Laboratorium Branding dan Strategi Komunikasi

Laboratorium Branding dan Strategi Komunikasi

Profil Singkat Lab :

Laboratorium Branding dan Strategi Komunikasi (Lab BRASKO) bertujuan mengembangkan keilmuan dan keahlian di bidang desain komunikasi visual, khususnya yang berhubungan dengan branding dan komunikasi strategis. Topik-topik penelitian Lab. BRASKO antara lain meliputi: 1) Merek dan Kemasan (Branding and Packaging), 2) Strategi Komunikasi (Communication Strategy), 3) Desain dan Media Visual (Design and Visual Media) serta 4) Pedagogi Desain (Design Pedagogy).

Visi :

Menjadi Laboratorium yang unggul dalam riset dan pengembangan ilmu pengetahuan di bidang Branding, Packaging dan Strategi Komunikasi untuk menunjang industri kreatif nasional dan berwawasan global.

Misi : 

Memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan di bidang Branding, Packaging dan Komunikasi melalui kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dengan berbasis kreativitas, intelektual, manajerial, strategi dan teknologi.

 

TRI DHARMA AKTIVITAS TRI DHARMA LABORATORIUM

PENDIDIKAN :

  • Melaksanakan Kegiatan Pendidikan/Pengajaran
  • Mengelola Rumpun Mata Kuliah (RMK)
  • Memfasilitasi Praktikum untuk Mahasiswa
  • Menyelenggarakan Kuliah Tamu
  • Pembimbingan Riset dan TA

PENELITIAN :

  • Melakukan Kegiatan Penelitian
  • Meningkatkan Publikasi /HKI hasil Penelitian

ABMAS :

  • Melakukan Kegiatan Abmas
  • Publikasi /HKI Hasil Abmas

+ PENGEMBANGAN JEJARING dan KERJASAMA :

  • PTN, PTS, PTLN
  • Asosiasi Profesi
  • Instansi Pemerintah
  • Swasta/Industri
  • BUMN
  • Masyarakat

 

MITRA KERJASAMA

PT Dalam Negeri:

  • Institut Teknologi Bandung (ITB),
  • Institut Kesenian Jakarta (IKJ),
  • Universitas Trisakti, Jakarta
  • Universitas Sebelas Maret, Solo
  • Universitas Pembangunan Nasional ”Veteran” Jawa Timur
  • Institut Teknologi Nasional (ITENAS), Bandung
  • Universitas Negeri Surabaya (UNESA),
  • Universitas Semen Indonesia (UISI)

PT Luar Negeri:

  • Asia University, Taiwan
  • Universiti Tunku Abdul Rahman (UTAR) Malaysia

Pemerintah :

  • Pemerintah Kota Surabaya
  • Dinas Perindustrian Provinsi Jawa Timur
  • Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur
  • Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur
  • Dinas Penanaman Modal (DPM) Pemerintah Kota Surabaya
  • Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Pemerintah Kota Surabaya
  • Dinas Pendidikan Kota Surabaya
  • Pemerintah Kabupaten Sidoarjo

BUMN :

  • Garuda Indonesia
  • Perum PERURI
  • PT PJB Unit PJB Academy
  • PT Pertamina

Swasta/Industri :

  • ASTRA
  • MECHANIMOTION Entertainment (PT Mekanima Inspira Nagara)
  • Fanrong Studio
  • Hompimpa Animation Studio
  • LZY Visual Arts & Entertainment
  • Moziken Studi (Game Developer)
  • Tabletoys Boardgames Library

Masyarakat/UMKM:

  • Masyarakat dan UMKM di sekitar Surabaya dan Jawa Timur.

