward dan Punishment yang diatur dengan baik oleh sistem Q-inerja serta aturan 3P-Reward (Kompensasi Kerja).
sedangkan untuk belajar mengajarnya terdapat Aplikasi yang dikembangkan yang berbasis SSO sehingga banyak Aplikasi didalamnya dapat diakses dengan aman dan saling terintegrasi.
Adapun Akuntabilitas yang berkaitan dengan Inovasi Fasilitas, dilakukan oleh Departemen dengan Arahan dan pengembangannya diawasi oleh Fakultas, sehingga perkembangan dan jalannya Fasilitas tersebut sejalan dengan Renstra Fakultas dan ITS. adapun contoh dari sekian banyak Inovasi Fasilitas yang dilakukan adalah,
# Ruang Smart Class dari Departemen Biologi, # Smart Laboratory dari Departemen Biologi, # Pojok Statistika dari Departemen Statistika, dll
# Meningkatnya Capaian Kinerja # Pemberian Reward & Punishment atas dasar kinerja # Kerangka Logis (penjabaran kinerja)
Meningkatkan pelayanan administrasi yang bersih dan bebas KKN
• Kepatuhan administrasi keuangan sesuai aturan yang telah ditetapkan oleh Rektor ITS dengan pengawasan KAI. • Penggunaan SIM Keuangan sebagai sistem pertanggung jawaban laporan penggunaan keuangan unit. • Melakukan pelaporan LHKPN & LHKASN tepat waktu dan tertib. • Sosialisasi Whistle Blowing System ITS.
# Gratifikasi. # Penerapan SPIP. # Pengaduan Masyarakat. # Whistle Blowing System. # Penanganan Benturan Kepentingan. # Bukti komitmen ITS dalam memberikan layanan publik, pencapaian ITS peringkat “Informatif” dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Badan Publik Kategori Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2020 dan 2021. # ITS terus melakukan pengembangan sarana-prasarana layanan, peningkatan kompetensi SDM, sehingga mampu menjalankan sistem yang telah dibangun. # ITS bertekat memberikan layanan prima yang responsive atas permintaan informasi dan dokumentasi dari masyarakat. # Keterbukaan informasi publik merupakan bentuk pengawasan masyarakat Bentuk Penguatan Pengawasan yang dilakukan oleh FSAD dapat dilihat dalam gambar tersebut.
# Bukti komitmen ITS dalam memberikan layanan publik, pencapaian ITS peringkat “Informatif” dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Badan Publik Kategori Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2020 dan 2021.
# ITS terus melakukan pengembangan sarana-prasarana layanan, peningkatan kompetensi SDM, sehingga mampu menjalankan sistem yang telah dibangun.
# ITS bertekat memberikan layanan prima yang responsive atas permintaan informasi dan dokumentasi dari masyarakat.
# Keterbukaan informasi publik merupakan bentuk pengawasan masyarakat
Bentuk Penguatan Pengawasan yang dilakukan oleh FSAD dapat dilihat dalam gambar tersebut.
# Mekanisme Pengendalian Aktivitas Utama. # Penanganan Pengaduan Masyarakat. # Penyampaian Laporan Harta Kekayaan Pegawai.
Membangun kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan publik
• Sebagai Verifikator Pusat Layanan Terpadu Bagi Civitas & Masyarakat • Kegiatan Untuk Perbaikan Layanan Publik • Layanan PPID untuk Keterbukaan Informasi Publik
# Standar pelayanan # Budaya pelayanan Prima # Pengelolaan Pengaduan. # Penilaian Kepuasan Terhadap pelayanan. # Peningkatan Teknologi Informasi.
# Upaya dan/inovasi telah mendorong perbaikan pelayanan publik. # Upaya dan/atau telah dipermudah. # Penanganan pengaduan pelayanan.
Berikut adalah Komitmen FSAD dalam menyediakan Peningkatan Kualitas Pelayanan Pelayanan Publik yang baik dan Berstandar.
dimana sejak tahun 2020 – 2021 ITS meraih Anugrah Keterbukaan Informasi Publik Kategori Perguruan Tinggi Negeri sebagai Badan Publik Informatif.
Selain SSO yang diunggulkan, FSAD sebagai pelayanan publik juga memiliki program unggulan, seperti
# Pusat Layanan Terpadu (PLT) yang merupakan Integrasi layanan kepada civitas dan masyarakat dalam bentuk pelayanan satu atap terkait legalisir ijasah, Translate, Surat Keterangan Lulus (SKL), Surat Rekomendasi Rektor / Dekan, Layanan LHKSN, Permohonan Statement Letter, dll.
