News

Benih Sintetik pada TENNOVEX 2022

Sen, 14 Nov 2022
6:46 pm
Berita terbaru
Share :
Oleh : adminagrifotech   |

Hai sahabat Agrifotechers ITS

Sudah tahukah tentang BENIH SINTETIK?

ABC

Benih Sintetik, salah satu produk Puslit Agrifotech ITS, yang dipamerkan pada TENNOVEX 2022 di Atrium Grand City Mall Surabaya.

Benih sintetik atau artifisial seeds  merupakan produk bioteknologi benih yang berasal dari embriosomatik, kalus, pucuk dan bagian meristematik tanaman yang lain. Embriosomatik dienkapsulasi dengan alginat, sehingga sifatnya mirip dengan benih zigotik. Kapsul tersebut berperan sebagai endosperma yang mengandung sumber karbon, nutrisi, dan zat pengatur tumbuh (ZPT). Benih sintetik merupakan aplikasi bioteknologi tanaman secara in vitro yang menawarkan banyak manfaat dan kemudahan untuk menunjang program konservasi plasma nutfah Indonesia dan komersialisasi.

Produksi dan aplikasi benih sintetik telah dilakukan secara luas dalam bidang bioteknologi tanaman seperti perbanyakan klonal secara masal dan dalam jumlah besar, konservasi plasma nutfah, mempermudah penyimpanan dan transportasi benih. Teknologi benih sintetik merupakan teknik yang sangat prospektif untuk dikembangkan dalam perbanyakan biji dan konservasi. Teknologi benih sintetik dapat memberi keuntungan antara lain penyimpanan yang tahan lama, bebas bakteri, virus dan jamur, mempermudah distribusi atau penyebaran, serta dapat melindungi benih dari penyakit. Benih sintetik yang telah dihasilkan oleh Puslit Agri-pangan meliputi embriosomatik teh (Camellia sinensis), kelor (Moringa oleifera) dan pucuk tanaman stevia (Stevia rebaudiana).

Benih sintetis tersebut selanjutnya dikecambahkan dan ditumbuhkembangkan menjadi planlet tanaman melalui teknologi kultur jaringan (tissue culture) dan siap untuk diaklimatisasi dalam rumah kaca untuk menjadi tanaman sejati.

Hasil Kultur Benih Sintetik.

Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi Puslit Agrifotech ITS, Gedung Riset Center Lantai 10 Kampus ITS Sukolilo Surabaya atau melalui email agrifotech@its.ac.id

Latest News

  • Peneliti ITS menghadiri 2nd Technical Meeting Roundtable Ganoderma Management (RGM)

    Halo Agrifotechers… Pada Selasa, 5 Maret 2024, para peneliti ITS yang terdiri dari Dr.rer.nat. Ir. Maya Shovitri M.Si., Dr.

    06 Mar 2024
  • Peneliti ITS mengikuti Outbound Researcher Mobility (ORM) ke Jepang

    Pada 28 Januari 2024 hingga 3 Februari 2024, salah satu peneliti dari ITS, Sri Fatmawati, S.Si., M.Sc., Ph.D., mengikuti

    06 Mar 2024
  • Workshop Penulisan Ilmiah bersama Universiti Malaysia Perlis

    Halo Agrifotecherrs… Agrifotech mengundang seluruh Mahasiswa Biologi ITS untuk Hadir dalam acara

    10 Jul 2023