 

ROADMAP PENELITIAN/ABMAS LAB. BRASKO

Grup Penelitian

Afiliasi Asosiasi Profesi

Nasional :

  • ADGI (Asosiasi Desainer Grafis Indonesia)
  • AIDIA (Asosiasi Desain Komunikasi Visual Indonesia)
  • ASPRODI DKV (Asosiasi Program Studi DKV Indonesia)

Internasional :

  • DESIGN SOCIETY
  • Society for Experiential Graphic Design
  • Adobe Certified Associate (ACA)

Penelitian dalam Seni dan Budaya Penelitian ini mengeksplorasi fenomena budaya-sosial yang terjadi dalam konteks lokal kita di bidang desain komunikasi visual. Kami juga berkontribusi dalam pengembangan komunitas dan layanan masyarakat yang dilakukan secara berkala di seluruh kota dan wilayah. Program dikembangkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang dipilih atau diusulkan dan sering diintegrasikan ke dalam program Pembelajaran Layanan

Tema-tema Penelitan dan Abmas

Branding & Packaging

Melakukan Riset dan Pengembangan (R&D) keilmuan dan keahlian di bidang Branding dan Packaging untuk meningkatkan daya saing produk dan mendukung keberhasilan pemasaran produk.

Communication Strategy

Melakukan Riset dan Pengembangan (R&D) terhadap aspek-aspek komunikasi yang dapat menghasilkan konsep dan strategi komunikasi yang lebih efektif untuk mendukung perancangan desain komunikasi visual.

Design & Visual Media

Melakukan Riset dan Pengembangan (R&D) terhadap aspek desain dan media visual sehingga dihasilkan korelasi desain dan media yang tepat untuk mendukung efektifitas komunikasi visual.

Design Pedagogy

Melakukan Riset dan Pengembangan (R&D) keilmuan Desain Komunikasi Visual baik dari sisi Teori, Metode dan Ilmu Desain sehingga dihasilkan khasanah pengetahuan desain komunikasi visual secara lebih komprehensif.

Tema-tema Penelitan dan Abmas

Topik Penelitian Lab Brasko

 

Sayatman, S.Sn., M.Si.

Kepala Laboratorium

Email: sayatasik@its.ac.id

Ir. Baroto Tavip Indrojarwo, M.Si.

Anggota Laboratorium

Email: baroto@prodes.its.ac.id

Dr. Sabar, S.E., M.Si.

Anggota Laboratorium

Email: sabar@prodes.its.ac.id

Bambang Mardiono Soewito, S.Sn., M.Sn.

Anggota Laboratorium

Email: beebee@prodes.its.ac.id

Dr. Rahmatsyam Lakoro, S.Sn., M.T.

Anggota Laboratorium

Email: ramok@its.ac.id

R. Eka Rizkiantono, S.Sn., M.Ds.

Anggota Laboratorium

Email: raditya@its.ac.id

Denny Indrayana Setyadi, S.T., M.Ds.

Anggota Laboratorium

Email: denny@its.ac.id

Senja Aprela Agustin, S.T., M.Ds.

Anggota Laboratorium

Email: senja@its.ac.id

Yurif Setya Darmawan, S.T., M.Ds.

Anggota Laboratorium

Email: yurif@its.ac.id

Wisnu Wijaya, S.Sn., M.Sn.

Anggota Laboratorium

Email: wisya@its.ac.id

Atsilia Hasna Nabilah, S.T., M.A.

Anggota Laboratorium

Email: atsilia@its.ac.id

Masih dalam tahap awal pengembangan, terlalu dini untuk melaporkan hasil dan dampaknya. namun, sebagai Laboratorium telah mengembangkan dan menguji platform interaktif online dengan partisipasi dari kelompok pemimpin (“komunitas pengetahuan”) dari produsen konten, wartawan, peneliti, opini, pembuat dan warga negara untuk berbagi dan mendiskusikan informasi dan pengetahuan tentang pembangunan ekonomi, sosial dan budaya nasional dan akhirnya mempengaruhi proses pembuatan kebijakan. Tujuannya adalah untuk melibatkan masyarakat sipil secara keseluruhan dalam inisiatif ini, yang telah cukup berhasil. Kita dapat merujuk pada layanan yang sedang berlangsung dan yang akan datang yang disediakan di tingkat lokal dan regional :

