Jam tangan merupakan salah satu jenis pelengkap fashion atau aksesori apparel. Jam tangan memiliki fungsi utama sebagai penunjuk waktu yang digunakan pada pergelangan tangan. Produk ini merupakan aksesori esensial bagi sebagian orang karena tak hanya memberikan nilai fungsional melainkan juga nilai estetika. Baju dan aksesori fashion tidak hanya berfungsi sebagai penutup tubuh namun sebagai alat komunikasi untuk menyampaikan pribadi seseorang. Mengimbangi kebutuhan konsumen terhadap barang dengan latar belakang ekspresi diri, mengakibatkan produsen untuk berlomba menghasilkan produk yang tak hanya memiliki fungsi semata namun juga merefleksikan pribadi konsumen. Di era digitalisasi ini, sosial media telah membantu mempercepat laju arus informasi sehingga mempermudah kegiatan jual-beli. Segmen market lebih mudah dan luas untuk dijangkau. Oddly satisfying adalah fenomena internet yang ditemui setiap remaja pengguna aktif media sosial.
Video Oddly satisfying diidentifikasi sebagai berbagai jenis konten mulai dari mencampur warna, memencet jerawat, atau sekadar membersihkan sesuatu. Hashtag ini memiliki jenis konten yang luas namun dapat disatukan dengan satu perasaan yang didapatkan seluruh penontonnya yaitu perasaan relax. Seiring dengan meningkatnya jumlah peminat jam tangan analog, inovasi harus terus dikembangkan. Inovasi ini dapat dikembangkan berdasarkan trend yang membuka celah untuk segmen niche market oddly satisfying. Jam tangan memiliki nilai simbolis dengan makna dan ikatan yang unik terhadap setiap individu sehingga tidak mudah digantikan. Oleh karena itu jam tangan dipilih sebagai produk yang tepat untuk mengembangkan teknik pewarnaan fotokromik dengan tujuan sebagai wadah pengembangan inovasi bentuk fenomena oddly satisfying.