# Pojok Statistik dan Statistic Service Center, untuk mendukung penyebarluasan ragam dan manfaat produk statistik bagi civitas dan masyarakat dengan tagline ‘Tempat Asyik Belajar Statistik’, serta membantu mahasiswa dalam meimplementasikan ilmu statistika.
Tak berhenti setelah mendapatkan Anugrah Keterbukaan Informasi Publik Kategori Perguruan Tinggi Negeri sebagai Badan Publik Informatif. ITS dan FSAD tetap melakukan beragam Webinar dan Sosialisasi untuk mengedukasi civitas terkait Standar yang saat ini dimiliki oleh ITS.
Berikut prosesi peresmian Pojok Statistika dan Beragam Kegiatan yang dilakukan.
Whistle Blowing System Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
adalah sebuah mekanisme yang disediakan oleh bagi seseorang (pelapor) yang memiliki informasi dan ingin melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan ITS.
Pengaduan akan mudah ditindaklanjuti apabila memenuhi unsur sebagai berikut:
What : Perbuatan berindikasi pelanggaran yang diketahui
Where : Dimana perbuatan tersebut dilakukan
When : Kapan perbuatan tersebut dilakukan
Who : Siapa saja yang terlibat dalam perbuatan tersebut
How : Bagaimana perbuatan tersebut dilakukan (modus, cara, dsb.)
ITS akan merahasiakan identitas pribadi pelapor sebagai whistleblower karena ITS hanya fokus pada informasi yang saudara laporkan.
Untuk menjaga kerahasiaan, perhatikan hal-hal berikut ini:
Pelapor dapat memilih layanan :
Fakultas Sains dan Analitika Data memiliki jejak perjalanan panjang dalam sejarah Kampus Pahlawan. Untuk mendukung visi ITS menjadi universitas bereputasi internasional atau World Class University, serta dalam rangka menjawab tantangan industri 4.0, pada tahun 2020 fakultas ini mendapat nama baru yakni Fakultas Sains dan Analitika Data (FSAD).Fakultas yang berdiri pada tahun 1965 dengan nama Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam (FIPIA) ini saat itu hanya memiliki tiga departemen yaitu Fisika, Kimia, dan Matematika. 18 tahun setelah didirikan, nama FIPIA berubah menjadi FMIPA.
Pada tahun 1983 di dalam FMIPA bertambah satu departemen yakni Departemen Statistika. Perjalanan Fakultas MIPA terus berlanjut. Pada tahun 1998, departemen di FMIPA bertambah satu lagi yaitu Departemen Biologi.
Nama FMIPA bertahan hingga 19 tahun kemudian. Namun pada November 2018. berdasarkan Peraturan Rektor 2017, FMIPA dipisah menjadi dua fakultas. Yakni Fakultas Matematika, Komputasi dan Ilmu Data (FMKSD) yang menaungi Departemen Matematika, Statistika, dan Aktuaria, dan Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam (Fakultas Sains) yang menaungi Departemen Fisika, Kimia, dan Biologi.
Akhirnya pada tahun 2020 kedua fakultas telah dipersatukan kembali di bawah naungan Fakultas Sains dan Analitika Data (FSAD) dengan tujuan menjawab tantangan Industri 4.0. Fakultas Sains dan Analitika Data memiliki beberapa departemen diantaranya: NoDepartemenProdi SarjanaProdi MagisterProdi Doktor 1FISIKAAkreditasi AAkreditasi AAkreditasi A 2MATEMATIKAAkreditasi AAkreditasi AAkreditasi Baik Sekali 3STATISTIKAAkreditasi AAkreditasi UnggulAkreditasi A 4KIMIAAkreditasi AAkreditasi AAkreditasi A 5BIOLOGIAkreditasi AAkreditasi B 6AKTUARIAAkreditasi Baik
Fakultas yang unggul dan bereputasi internasional dalam pengembangan sains, matematika dan analitika data serta terapannya untuk kemanusiaan, kesejahteraan dan lingkungan
Misi Fakultas Sains dan Analitika Data (FSAD) adalah memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang sains, matematika, data analitika data serta terapannya untuk kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan manajemen yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi.
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali menambah dua guru besarnya dari dua bidang ilmu yang berbeda. Keduanya adalah Prof Dr Subiono MSc sebagai guru besar bidang Ilmu Aljabar Max Plus di Auditorium Gedung Research Center ITS, Rabu (11/12).
Informasi Seleksi Pendaftaran mahasiswa baru bisa diakses pada kolom ini
Fakultas Sains dan Analitika Data telah menjalin kerja sama dengan berbagai instansi, baik di dalam maupun luar negeri. Berikut adalah beberapa daftar instansi yang telah bekerja sama.
Silakan hubungi kami di sini:
Silakan klik tautan di bawah untuk mendukung.