News

Mengenal ITS Lebih Dekat Melalui Kegiatan IPITS 2024

Rab, 28 Agu 2024
2:19 pm
Berita Terkini
Share :
Oleh : adminelectics   |

Bapak Edwin Riksa Komara S.Kom.,M.T sedang menyampaikan materi Fasilitas Pendidikan Dan Administrasi Akademik di Departemen Teknologi Informasi

 

Pada tanggal 6-7 Agustus 2024, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menyelenggarakan kegiatan Informasi Pengenalan ITS (IPITS) untuk menyambut mahasiswa baru program sarjana dan vokasi, termasuk seluruh mahasiswa Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas (FTEIC). Acara ini, yang berlangsung selama dua hari, diisi dengan berbagai sesi informasi dan orientasi untuk membantu mahasiswa baru menyesuaikan diri dengan kehidupan kampus. Semua kegiatan dilaksanakan secara offline di gedung masing-masing departemen.

 

Hari pertama, Selasa, 6 Agustus 2024, dimulai dengan sesi materi “Pengenalan ITS”, di mana mahasiswa baru diajak untuk lebih mengenal institusi ini, termasuk struktur organisasi, visi, dan misi ITS. Sesi ini kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi tentang kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

 

Pada sesi berikutnya, mahasiswa diperkenalkan dengan fasilitas pendidikan dan administrasi akademik yang tersedia di ITS. ITS menawarkan berbagai program pendidikan mulai dari program akademik (sarjana, magister, doktor), program vokasi (sarjana terapan, magister terapan), hingga program profesi seperti arsitek, insinyur, dan dokter. Dijelaskan pula bahwa ITS memiliki 8 fakultas dan 41 departemen, termasuk FTEIC, serta satu sekolah interdisiplin, yaitu Sekolah Interdisiplin Manajemen dan Teknologi (IMATECH).

 

Mahasiswa juga mendapat pemahaman tentang kurikulum ITS, yang mencakup mata kuliah wajib nasional seperti Agama, Pancasila, Kewarganegaraan, dan Bahasa Indonesia, serta mata kuliah khas ITS seperti Bahasa Inggris, Kewirausahaan Berbasis Teknologi, dan Aplikasi Teknologi dan Transformasi Digital. Tidak ketinggalan, informasi mengenai rencana dan proses pembelajaran serta aturan kehadiran minimum 80% yang harus dipenuhi mahasiswa untuk dapat mengikuti kegiatan akademik.

 

Sesi dilanjutkan dengan materi “Kegiatan Kemahasiswaan, Tata Kehidupan Kampus, dan Kode Etik Larangan Mahasiswa”. Kemudian, materi mengenai “PPKS di lingkungan ITS” diikuti oleh sesi terakhir yang menekankan pentingnya “Menumbuhkan Budaya Keselamatan dan Keamanan Lingkungan”.

 

Hari kedua, Rabu, 7 Agustus 2024, dibuka dengan sesi “ITS Goes Global,” yang membahas upaya internasionalisasi ITS serta kesempatan bagi mahasiswa untuk mengikuti program pertukaran pelajar. Kemudian, dilanjutkan dengan wawasan tentang “Layanan Digital dan Keamanan Siber di ITS”. Sesi berikutnya mengenai “Fasilitas Sarana Prasarana Penunjang Pendidikan dan Kemahasiswaan”, termasuk medical center, menjadi bagian dari agenda.

 

Cuplikan Materi Wawasan Lingkungan dalam Pembangunan Berkelanjutan

 

Selain itu, mahasiswa diberikan wawasan tentang isu-isu lingkungan dalam sesi “Wawasan Lingkungan dalam Pembangunan Berkelanjutan.” ITS menekankan pentingnya kontribusi setiap individu dalam mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), melalui inisiatif seperti ITS Smart Eco Campus yang mempromosikan pengelolaan air, limbah, transportasi, energi, dan ruang terbuka hijau secara berkelanjutan.

 

Kegiatan IPITS ini diakhiri dengan penjelasan mengenai fasilitas perpustakaan, medical center, dan Unit Pusat Bahasa Global (UPBG) ITS, serta informasi tentang “Endowment Fund ITS”, yaitu dana abadi yang hasil pengelolaannya dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi tanpa mengurangi nilai pokok dana tersebut.

 

Diharapkan, seluruh rangkaian kegiatan IPITS ini dapat memberikan gambaran yang jelas dan menyeluruh bagi mahasiswa baru tentang kehidupan di ITS, sehingga mereka dapat menjalani masa perkuliahan dengan lebih baik dan siap menghadapi tantangan ke depan. (HUMAS FTEIC)

Latest News