Kurikulum Prodi Desain Komunikasi Visual

Kurikulum Prodi Desain Komunikasi Visual

KODE MK NAMA MATA KULIAH (MK) WAJIB
SKS
SEMESTER I
DV234101 Dasar DKV 2 Dimensi 6
DV234102 Life Drawing 4
DV234103 Ilmu Komunikasi 3
DV234104 Sejarah DKV 3
DW234106 Design Thinking 2
18
KODE MK NAMA MATA KULIAH (MK) WAJIB
SKS
SEMESTER III
DV234301 DKV Bahasa Visual 6
DV234302 Komunikasi Marketing & Periklanan 3
DV234303 Metodologi Riset 2
DV234304 Videografi 3
DV234305 Creative Copywriting 3
DV234306 Fotografi 3
20
KODE MK NAMA MATA KULIAH (MK) WAJIB
SKS
SEMESTER V
DV234501 DKV Sosial Budaya 6
DV234509 Motion Graphic 4
DV234510 Etika Bisnis 3
DV234511 Branding 3
MK. Pilihan 4
20
KODE MK NAMA MATA KULIAH (MK) WAJIB
SKS
SEMESTER VII
DV234701 DKV Komprehensif 6
DV234702 Kerja Praktek 3
DV234703 Kapita Estetika 3
UG234901-906 Agama 2
UG234911 Pancasila 2
UG234914 Bahasa Inggris 2
UG234915 Kewirausahaan Berbasis Teknologi 2
20
KODE MK NAMA MATA KULIAH PILIHAN
SKS
SEMESTER V
DV234502 Comic and Graphic Novel 4
DV234503 Digital Content Creation 4
DV234504 Corporate Branding 4
DV234505 Arcade Game 4
DV234506 Basic CG Animation 4
DV234507 Fotografi Eksperimen 4
DV234508 Packaging 4
28
KODE MK NAMA MATA KULIAH (MK) WAJIB
SKS
SEMESTER II
DV234201 Dasar DKV 3 Dimensi 6
DV234202 Technical Drawing 3
DV234203 Tipografi 3
DV234204 Studi Kreatifitas 3
SM234202 Matematika 3
18
KODE MK NAMA MATA KULIAH (MK) WAJIB
SKS
SEMESTER IV
DV234401 DKV Teknologi 6
DV234402 User Interface Design 3
DV234403 Ilustrasi Digital 4
DV234404 Teknologi Grafika 3
DV234405 Game Studies 2
DV234406 Kajian Budaya Visual 2
20
KODE MK NAMA MATA KULIAH (MK) WAJIB
SKS
SEMESTER VI
DV234601 DKV Creativepreneur 6
DV234609 Manajemen Desain 3
UG234912 Bahasa Indonesia (UG) 2
UG234916 Aplikasi Teknologi dan Transformasi Digital (UG) 3
UG234913 Kewarganegaraan (UG) 2
MK. Pilihan 4
20
KODE MK NAMA MATA KULIAH (MK) WAJIB
SKS
SEMESTER VIII
DV234801 Tugas Akhir 8
8
TOTAL SKS 144
KODE MK NAMA MATA KULIAH PILIHAN
SKS
SEMESTER VI
DV234602 Visual Books 4
DV234603 Immersive Creative Media 4
DV234604 Environmental Branding 4
DV234605 Serious Game 4
DV234606 Experimental Animation 4
DV234607 Sinematografi 4
DV234608 Product Branding 4
28
KODE MK NAMA MATA KULIAH (MK) WAJIB
SKS
SEMESTER I
DV184101 Dasar Desain Komunikasi Visual 1 5
DV184102 Gambar Bentuk 1 4
UG184914 Bahasa Inggris 2
UG184913 Kewarganegaraan 2
UG1849xy Agama 2
SF184103 Fisika 1 3
18
KODE MK NAMA MATA KULIAH (MK) WAJIB
SKS
SEMESTER III
DV184301 Desain Komunikasi Visual Identitas 6
DV184302 Tipografi 4
DV184303 Fotografi 4
DV184304 Sejarah Desain Komunikasi Visual 3
DV184305 Studi Kreatifitas dan Metodologi Desain 3
20
KODE MK NAMA MATA KULIAH (MK) WAJIB
SKS
SEMESTER V
DV184501 Desain Komunikasi Visual Lingkungan 6
DV184502 Animasi 4
DV184503 Teknologi Grafika 3
DV184504 Metodologi Riset Desain 3
MK. Pilihan 3
19
KODE MK NAMA MATA KULIAH (MK) WAJIB
SKS
SEMESTER VII
DV184701 Desain Komunikasi Konseptual 6
DV184701 Kerja Praktek 5
DV184701 Apresiasi Desain 3
DV184701 Marketing Desain 3
UG184915 Technopreneurship 2
19
KODE MK NAMA MATA KULIAH PILIHAN
SKS
SEMESTER V
DV184505 Desain Editorial 3
DV184506 Desain Merchandise 3
DV184507 Sinematografi 3
DV184508 Fotografi Eksperimen 3
DV184509 Komik 3
15
KODE MK NAMA MATA KULIAH (MK) WAJIB
SKS
SEMESTER II
DV184201 Dasar Desain Komunikasi Visual 2 5
DV184202 Gambar Bentuk 2 4
DW184201 Pengantar Lingkungan Binaan 2
UG184911 Pancasila 2
UG184912 Bahasa Indonesia 2
KM184151 Matematika 1 3
18
KODE MK NAMA MATA KULIAH (MK) WAJIB
SKS
SEMESTER IV
DV184401 Desain Komunikasi Visual Promosi 6
DV184402 Ilustrasi 3
DV184403 Videografi 4
DV184404 Periklanan 3
DV184405 Komunikasi 2
20
KODE MK NAMA MATA KULIAH (MK) WAJIB
SKS
SEMESTER VI
DV184601 Desain Komunikasi Visual Branding 6
DV184602 Desain Antarmuka 4
DV184603 Pemasaran (Pengayaan) 3
UG184916 Wawasan dan Aplikasi Teknologi 3
MK. Pilihan 3
20
KODE MK NAMA MATA KULIAH (MK) WAJIB
SKS
SEMESTER VIII
DV184801 Tugas Akhir 8
DV184802 Manajemen Desain 3
11
TOTAL SKS 144
KODE MK NAMA MATA KULIAH PILIHAN
SKS
SEMESTER VI
DV184604 Desain Motif Grafis 3
DV184605 Branding Kawasan 3
DV184606 Animasi dan Game Digital 3
DV184607 Desain Kemasan 3
DV184608 Periklanan Lanjutan 3
15

