PROGRAM STUDI SARJANA

Program Sarjana Desain Komunikasi Visual

Visi

Menjadi Departemen yang berkelas dunia, berkontribusi pada kemandirian bangsa, menjadi rujukan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam keilmuan desain komunikasi visual dalam menghadapi industri di masa mendatang.

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan Desain Komunikasi Visual berbasis kreatifitas dan teknologi yang berorientasi internasional;
  • Menghasilkan lulusan yang berwawasan desain dan mampu menghadapi problem dan tantangan industri desain di masa mendatang;
  • Berperan aktif dalam pengembangan keilmuan desain komunikasi visual melalui kegiatan penelitian nasional dan internasional;
  • Berpartisipasi aktif dalam menyelesaikan problem yang dihadapi masyarakat, industri, pemerintahan pusat dan daerah dalam menghadapi tantangan perkembangan bisnis, media dan teknologi melalui kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Nilai

Nilai-nilai yang ingin ditanamkan oleh Departemen Desain Komunikasi Visual adalah:

  1. Etika dan Integritas (Ethics and Integrity); dalam kehidupan bermasyarakat, bernegara, maupun menjalankan profesinya, selalu berpegang teguh pada norma-norma dan peraturan-peraturan yang berlaku di masyarakat, negara, dan agama
  2. Kreativitas dan Inovasi (Creativity and Innovation); selalu mencari ide ide baru untuk menghasilkan inovasi dalam menjalankan tugas/perannya dengan lebih baik
  3. Ekselensi (Excellence); berusaha secara maksimal untuk mencapai hasil yang sempurna
  4. Kepemimpinan yang kuat (Strong Leadership); menunjukkan perilaku yang visioner, kreatif, inovatif, pekerja keras, berani melakukan perubahanperubahan ke arah yang lebih baik, dan bertanggung jawab
  5. Sinergi (Synergy); bekerja sama untuk dapat memanfaatkan semaksimal mungkin potensi yang dimiliki
  6. Kebersamaan Sosial dan Tanggung Jawab Sosial (Socio-cohesiveness and Social Responsibility); menjaga kerukunan dan peduli terhadap masyarakat sekitar

Sasaran

Sasaran yang ingin dicapai oleh Departemen Desain Komunikasi Visual, Institut Teknologi Sepuluh Nopember adalah:

1. Bidang Pengajaran/Akademik

  • Menghasilkan lulusan yang berdaya saing
  • Menyelenggarakan program yang mampu mendorong ke arah reputasi internasional

2. Bidang Penelitian

  • Menghasilkan penelitian yang berdampak pada revenue generation à mendorong penelitian yang produknya layak jual
  • Menghasilkan paper yang dapat meningkatkan h-index

3. Bidang Pengabdian

  • Menerapkan IPTEK untuk meningkatkan perekonomian

4. Bidang Sarana dan Prasarana

  • Tersedianya  sarana dan prasarana

5. Bidang Sumber Daya Manusia

  • Tersedia SDM yang berkompeten untuk tri dharma

6. Bidang Organisasi dan Manajemen

  • Tersedianya OTK dan SOP yang komprehensif
  • Terlaksananya sistem manajemen mutu di level Jurusan

Capaian Pembelajaran Lulusan

KodeDeskripsi Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
CPL-1Mampu menunjukkan sikap dan karakter yang mencerminkan ketakwaan
kepada Tuhan YME, berbudi pekerti luhur, peka dan peduli terhadap masalah
sosial dan lingkungan, menghargai perbedaan budaya dan kemajemukan,
menjunjung tinggi penegakan hukum, mendahulukan kepentingan bangsa dan
masyarakat luas, melalui inovasi, kreatifitas, dan potensi lain yang dimiliki
CPL-2Mampu mengkaji dan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam
rangka mengaplikasikannya pada bidang keahlian desain komunikasi visual,
serta mampu mengambil keputusan secara tepat dari hasil kerja sendiri
maupun kerja kelompok melalui pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif.
CPL-3Mampu mengelola pembelajaran diri sendiri, dan mengembangkan diri sebagai
pribadi pembelajar sepanjang hayat untuk bersaing ditingkat nasional, maupun
internasional, dalam rangka berkontribusi nyata untuk menyelesaikan masalah
dengan memperhatikan prinsip keberlanjutan.
CPL-4Mampu mengkaji dan mengaplikasikan teori dan prinsip desain komunikasi
visual
CPL-5Mampu mengkaji dan mengaplikasikan ilmu dan media komunikasi
CPL-6Mampu mengkaji dan mengaplikasikan ilmu sosial budaya yang terkait dengan
desain komunikasi visual
CPL-7Mampu mengkaji dan mengaplikasikan ilmu dan keterampilan menggambar,
membuat sketsa, dan membuat prototipe
CPL-8Mampu mengkaji dan mengaplikasikan kreatifitas dan design thinking
CPL-9Mampu mengkaji dan mengaplikasikan ilmu manajemen dan komunikasi
marketing dalam bidang desain komunikasi visual
CPL-10Mampu mengkaji dan mengaplikasikan ilmu riset desain untuk menghasilkan
karya desain komunikasi visual yang komprehensif
CPL-11Mampu mengkaji dan mengaplikasikan teknologi dan inovasi dalam desain
komunikasi visual

