PERANCANGAN MOBILE PORTABLE POP UP BOOTH UNTUK BAZAR KULINER SEBAGAI PENGEMBANGAN USAHA UMKM

Abstrak

Perkembangan industri UMKM food & beverages di Indonesia terus berkembang dalam menghadapi peningkatan minat masyarakat, menuntut inovasi dalam strategi pemasaran dan penjualan. Perancangan ini adalah sebuah booth bazar yang dapat digunakan untuk berjualan dan promosi bagi UMKM Food and Beverages, dengan studi kasus UMKM Nasi Jinggo yaitu Jinggowati, melalui acara bazar kuliner sebagai solusi yang dapat mendukung pengembangan usaha Food & beverages pada UMKM. Metode penelitian melibatkan studi literatur, analisis kebutuhan pasar, serta wawancara dengan pemilik UMKM terkait. Perancangan ini mengusung pendekatan campuran, melibatkan studi literatur, analisis kebutuhan pemilik/ pelaku usaha UMKM food & beverages dengan studi kasus UMKM Jinggowati melalui wawancara. Melalui pemahaman mendalam terhadap tantangan dan peluang yang dihadapi oleh UMKM, Mobile Portable Pop-Up Booth dirancang sebagai sarana yang mobile, portable, dan dapat disesuaikan dengan berbagai lokasi acara bazar kuliner. Booth bazar ini dirancang agar mudah dipindahkan, dirakit, dan disesuaikan dengan berbagai lokasi dan acara. Struktur Booth didesain secara foldable, dan mobilitas yang memungkinkan penggunaan ruang yang efisien dan tampilan yang menarik. Penggunaan material yang durable dan menarik secara visual. Hasil perancangan booth ini berupa sebuah booth bazar yang memudahkan mobilitas aktivitas bazar kuliner ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan daya saing UMKM di industri food and beverages melalui pemanfaatan Mobile Portable Pop-Up Booth. Dengan demikian, hasil dari perancangan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap pemasaran produk UMKM, serta memberikan pengalaman berbelanja yang lebih baik bagi konsumen.

Video Tugas Akhir