Silahkan hubungi kami di sini :
Menjadi Departemen yang berkelas dunia, berkontribusi pada kemandirian bangsa, menjadi rujukan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam keilmuan desain komunikasi visual dalam menghadapi industri di masa mendatang.
Nilai-nilai yang ingin ditanamkan oleh Departemen Desain Komunikasi Visual adalah:
Sasaran yang ingin dicapai oleh Departemen Desain Komunikasi Visual, Institut Teknologi Sepuluh Nopember adalah:
1. Bidang Pengajaran/Akademik
2. Bidang Penelitian
3. Bidang Pengabdian
4. Bidang Sarana dan Prasarana
5. Bidang Sumber Daya Manusia
6. Bidang Organisasi dan Manajemen
1. Freelance Designer
Freelance Designer merupakan desainer yang bekerja tanpa ikatan perusahaan. Mereka bekerja mandiri sesuai dengan permintaan klien yang disesuaikan dengan jadwal masing-masing.
2. Desainer Grafis
Menjadi seorang yang professional dalam merancang grafis dari gabungan beberapa elemen desain (warna, ilustrasi, tipografi, dll) dengan menggunakan prinsip desain (keseimbangan, kesatuan, kesinambungan, dll). Dan menjadi seseorang yang dibutuhkan untuk proses branding suatu produk.
3. Biro Iklan / Advertising
Bergerak dalam bidang pembuatan iklan – iklan untuk mempromosikan suatu produk.
4. Creative Director
Dalam beberapa industri kreatif di era modern sekarang sangat membutuhkan konsep kreatif sebuah proyek. Sedangkan kemampuan desainer komunikasi visual,salah satunya memahami psikologis masyarakat sehingga apa yang dibuatnya bisa tepat sasaran dan menarik minat banyak orang. Selain itu, dia akan mampu memahami konteks tampilan visual yang tepat untuk diterapkan pada proyeknya.
5. Komikus
Saat ini, perkembangan industri komik di Indonesia cukup pesat. Menjadi seorang komikus adalah salah satu pilihan bagi kamu yang suka membaca dan menggambar karena merupakan perkembangan dari ilustrasi yang disusun menjadi sebuah cerita.
6. Animator
Animator bertugas membuat animasi yang merambah ke dunia film, iklan televisi hingga ke permainan konsol.
7. Storyboard Director
Storyboard Director bertugas mengawasi, mereview, dan merevisi storyboard yang dibuat. Mereka harus memastikan kualitas dan kesusaian visualisasi naskah.
8. Fotografer
Fotografer atau juru foto adalah orang-orang yang membuat gambar dengan cara menangkap cahaya dari subyek gambar dengan kamera maupun peralatan fotografi lainnya.
9. Game Developer
Dalam pembuatan game, mahasiswa Desain Komunikasi Visual dapat berperan dalam pembutan illustrasi digital, animasi, user interface, hingga programming dsb.
10. UI Designer
UI Designer memiliki tugas untuk mengatur dan mendesain interface baik web, smartphone app, ataupun software interface. mereka harus mengutamakan kemudahan dan kejelasan dari interface itu sendiri untuk memaksimalkan interaksi user.
11. Penerbitan dan Percetakan
Penerbitan dapat diartikan sebagai badan usaha pribadi atupun instansi yang menerbitakan barang cetakan atau bacaan berbagai jenis untuk kemudian dapat dipasarkan. Adapun percetakan adalah istilah yang sering juga didengar mendampingi istilah penerbitan. Dan pengertian dari percetakan sendiri adalah instansi yang mencetak karya pengarang dalam bentuk fisik setelah sebelumnya dinaik cetakkan oleh penerbit.
Berikut ini kami berikan Pedoman Mata Kuliah Kerja Praktek yang bisa diunduh :
Berikut ini kami berikan template tugas akhir yang bisa diunduh :
Berita Acara K2
K4 Evaluasi
Kegiatan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MB – KM) merupakan proses pembelajaran yang dilaksanakan di luar Program Studi baik yang ada di internal ITS maupun di luar ITS yang terdiri atas:
Ruang lingkup kegiatan MB – KM adalah 8 (delapan) kegiatan pembelajaran yang meliputi:
Kegiatan Membangun Desa/ Kuliah Kerja Nyata Tematik dan Proyek Kemanusiaan diwujudkan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
Views: 6229