  • mengembangkan lingkungan kreatif dan memfasilitasi proses pembuatan interaktif
  • mempromosikan proyek-proyek inovatif
  • mengembangkan layanan dan produk intelijen
  • memfasilitasi dan peluang bisnis baru menengah memajukan
  • mempromosikan budaya inovasi terbuka
  • berkontribusi pada proses pengambilan keputusan kebijakan, dll.
  • Membuat Profil Laboratorium
  • Melibatkan Dosen dan mahasiswa aktif ke dalam kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakatà Abmas Prioritas
  • Menyusun Reserach Roadmap dan Research Group
  • Menyelanggarakan kuliah umum maupun workshop yang sesuai dengan kompetensi lab.
  • Menyediakan fasilitas pembelajaran dan praktikum bagi mahasiswa, (Komputer Grafis Hi Speck, Digital Printing dsb)
  • Mengadakan Program Seminar dan diskusi yang bisa diikuti oleh mahasiswa/ Siswa SMA
  • Mengoptimalkan Koordinasi dengan Anggota à Lab Meeting reguler.
  • Pengembangan Kurikulum
  • Membuat Seminar Nasional/Stadium General
  • Menetapkan Reserach Roadmap dan Research Group
  • Monitoring dan mengevaluasi karya ilmiah anggota
  • Mendorong anggota untuk menulis buku ajar maupun lainnya.
  • Meningkatkan pendaftarkan HKI salah satunya melalui bimbingan anak Tugas Akhir.
  • Kerjasama dengan universitas lainnya.
DOSEN SCOPUS GOOGLE SCHOLAR SINTA
1. Sayatman, S.Sn, MSi detail detail detail
2. Dr. Rahmatsyam Lakoro, S.Sn, MT detail detail detail
3. Ir. Baroto Tavip Indrojarwo, M.Si detail detail detail
4. Dr. Sabar, SE, M.Si detail detail detail
5. Bambang Mardiono Soewito,S.Sn, M.Sn detail detail detail
6. Denny Indrayana Setyadi, ST., M.Ds detail detail detail
7. Senja Aprela Agustin, ST, M.Ds detail detail detail
8. R. Eka Rizkiantono, S.Sn, M.Ds detail detail detail
9. Yurif Setya Darmawan, ST., M.Ds detail detail detail
10. Wisnu Wijaya, S.Sn., M.Sn detail detail detail
11. Atsilia Hasna Nabilah, S.T., M.A detail detail detail

