Sambutan Kepala Departemen

Dr. Soehardjupri, M.Si

Assalamualaikum wr.wb.,

Pembukaan Departemen Aktuaria di Fakultas Matematika, Komputasi dan Sains Data (FMKSD)-Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) merupakan suatu kebutuhan dan merupakan bagian terintegrasi dari rencana strategis ITS. ITS sebagai sebuah perguruan tinggi yang dinamis memberikan ruang bagi pembukaan departemen baru untuk dapat memberikan sumbangsih terhadap permasalahan nasional terkini, dengan mengacu pada aturan yang berlaku.

Keberadaan Departemen Aktuaria terhadap Institusi baik secara langsung atau tidak langsung diharapkan memperkuat suasana akademik bagi pendidikan di ITS. Departemen Aktuaria ini akan mendukung upaya pencapaian misi ITS. Adapun manfaat pendirian Departemen Aktuaria adalah:

  • Bagi Institusi : Meningkatkan kredibilitas ITS di tingkat nasional maupun internasional dalam menghasilkan peneliti yang handal dan mandiri khususnya pada bidang asuransi bencana, kelautan dan syariah.
  • Bagi Masyarakat : Membantu masyarakat memahami pentingnya asuransi/ilmu aktuaria dalam kehidupan.
  • Bagi Bangsa dan Negara : Menghasilkan sumberdaya/tenaga ahli aktuaria yang kompeten dalam bidang asuransi bencana, kelautan dan syariah.

Kebutuhan akan tenaga ahli bidang aktuaria di Indonesia sangatlah mendesak. Saat ini data statistik menunjukkan bahwa pertumbuhan pendapatan premi tahunan di industri asuransi jiwa dan industri asuransi umum di Indonesia berkisar antara 20-30%, yang relatif masih kecil dibandingkan dengan tingkat yang telah dicapai oleh beberapa negara anggota ASEAN. Hal ini mengindikasikan adanya potensi pertumbuhan masa depan yang sangat besar dan telah mengundang banyak minat investor dari luar Indonesia untuk berinvestasi pada industri asuransi di Indonesia. Kenyataan ini berakibat pada semakin dibutuhkannya tenaga ahli bidang aktuaria di Indonesia pada masa mendatang.

Departemen Aktuaria ITS menawarkan kurikulum yang berbeda dengan yang lain dan menyediakan bidang minat yang akan menjadi kompetensi khusus yaitu:

  1. Bidang Bencana
    Bidang bencana akan mempelajari masalah suransi bencana yang sangat cocok diterapkan di Indonesia mengingat Negara Indonesia memiliki tipologi potensi rawan bencana.
  1. Bidang Kelautan
    Indonesia sebagai negara maritim akan membutuhkan asuransi bidang kelautan sebagai penunjang program pemanfaaatan potensi laut.
  2. Bidang Syariah
    Bidang Syariah akan mempelajari masalah asuransi syariah yang sangat bermanfaat mengingat banyak berbagai perusahaan yang menerapkan syariah dalam pelaksanaannya. Sekaligus populasi penduduk Indonesia yang besar dengan mayoritas muslim membawa konsekuensi potensi produk syariah yang besar pula, khususnya bidang asuransi dan industri finansial lainnya.

Ketiga bidang khusus yang ditawarkan ini merupakan keunggulan dan menjadi ciri khas Departemen Aktuaria FMKSD-ITS.Lulusan Departemen Aktuaria FMKSD-ITS bisa berkiprah di Industri Keuangan (seperti perusahaan asuransi sebagai Actuarial Analyst, Appointed Actuary dan Chief Actuary, bank,investasi, pengelola dana pension), Lembaga Pemerintahan (seperti OJK, BPJS dan lain-lain), Perguruan Tinggi, Firma Konsultan, BUMN maupun di perusahaan swasta.

Departemen Aktuaria FMKSD-ITS berusaha terus menerus untuk memberikan kontribusi yang nyata bagi kemajuan dan kemandirian bangsa Indonesia menuju Indonesia yang semakin sejahtera dan bermartabat. Semoga Alloh Ta’ala senantiasa memberikan perlindungan, bimbingan dan barokahNYA, aamiin.

 

Wassalamualaikum wr. wb.

Kepala Departemen Aktuaria FMKSD-ITS

 

 

Dr. Soehardjoepri, M.Si