Profil Lulusan

1. Freelance Designer

Freelance Designer merupakan desainer yang bekerja tanpa ikatan perusahaan. Mereka bekerja mandiri sesuai dengan permintaan klien yang disesuaikan dengan jadwal masing-masing.

2. Desainer Grafis

Menjadi seorang yang professional dalam merancang grafis dari gabungan beberapa elemen desain (warna, ilustrasi, tipografi, dll) dengan menggunakan prinsip desain (keseimbangan, kesatuan, kesinambungan, dll). Dan menjadi seseorang yang dibutuhkan untuk proses branding suatu produk.

3. Biro Iklan / Advertising

Bergerak dalam bidang pembuatan iklan – iklan untuk mempromosikan suatu produk.

4. Creative Director

Dalam beberapa industri kreatif di era modern sekarang sangat membutuhkan konsep kreatif sebuah proyek. Sedangkan kemampuan desainer komunikasi visual,salah satunya memahami psikologis masyarakat sehingga apa yang dibuatnya bisa tepat sasaran dan menarik minat banyak orang. Selain itu, dia akan mampu memahami konteks tampilan visual yang tepat untuk diterapkan pada proyeknya.

5. Komikus

Saat ini, perkembangan industri komik di Indonesia cukup pesat. Menjadi seorang komikus adalah salah satu pilihan bagi kamu yang suka membaca dan menggambar karena merupakan perkembangan dari ilustrasi yang disusun menjadi sebuah cerita.

6. Animator

Animator bertugas membuat animasi yang merambah ke dunia film, iklan televisi hingga ke permainan konsol.

7. Storyboard Director

Storyboard Director bertugas mengawasi, mereview, dan merevisi storyboard yang dibuat. Mereka harus memastikan kualitas dan kesusaian visualisasi naskah.

8. Fotografer

Fotografer atau juru foto adalah orang-orang yang membuat gambar dengan cara menangkap cahaya dari subyek gambar dengan kamera maupun peralatan fotografi lainnya.

9. Game Developer

Dalam pembuatan game, mahasiswa Desain Komunikasi Visual dapat berperan dalam pembutan illustrasi digital, animasi, user interface, hingga programming dsb.

10. UI Designer

UI Designer memiliki tugas untuk mengatur dan mendesain interface baik web, smartphone app, ataupun software interface. mereka harus mengutamakan kemudahan dan kejelasan dari interface itu sendiri untuk memaksimalkan interaksi user.

11. Penerbitan dan Percetakan

Penerbitan dapat diartikan sebagai badan usaha pribadi atupun instansi yang menerbitakan barang cetakan atau bacaan berbagai jenis untuk kemudian dapat dipasarkan. Adapun percetakan adalah istilah yang sering juga didengar mendampingi istilah penerbitan. Dan pengertian dari percetakan sendiri adalah instansi yang mencetak karya pengarang dalam bentuk fisik setelah sebelumnya dinaik cetakkan oleh penerbit.

Sebaran Mata Kuliah Per Semester

KODE MK NAMA MATA KULIAH (MK) WAJIB

 

