PERANCANGAN THEMATIC SERIES BUSY PRETEND PLAY SEBAGAI SARANA EKSPLORASI PERKEMBANGAN ANAK USIA 4-6 TAHUN

Abstrak

Usia dini merupakan golden age di mana sekitar seratus miliar sel otak sedang dalam kondisi siap untuk menerima stimulasi dalam meningkatkan kecerdasan yang optimal. Kecerdasan di usia 18 tahun 50% dibentuk pada usia 0-4 tahun. Pada fase tersebut, anak mengalami perkembangan unik meliputi perkembangan fisik, kognitif, sosial-emosional, dan sebagainya sehingga perlu didukung dengan stimulasi yang selaras dengan pertumbuhannya. Salah satu cara untuk memberikan stimulasi adalah melalui proses bermain. Permainan berulang pada usia kanak-kanak akan melekat dalam waktu yang lama di ingatan sehingga perlu memberikan media permainan yang dapat memfasilitasi perkembangan anak. Contohnya adalah busy book yang mencakup berbagai aktivitas permainan untuk melatih kemampuan motorik halus, imajinasi, kreativitas, serta problem solving. Namun, produk busy book yang telah banyak dipasarkan umumnya fokus pada penggunaan mandiri sehingga anak tidak didorong untuk berinteraksi dengan orang lain. Di sisi lain, terdapat pula pretend play yang mengasah kemampuan sosial-emosional namun aktivitas permainannya masih perlu dikembangkan agar interaktif seperti busy book. Berdasarkan hal tersebut, dilakukan perancangan mainan edukasi penggabungan dari busy book dan pretend play untuk mengeksplorasi perkembangan dalam diri anak. Penelitian didasarkan pada metode pengumpulan data meliputi literatur, wawancara, dan observasi. Setelahnya, dilakukan berbagai analisis seperti analisis pengguna, pasar, lingkungan, unsur edukasi, spesifikasi produk, produksi, hingga bisnis. Kemudian terbentuklah konsep permainan thematic series dengan aktivitas interaktif yang dapat meningkatkan aspek-aspek perkembangan anak.

Video Tugas Akhir