Masa kanak – kanak mengalami masa perkembangan yang sangat aktif dan penuh dengan berbagai aktivitas. Bermain, makan, tidur, dan setiap aktivitas lainnya memiliki batasan waktu yang disesuaikan dengan kebutuhan anak. Pemahaman anak terhadap konsep waktu merupakan aspek dalam perkembangan anak. Secara psikologis, pemahaman konsep waktu pada anak dapat membentuk sifat disiplin waktu sejak usia dini. Pengenalan konsep waktu pada anak-anak dimulai dengan pemahaman mereka terhadap aspek-aspek sederhana, seperti konsep pagi- malam, di sini-di sana, sekarang-nanti, dan lain sebagainya. Pembelajaran yang dilakukan dengan pendekatan tanpa kekerasan, serta komunikasi yang efektif akan diterima lebih mudah oleh anak. Orangtua dan pendidik memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan pembelajaran terkait hal ini. Melalui penerapan teori gentle parenting, pendekatan yang lebih lembut dan responsif terhadap kebutuhan anak, dapat membantu menciptakan lingkungan yang mendukung pembelajaran konsep waktu. Dengan demikian, diperlukan alat atau media yang dapat membantu orang tua dan pendidik dalam memberikan panduan yang efektif dan positif terkait pemahaman waktu kepada anak-anak. Media penunjuk waktu dengan ilustrasi memperkuat pemahaman anak tentang waktu. Desain yang menampilkan karakter hewan dan ilustrasi merangsang imajinasi, kreativitas, dan interaksi positif. Penggunaan model jam tangan dengan gambar bergerak menunjukkan interaksi anak yang lebih interaktif. Ilustrasi siang- malam dan simbol aktivitas membantu anak dalam identifikasi waktu dan kegiatan secara sederhana. Pendekatan ini menciptakan pengalaman belajar yang positif dan menarik bagi anak- anak usia pra-sekolah.