SKS
SEMESTER I
DV234101 Dasar DKV 2 Dimensi 6
DV234102 Life Drawing 4
DV234103 Ilmu Komunikasi 3
DV234104 Sejarah DKV 3
DW234106 Design Thinking 2
18
KODE MK NAMA MATA KULIAH (MK) WAJIB
SKS
SEMESTER II
DV234201 Dasar DKV 3 Dimensi 6
DV234202 Technical Drawing 3
DV234203 Tipografi 3
DV234204 Studi Kreatifitas 3
SM234202 Matematika 3
18
KODE MK NAMA MATA KULIAH (MK) WAJIB
SKS
SEMESTER III
DV234301 DKV Bahasa Visual 6
DV234302 Komunikasi Marketing & Periklanan 3
DV234303 Metodologi Riset 2
DV234304 Videografi 3
DV234305 Creative Copywriting 3
DV234306 Fotografi 3
20
KODE MK NAMA MATA KULIAH (MK) WAJIB
SKS
SEMESTER IV
DV234401 DKV Teknologi 6
DV234402 User Interface Design 3
DV234403 Ilustrasi Digital 4
DV234404 Teknologi Grafika 3
DV234405 Game Studies 2
DV234406 Kajian Budaya Visual 2
20
KODE MK NAMA MATA KULIAH (MK) WAJIB
SKS
SEMESTER V
DV234501 DKV Sosial Budaya 6
DV234509 Motion Graphic 4
DV234510 Etika Bisnis 3
DV234511 Branding 3
MK. Pilihan 4
20
KODE MK NAMA MATA KULIAH (MK) WAJIB
SKS
SEMESTER VI
DV234601 DKV Creativepreneur 6
DV234609 Manajemen Desain 3
UG234912 Bahasa Indonesia (UG) 2
UG234916 Aplikasi Teknologi dan Transformasi Digital (UG) 3
UG234913 Kewarganegaraan (UG) 2
MK. Pilihan 4
20
KODE MK NAMA MATA KULIAH (MK) WAJIB
SKS
SEMESTER VII
DV234701 DKV Komprehensif 6
DV234702 Kerja Praktek 3
DV234703 Kapita Estetika 3
UG234901-906 Agama 2
UG234911 Pancasila 2
UG234914 Bahasa Inggris 2
UG234915 Kewirausahaan Berbasis Teknologi 2
20
KODE MK NAMA MATA KULIAH (MK) WAJIB
SKS
SEMESTER VIII
DV234801 Tugas Akhir 8
8
TOTAL SKS 144

Daftar Mata Kuliah Pilihan

KODE MK NAMA MATA KULIAH PILIHAN
SKS
SEMESTER V
DV234502 Comic and Graphic Novel 4
DV234503 Digital Content Creation 4
DV234504 Corporate Branding 4
DV234505 Arcade Game 4
DV234506 Basic CG Animation 4
DV234507 Fotografi Eksperimen 4
DV234508 Packaging 4
28
KODE MK NAMA MATA KULIAH PILIHAN
SKS
SEMESTER VI
DV234602 Visual Books 4
DV234603 Immersive Creative Media 4
DV234604 Environmental Branding 4
DV234605 Serious Game 4
DV234606 Experimental Animation 4
DV234607 Sinematografi 4
DV234608 Product Branding 4
28

Pedoman Mata Kuliah Kerja Praktek Desain Komunikasi Visual ITS

Berikut ini kami berikan Pedoman Mata Kuliah Kerja Praktek yang bisa diunduh :

Tata Cara dan Form Kerja Praktik

Pedoman Penyusunan Laporan Tugas Akhir

Berikut ini kami berikan template tugas akhir yang bisa diunduh :

Tata Cara dan Form Tugas Akhir

Berita Acara K2

Form Evaluasi Tugas Akhir

Informasi Program MBKM

Kegiatan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MB – KM) merupakan proses pembelajaran yang dilaksanakan di luar Program Studi baik yang ada di internal ITS maupun di luar ITS yang terdiri atas:

  1. pembelajaran dalam Program Studi lain di internal ITS;
  2. pembelajaran dalam Program Studi yang sama pada Perguruan Tinggi di luar ITS;
  3. pembelajaran dalam Program Studi lain pada Perguruan Tinggi di luar ITS; dan
  4. pembelajaran pada lembaga non Perguruan Tinggi.

 

Ruang lingkup kegiatan MB – KM adalah 8 (delapan) kegiatan pembelajaran yang meliputi:

  1. Magang/ Praktik Kerja;
  2. Membangun Desa/ Kuliah Kerja Nyata Tematik;
  3. Pertukaran Pelajar;
  4. Proyek Kemanusiaan;
  5. Penelitian/ Riset;
  6. Kegiatan Wirausaha;
  7. Studi/ Proyek Independen; dan
  8. Asistensi Mengajar di Satuan Pendidikan.

 

Kegiatan Membangun Desa/ Kuliah Kerja Nyata Tematik dan Proyek Kemanusiaan diwujudkan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Peminatan Departemen Desain Komunikasi Visual ITS

Lulusan Departemen Desain Komunikasi Visual ITS

Rerata Departemen Desain Komunikasi Visual ITS

Pendaftaran

Views: 6230