Tren fesyen yang berjalan dengan sangat cepat berpengaruh signifikan terhadap gaya hidup konsumtif yang kemudian melahirkan budaya konsumerisme di kalangan masyarakat. Perilaku konsumtif ini memerlukan respons dari berbagai pihak untuk menciptakan konsumsi yang lebih berkelanjutan. Pihak konsumen memiliki peran yang kuat dalam mendorong konsumsi yang berkelanjutan dalam lingkup fesyen dengan penerapan konsep Capsule Wardrobe yang mengharuskan pengguna memadupadankan item fesyen dengan jumlah terbatas untuk dapat digunakan di berbagai situasi dalam jangka waktu yang lama. Dari hal tersebut, upaya praktik berkelanjutan turut dilakukan dari pihak perancang dengan mencari alternatif atau strategi desain agar produk dapat memenuhi kebutuhan pelaku Capsule Wardrobe dengan menerapkan sistem konvertibel pada produk fesyen sebagai cara untuk mewujudkan keberlanjutan. Sistem konvertibel mengacu pada perubahan tampilan atau fungsi, dapat dikenakan dalam berbagai situasi dengan menyediakan desain dan fungsionalitas serbaguna dan sesuai dengan perubahan tren yang cepat sehingga diharapkan umur produk lebih panjang. Dalam konteks konsumerisme, wanita menjadi konsumen terbesar dalam bidang fesyen dan cenderung konsumtif daripada pria. Namun, wanita juga dapat memenuhi perannya dengan berkontribusi dalam fesyen yang berkelanjutan dengan menerapkan konsep Capsule Wardrobe. Dikarenakan konsep Capsule Wardrobe berfokus pada jumlah item pakaian yang terbatas, diperlukan menambahkan variasi dan kesan pribadi melalui aksesori untuk menciptakan tampilan berbeda dan menambah daya tarik pada pakaian. Dari data yang didapat, diketahui bahwa tas merupakan kebutuhan utama wanita dalam melengkapi kebutuhan aksesori pada konsep Capsule Wardrobe. Dari hal tersebut perancangan ini ditujukan pada konsumen wanita dengan adanya pengembangan produk aksesoris fesyen berupa tas konvertibel yang dapat diubah fungsi dan tampilan sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pengguna serta mewujudkan fesyen berkelanjutan. Dengan penerapan sistem konvertibel, didapatkan sebuah produk tas yang menawarkan perubahan tampilan maupun fungsi dapat mempengaruhi pengguna untuk menggunakan produk tersebut dalam jangka waktu yang lama. Produk tas konvertibel menciptakan tampilan serbaguna untuk dipadupadankan sehingga pengguna dapat mencocokkan dengan berbagai gaya berpakaian dan menggunakannya untuk berbagai situasi yang berbeda.