Perhiasan adalah produk yang memiliki peluang inovasi yang tinggi. Keberadaan perhiasan sudah ada sejak zaman batu. Hal ini dapat dibuktikan dengan penemuan- penemuan artefak yang berbentuk seperti perhiasan. Dengan keberadaan perhiasan yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu, dapat disimpulkan bahwa peluang dan inovasi perhiasan sangat luas. Kebutuhan untuk perhiasan juga masih ada hingga saat ini. Salah satu inovasi perhiasan yang diterapkan oleh UMKM asal malang LAMITA adalah dengan memanfatkan kain batik perca untuk material utama perhiasan. Batik adalah salah satu produk budaya Indonesia yang dihargai keindahan motif nya. Pemanfaatan motif pada batik untuk perhiasan masih memiliki peluang untuk di eksplorasi lebih lanjut.
Penulis melakukan eksplorasi kain batik dengan melakukan eksperimen mengolah kain batik dengan melakukan eksperimen yang disesuaikan dengan preferensi target user yang terpilih, yaitu generasi Z. Preferensi perhiasan didapatkan melalui studi dan analisis data dari peneliti terdahulu dan juga melalui deep interview secara langsung. Data yang didapatkan kemudian digunakan untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan tujuan penelitian, yaitu menciptakan perhiasan menggunakan kain batik yang ditujukan kepada generasi Z.