News

Fresh-Ch pada TENNOVEX 2022

Sen, 14 Nov 2022
7:09 pm
Berita terbaru
Share :
Oleh : adminagrifotech   |

Produk Fresh-Ch.

Sahabat Agrifotechers ITS

Ada lagi produk Puslit Agrifotech lain, yaitu KITOSAN.

Kitosan dapat dimanfaatkan sebagai pelapis atau coating buah agar buah dapat disimpan lebih lama.

Buah pada umumnya memiliki sifat mudah rusak (perishable) sehingga setelah panen buah-buah membutuhkan penanganan khusus. Total kehilangan hasil pada buah akibat penangan pascapanen yang kurang tepat diperkirakan mencapai 30%. Kehilangan hasil disebabkan oleh penanganan yang kurang baik atau terjadinya proses respirasi, transpirasi dan perubahan fisik lain selama penyimpanan yang menyebabkan mutu buah berangsur-angsur menurun. Kendala yang dihadapi dalam agribisnis adalah mutu buah. Konsistensi mutu dapat dijamin dengan penerapan Good Handling Practise (GHP) serta tata cara penanganan yang baik hingga buah sampai ditangan konsumen dengan mutu yang baik. Peran teknologi penanganan pascapanen menjadi strategis dan saran penting yang diperlukan untuk melaksanakan GHP guna menjamin konsistenssi mutu buah Salah satu upaya GHP yang ditawarkan adalah natural edible coating dengan nanopartikel kitosan. Kitosan dalam bentuk nanopartikel memberikan keunggulan guna meningkatkan kualitas buah, yang meliputi, tekstur, rasa, kandungan antioksidan dan bebas mikroorganisme.

Nama produk kitosan yang telah diproduksi adalah Fresh-Ch.

Fresh-Ch merupakan prodduk yang berbentuk cairan bening dan tidak berbau. Bersifat easy handling memiliki daya simpan 10 – 12 bulan dalam botol kedap udara. Efektif dalam coating berbentuk film forming property pada permukaan buah. Keunggulan dari produk Fresh-Ch mampu memperpanjang masa simpan buah karena menghambat laju respirasi yang menyebabkan laju pematangan buah menjadi terhambat.

Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi Puslit Agrifotech ITS, Gedung Riset Center Lantai 10 Kampus ITS Sukolilo Surabaya atau melalui email agrifotech@its.ac.id

Latest News

  • Peneliti ITS menghadiri 2nd Technical Meeting Roundtable Ganoderma Management (RGM)

    Halo Agrifotechers… Pada Selasa, 5 Maret 2024, para peneliti ITS yang terdiri dari Dr.rer.nat. Ir. Maya Shovitri M.Si., Dr.

    06 Mar 2024
  • Peneliti ITS mengikuti Outbound Researcher Mobility (ORM) ke Jepang

    Pada 28 Januari 2024 hingga 3 Februari 2024, salah satu peneliti dari ITS, Sri Fatmawati, S.Si., M.Sc., Ph.D., mengikuti

    06 Mar 2024
  • Workshop Penulisan Ilmiah bersama Universiti Malaysia Perlis

    Halo Agrifotecherrs… Agrifotech mengundang seluruh Mahasiswa Biologi ITS untuk Hadir dalam acara

    10 Jul 2023