News

Kunjungan Tomsk State University (TSU), Rusia ke Agrifotech ITS untuk Pengolahan Limbah Kelapa Sawit

Kam, 22 Jun 2023
6:58 am
Berita terbaru
Share :
Oleh : adminagrifotech   |

Salah satu tema penelitian yang ada di roadmap Agrifotech adalah pengolahan limbah menjadi produk komersial. Tandan kosong kelapa sawit (TKKS) adalah salah satunya, yang menjadi obyek penelitian di Agrifotech untuk diubah menjadi biofertilizer dan media tanam. Pengolahan limbah dari agroindustry ini menarik perhatian TSU Rusia tertarik untuk berkunjung ke Agrifotech di DRPM ITS, pada tanggal 24 Mei 2023.

Maya Shovitri sebagai salah satu anggota peneliti terkait TKKS tersebut menerangkan bahwa tim telah berhasil menurunkan volume biomass menjadi 40-70% dalam waktu 75 hari dengan kandung NPK dan ratio C/N di atas standard SNI. Selain itu juga, dari biomas TKKS tersebut berhasil diisolasi beberapa jamur dan bakteri yang memiliki kemampuan menghasilkan enzim-enzim pendegradasi karbohidrat.

Menurut Maya Shovitri, riset material ini sangat penting dikembangkan secara berkesinambungan, untuk mengatasi permasalahan lingkungan. Limbah padat biomassa jumlahnya banyak, namun masih belum dimanfaatkan secara optimal. “Pemanfaatan limbah kelapa sawit menjadi material maju (waste for materials), tidak hanya dapat mengatasi masalah pencemaran limbah. Selain itu, dapat memberikan nilai baru dan manfaat, menjadi produk inovatif yang bernilai tinggi. Pada akhirnya, bisa meningkatkan produktivitas industri agro secara menyeluruh, menuju ekonomi sirkular”.

Dari pertemuan tersebut, ada potensi kerjasama bilateral yang bisa dilakukan, yaitu melanjutkan penelitian terkait pengolahan limbah ini dengan parameter-parameter lain yang disesuaikan dengan interest masing-masing partner.

Foto bersama antara Dr.rer.nat. Maya Shovitri serta tim dengan 4 tamu dari Rusia

Latest News

  • Peneliti ITS menghadiri 2nd Technical Meeting Roundtable Ganoderma Management (RGM)

    Halo Agrifotechers… Pada Selasa, 5 Maret 2024, para peneliti ITS yang terdiri dari Dr.rer.nat. Ir. Maya Shovitri M.Si., Dr.

    06 Mar 2024
  • Peneliti ITS mengikuti Outbound Researcher Mobility (ORM) ke Jepang

    Pada 28 Januari 2024 hingga 3 Februari 2024, salah satu peneliti dari ITS, Sri Fatmawati, S.Si., M.Sc., Ph.D., mengikuti

    06 Mar 2024
  • Workshop Penulisan Ilmiah bersama Universiti Malaysia Perlis

    Halo Agrifotecherrs… Agrifotech mengundang seluruh Mahasiswa Biologi ITS untuk Hadir dalam acara

    10 Jul 2023