News

Peneliti ITS mengikuti Outbound Researcher Mobility (ORM) ke Jepang

Rab, 06 Mar 2024
5:01 am
Berita terbaru
Share :
Oleh : adminagrifotech   |

Pada 28 Januari 2024 hingga 3 Februari 2024, salah satu peneliti dari ITS, Sri Fatmawati, S.Si., M.Sc., Ph.D., mengikuti program Outbound Researcher Mobility (ORM) ke Jepang.  Sri Fatmawati, S.Si., M.Sc., Ph.D. berkunjung berkunjung dan berkeliling Kawasan kampus Kyushu University, Department of Agro-environmental Sciences dan Laboratory of Forest Chemistry and Biochemistry. Kegiatan ini bertujuan untuk melihat lingkungan kelas dan fasilitas-fasilitas yang tersedia di Department of Agro-environmental Sciences, Kyushu University. Kunjungan ke Laboratory of Forest Chemistry and Biochemistry ini juga bertujuan untuk menganalisa sampel yang dibawa ke Indonesia dengan instrument pada laboratorium tersebut dan dibimbing oleh Profesor Kuniyoshi Shimizu. Kegiatan dilanjutkan dengan kuliah tamu di Laboratory of Forest Chemistry and Biochemistry, Kyushu Univesity. Kuliah tamu ini diikuti oleh mahasiswa yang melakukan penelitian di laboratorium tersebut. Sri Fatmawati, S.Si., M.Sc., Ph.D. menjelaskan topik penelitian yang beliau lakukan selama ini yang berkaitan dengan pemanfaatan bahan alam dalam bidang farmasi dan makanan terutama minuman tradisional Indonesia yang disebut sebagai JAMU. Selain itu, Sri Fatmawati, S.Si., M.Sc., Ph.D. juga berdiskusi dengan mahasiswa-mahasiswa di laboratorium tersebut mengenai riset penelitian yang sedang dilakukan. Kyushu University merupakan salah satu World Class University yang masuk QS WUR top 100 terutama dalam subjek Kimia (urutan 98). Dalam rangka program outbound researcher mobility, beberapa identifikasi metabolit akan dilakukan di Kyushu University, validasi data dan penulisan paper. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 28 Januari – 03 Februari 2024 (7 hari). Target luaran adalah dokumen kerja sama ITS dan Kyushu University dalam bentuk Implementation Arrangement (IA) dan joint publication dalam jurnal internasional terindeks Scopus yaitu di jurnal Arabian Journal of Chemistry (Q1) penerbit Elsevier.

Kegiatan kunjungan ke Kyusu University

Kunjungan ke Laboratory of
Forest Chemistry and
Biochemistry, Department of
Agro-Environmental
Sciences, Kyushu University

Rencana lanjutan dari kegiatan program Outbound Researcher Mobility (ORM) ini yaitu kerjasama penelitian antara Laboratorium Kimia Bahan Alam dan Sintesis, Departemen Kimia ITS dengan Laboratory of Forest Chemistry and Biochemistry, Department of AgroEnvironmental Sciences, Kyushu University yang dapat meliputi kegiatan sebagai berikut bantuan dalam menganalisa sampel dengan fasilitas di Laboratory of Forest Chemistry and Biochemistry, Department of Agro-Environmental Sciences, Kyushu University, student exchange, program internship dan collaboration visiting baik dosen maupun mahasiswa dari Kyushu University.

Latest News

  • Peneliti ITS menghadiri 2nd Technical Meeting Roundtable Ganoderma Management (RGM)

    Halo Agrifotechers… Pada Selasa, 5 Maret 2024, para peneliti ITS yang terdiri dari Dr.rer.nat. Ir. Maya Shovitri M.Si., Dr.

    06 Mar 2024
  • Peneliti ITS mengikuti Outbound Researcher Mobility (ORM) ke Jepang

    Pada 28 Januari 2024 hingga 3 Februari 2024, salah satu peneliti dari ITS, Sri Fatmawati, S.Si., M.Sc., Ph.D., mengikuti

    06 Mar 2024
  • Workshop Penulisan Ilmiah bersama Universiti Malaysia Perlis

    Halo Agrifotecherrs… Agrifotech mengundang seluruh Mahasiswa Biologi ITS untuk Hadir dalam acara

    10 Jul 2023