PENGENALAN DESTINASI WISATA DAN BUDAYA BOJONEGORO MELALUI BOARD GAME DENGAN FITUR VIRTUAL REALITY

Abstrak

Bojonegoro merupakan kabupaten di Jawa Timur yang berbatasan dengan Kabupaten Tuban, Lamongan, Jombang, Madiun, Ngawi dan Blora. Berdasarkan data dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bojonegoro, wisatawan Bojonegoro tidak mencapai 2 juta pengunjung selama 3 tahun terakhir, berbeda dengan beberapa kota di sekitar Bojonegoro seperti Lamongan dan Tuban yang hampir mencapai 7 juta pengunjung dalam kurun waktu yang sama. Bojonegoro memiliki lebih dari 41 destinasi wisata unggulan seperti Kayangan Api, Wonocolo Geopark, dan Negeri Atas Angin. Selain dari wisatanya, budaya khas Bojonegoro yaitu Tari Thengul juga perlu lebih dikenalkan kepada masyarakat umum. Untuk itu diperlukan sebuah media promosi untuk mengenalkan wisata dan budaya Bojonegoro ke jangkauan yang lebih luas. Ada banyak media yang bisa digunakan untuk mempromosikan wisata Bojonegoro. Salah satunya adalah melalui board game. Media ini dipilih karena dalam pelaksanaan permainannya, terjadi interaksi secara langsung pada setiap pemain sehingga penyampaian informasi bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan tidak monoton. Dalam perancangannya, fitur virtual reality ditambahkan sebagai nilai kebaruan dan untuk membantu pemain lebih memahami destinasi wisata dan budaya yang disajikan dalam permainan. Dalam mengumpulkan data sebagai acuan perancangan board game pengenalan destinasi wisata dan budaya Bojonegoro dengan fitur virtual reality ini, akan dilakukan observasi langsung ke objek wisata, melakukan wawancara ke beberapa ahli, dan melakukan studi literatur.

Video Tugas Akhir