Definisi Body of Knowledge bidang Desain seperti yang dituliskan dalam Handbook NASAD edisi 2022-2023 adalah sebagai berikut:

1. Studio

Teori, praktek, dan pengalaman yang diajarkan dalam suasana studio merupakan hal yang penting dalam menyiapkan mahasiswa ke jenjang karir profesional desain. Mutu dan kualitas dari hasil karya mahasiswa ditentukan dari kecukupan kuliah studio yang dilaksanakan di institusi pelaksana pendidikan desain. Perancangan hasil karya ini meliputi konsep, proses, produksi karya, dan kritik.
Sehingga, mahasiswa harus:

  • Mencapai kompentensi dasar fungsional yaitu pengorganisasian visual, termasuk kemampuan untuk mengolah elemen-elemen visual 2-dimensi dan 3-dimensi, teori warna dan aplikasinya, serta menggambar.
  • Mampu mempresentasikan karya dengan standar professional dan industri untuk menunjukkan pemahaman secara konseptual, visioner, dan aspek teknis.
  • Memahami sejarah, isu-isu terkini, proses, teknologi, dan arah pengembangan bidang desain komunikasi visual.
  • Memiliki kesempatan untuk memamerkan karya, memiliki pengalaman, dan terlibat dalam kritik dan diskusi terkait karya mereka dan karya orang lain.

2. Sejarah Seni, Teori, dan Kritik.

Melalui perkuliahan yang komprehensif terkait sejarah desain komunikasi visual, mahasiswa harus:

  • Belajar menganalisa karya desain baik karya desain dunia dan Indonesia secara kritis
  • Membangun pemahaman terhadap elemen umum dan kosakata pada desain komunikasi visual serta hubungan antar elemen tersebut, dan mampu untuk menerapkan pengetahuan ini dalam analisis.
  • Mampu menjelaskan sebuah karya desain komunikasi visual dalam konteks sejarah, budaya, dan gaya.

3. Teknologi.

Mahasiswa menguasai pengetahuan teknologi dan alat sesuai dengan kompetensi keahlian.

4. Sintesa.

Mahasiswa harus mampu bekerja secara mandiri dalam menyelesaikan berbagai permasalahan desain dengan menggabungkan kemampuan yang didapat di studio, analisa, sejarah, dan teknologi sesuai dengan permasalahan yang dihadapi.

  Kelas

  Studio

Views: 550