Penelitian

Judul PenelitianKetuaCivitasDana
1Entrepreneurial Orientation Pada Kinerja Start Up: Studi Moderator Kapasitas Absorptif Pada Tenant Inkubator Bisnis Perguruan TinggiSabar SE, M.SiDosenDana Departemen
2Rancang Bangun Media Edukasi Kebencanaan Spesifik TempatDr. Rahmatsyam Lakoro S.Sn., M.T.DosenDana Departemen
3Perancangan Mesin 35mm Bulk Film Loader Otomatis Ke Canister 35mmYurif Setya Darmawan S.T., M.Ds.DosenDana Departemen
4Peningkatan Efektivitas Desain Pengalaman dan Antarmuka Pengguna dari Laman ITS dengan metode Double Diamond untuk mendukung Promosi & Citra ITSDr. Rahmatsyam Lakoro S.Sn., M.T.DosenDana Unit
NoJudul PenelitianKetuaCivitasDana
1Pengembangan Gaya Hybid Ilustrasi Dan Fotografi Sebagai Media Kampanye Sosial Protokol KesehatanDr. Rahmatsyam Lakoro, S.Sn, MTDosenDana Departemen
2Rancang Bangun Display Pameran Karya Desain Dengan Sistem Knock Down Berbiaya Murah Denny Indrayana Setyadi S.T., M.Ds.DosenDana Departemen
3Konsep Dan Strategi Digital Branding Untuk Pengembangan Pemasaran Umkm Di Era 4.0Sayatman S.Sn., M.Si.DosenDana Departemen
NoJudul PenelitianKetuaDana
1Perancangan Galeri Online Departemen Desain Komunikasi Visual sebagai Media Pengarsipan Karya Desain & Penguatan HKI Mahasiswa dan DosenDenny Indrayana Setyadi S.T., M.Ds.Dana Departemen
2Desain Website Laboratorium Branding dan Strategi Komunikasi sebagai Media Informasi Kegiatan Tridharma untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan Desain Komunikasi VisualSenja Aprela Agustin, S.T.Dana Departemen
3Studi Ruang Virtual Untuk Terapi Alternatif Penderita Mabuk LautBambang Mardiono
Soewito S.Sn, M.Sn
Dana Departemen
4Pengembangan Konten Website Laboratorium Media Kreatif Dan Digital Sebagai Sarana Peningkatan Kualitas Layanan Informasi Tri Dharma Pada Departemen Desain Komunikasi VisualSayatman S.Sn., M.Si.Dana Departemen
NoJudul PenelitianKetuaDana
1Desain Alat Permainan Edukatif Kreasi Seni Batik Nusantara Menggunakan
Metode Montessori Untuk Pasar
Pendidikan Anak Usia Dini
Denny Indrayana Setyadi S.T., M.Ds.Dana Departemen
2Perancangan Mobile Apps Panduan Wisata Jelajah Kota Tua Surabaya sebagai Media Promosi PariwisataSenja Aprela Agustin ST., M.DsDana ITS
3Pengembangan Konsep Brand Identity ITS Menuju World Class UniversitySayatman S.Sn., M.Si.Dana ITS

Pengabdian Masyarakat

NoJudul PenelitianKetuaCivitasDana
1Mural Pendidikan: Perancangan Mural Sebagai Media Pembelajaran di TK Pertiwi II Ngeni Kabupaten BlitarR.Eka Rizkiantono S.Sn, M.DsDosenAbmas Tematik Departemen
NoJudulNama KetuaSkema
1Implementasi Web E-Commerce untuk Meningkatkan Promosi dan Pemasaran Produk UMKM Lokal di SidoarjoSayatman, S.Sn., M.Si. Abmas Berbasis Produk
2Rancang Bangun Branding Tempat Hub-Connecting Wisata Kota Tingkat Kecamatan, Jalan Nias, Kec. Gubeng Kotamadya Surabaya, sebagai Upaya Pemulihan Ekonomi Warga Pasca Pandemi Covid-19Denny Indrayana Setyadi, ST.,
M.Ds.
Abmas Berbasis Produk
3Gerakan Seribu Desain Kemasan Produk OPOP (One Pesantren One Product)Sayatman, S.Sn., M.Si. Abmas Prioritas
NoJudulNama KetuaSkema
1Peningkatan Kualitas Desain dan Branding Kemasan Produk UKM Camilan Tradisional di Surabaya untuk Pengembangan Pasar EksporSayatman, S.Sn., M.Si. Abmas Berbasis Produk
2Kelas Kreatif Online dengan Media Video Tutorial Seni dan Kerajinan untuk Anak Usia 6-7 Tahun Komunitas Kampung Nelayan Cumpat Kecamatan Kenjeran, Surabaya, Jawa TimurSenja Aprela Agustin, S.T.Abmas Berbasis Produk
NoJudulNama KetuaSkema
1Strategi Branding Produk UKM Olahan Buah Mangrove sebagai Pendukung Pariwisata Taman Ekowisata Mangrove Wonorejo Surabaya, Studi Kasus: Merek SOMANOR.Eka Rizkiantono, S.Sn.,M.DsAbmas Berbasis Produk
2Pengembangan Branding Kemasan Produk Olahan Hasil Laut Untuk
UMKM Di Kecamatan Bulak Dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing dan Perluasan Pemasaran
Sayatman S.Sn., M.Si.Abmas Reguler

Views: 1020