PT PAL Indonesia merupakan salah satu perusahaan manufaktur terbesar di Indonesia yang bergerak dalam bidang industri berat dengan spesialisasi pembuatan kapal sebagai produk utama. PT. PAL Indonesia sendiri memiliki luas lahan sekitar 120 hektar secara divisional dikelompokkan sebagai fasilitas produksi Kapal Niaga, Kapal Perang, Pemeliharaan dan Perbaikan, serta Rekayasa Umum. Saat ini PT. PAL Indonesia memiliki komposisi jumlah pegawai sebanyak 1.300-an karyawan tetap, 5.000 pekerja kontrak dan 2.000 pekerja sub kontraktor. Dalam aktivitasnya untuk berpindah dari satu tempat asal menuju tempat tujuan di dalam area konstruksi, terutama para pekerja sub kontraktor biasanya berjalan kaki, dan juga ada yang menggunakan truk pengangkut pekerja yang telah disediakan oleh PT. PAL Indonesia dan hal tersebut dikarenakan para pekerja sub kontraktor hanya dapat menggunakan dua cara tersebut dikarenakan untuk pekerja sub kontraktor tidak boleh menggunakan kendaraan pribadinya di area konstruksi. Armada truk pengangkut pekerja ini terbatas hanya 2 armada saja. Hal tersebut membuat para pekerja sub kontraktor merasa malas ketika ingin menaiki bus karena bus sering penuh. Transportasi publik yang baik harus memiliki kriteria kenyamanan dan keamanan. Tuk pengangkut pekerja saat ini menggunakan jenis badan kendaraan yang sebagian terbuka,sehingga penumpang tidak dapat sepenuhnya terlindungi dari asap kendaraan bermotor dan air hujan. Oleh karena itu, penulis merancang desain eksterior interior kendaraan microbus dalam area konstruksi PT. PAL Indonesia yang dapat membawa lebih banyak penumpang serta meningkatkan faktor kenyamanan dan keamanan.