Laboratorium Creative Digital Media

Laboratorium Creative Digital Media

PROFIL SINGKAT LAB:

Laboratorium Media Kreatif Digital (MEKDI) melakukan penelitian dan pengembangan keilmuan bidang desain, media DKV dan konten kreatif berbasis digital maupun konvensional untuk kebutuhan komunikasi. Menunjang kegiatan mahasiswa untuk melakukan eksperimen, riset dan pengembangan media DKV dan konten kreatif, seperti Film dan Videografi, Animasi dan Game, Virtual Reality dan Multimedia, Fotografi, Ilustrasi, Digital Printing dan Packaging.

Visi Keilmuan

Menjadi Laboratorium yang unggul dalam riset dan pengembangan ilmu pengetahuan di bidang Desain dan Media Komunikasi Visual untuk  menunjang industri kreatif nasional dan berwawasan global.

Misi Keilmuan

Memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan di bidang Desain dan Media Komunikasi Visual melalui kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dengan berbasis kreativitas, intelektual, manajerial, strategi dan teknologi digital.

  • VIDEO, FILM AND ANIMATION MEDIA
  • GAMES AND NEW MEDIA
  • CREATIVE DIGITAL CONTENT
  • CREATIVE BRANDING AND PACKAGING
  • SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALs (SDGs)

 

Nurina Orta Darmawati, S.T., M.Ds.

Kepala Laboratorium

Email: nurinaorta@its.ac.id

Nugrahardi Ramadhani, S.Sn., M.T.

Anggota Laboratorium

Email: dhanisancok@its.ac.id

Octaviyanti Dwi Wahyurini, S.T., MAppDesArt., Ph.D.

Anggota Laboratorium

Email: oyndwi@its.ac.id

Rabendra Yudistira Alamin, S.T., M.Ds.

Anggota Laboratorium

Email: rabendra@its.ac.id

Kartika Kusuma Wardani, S.T., M.Si.

Anggota Laboratorium

Email: kartikawardhani@its.ac.id

Didit Prasetyo, S.T., M.T.

Anggota Laboratorium

Email: didit@its.ac.id

Putri Dwitasari, S.T., M.Ds.

Anggota Laboratorium

Email: putridwita@its.ac.id

Naufan Noordyanto, S.Sn., M.Sn.

Anggota Laboratorium

Email: naufan@its.ac.id

Andita Wibyasti Sari Putri, S.T., M.Ds.

Anggota Laboratorium

Email: awibyasti@its.ac.id

Riset :

  1. Pemodelan Lingkungan Virtual Reality Dalam Pembelajaran Animasi dan Game Digital
  2. Desain Model Karakter Clay untuk Mendukung Produksi Film Animasi Stopmotion
  3. Rancang Bangun Film Berbiaya Rendah dengan Metode Virtual Set
  4. Strategi Digital Marketing Untuk UMKM (Studi Kasus Keripik Kulit Kebab UD. Misscrip).
  5. Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Huruf Hijaiyah Untuk Anak Usia Dini Sebagai Sarana Belajar di Area Eks-Lokalisasi Dolly

 

Pengabdian pada Masyarakat :

  1. Purwarupa Papan Permainan Bertema Global Pandemic Sebagai Upaya Edukasi Bencana Kesehatan Menggunakan Simulasi Augmented Reality.
  2. Efektivitas Linimasa Sejarah Card Game Terhadap Pemahaman Sejarah Kemerdekaan Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar.
  3. Pengembangan Branding Kemasan Produk Olahan Hasil Laut Untuk UMKM Di Kecamatan Bulak Dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing dan Perluasan Pemasaran

 

Eksperimen Mahasiswa

    1. Film dan Videografi,
    2. Animasi dan Game
    3. Virtual Reality dan Multimedia
    4. Fotografi, Ilustrasi
    5. Digital Print, Packaging.
    6. Komik Digital
    7. Mobile Game
    8. Card Game
    9. Visual Book
    10. Visual Identity, dll.
DOSEN SCOPUS GOOGLE SCHOLAR SINTA
1. Nurina Orta Darmawati, ST,M.Ds detail detail detail
2. Rabendra Yudistira Alamin, ST, M.Ds detail detail detail
3. Nugrahardi Ramadhani, S.Sn, MT detail detail detail
4. Didit Prasetyo, ST,.MT detail detail detail
5. Octaviyanti Dwi Wahyurini, ST, MAppDesArt.,Ph.D detail detail detail
6. Kartika Kusuma Wardani, S.T., M.Si detail detail detail
7. Putri Dwitasari, S.T., M.Ds detail detail detail
8. Naufan Noordyanto, S.Sn, M.Sn detail detail detail
9. Andita Wibyasti Sari Putri S.T., M.Ds detail detail detail

Penelitian

NoJudul PenelitianKetuaCivitasDana
1Kriteria Desain Permainan Edukasi Literasi KeuanganRabendra Yudistira
Alamin S.T., M.Ds.
DosenDana Departemen
2Perancangan Tipografi Jenis Display Mengadaptasi Karakter Kampus Its Sebagai Rintisan Type Foundry Berbasis KampusNaufan Noordyanto
S.Sn., M.Sn
DosenDana Departemen
3Representasi Digital Twin Lingkungan Virtual Untuk Pembelajaran Animasi Bertema Landscape IndonesiaDidit Prasetyo S.T., M.T.DosenDana Departemen
4Perancangan Aplikasi Pembelajaran Aksara Jawa Ilustratif Untuk Sekolah Dasar di YogyakartaNurina Orta
Darmawati S.T., M.Ds.
DosenDana Departemen
5Interpretasi Permodelan Karakter Game Bertema Pemimpin Kerajaan Majapahit Untuk Lingkungan Virtual Pada MetaverseNugrahardi Ramadhani SSn., MTDosenDana Departemen
6Kajian Proses Kreatif Desainer Game di Indonesia dengan Metode Design ThinkingOctaviyanti Dwi Wahyurini S.T., M.AppDesArt.,DosenDana Departemen
NoJudul PenelitianKetuaDana
1Implementasi dataset pada Metahuman dengan Karakteristik Ragam Hias Pakaian Khas Adat Jawa Timur sebagai Avatar Metaverse Bernuansa LokalNugrahardi Ramadhani,
S.Sn., M.T.
Dana Departemen
2Kampanye Edukasi Gizi Seimbang Anak Usia Sekolah Dasar dengan Pendekatan Kebudayaan MaduraNaufan Noordyanto,
S.Sn., M.Sn.
Dana Departemen
3Efektivitas Permainan Edukasi Kesehatan dengan Menggunakan ARCS ModelRabendra Yudistira
Alamin, S.T., M.Ds.
Dana Departemen
4Pengaplikasian Ilustrasi Gaya Modern sebagai Elemen Periklanan untuk Institusi PendidikanPutri Dwitasari, S.T.,
M.Ds.
Dana Departemen
5Simulasi Lingkungan Virtual Praktikum Animasi Pada Platform Pembelajaran Jarak JauhDidit Prasetyo, S.T., M.T.Dana Departemen
6Pengembangan Media Identitas Visual Program City Branding Jombang Santri, Kabupaten Jombang, Jawa TimurNurina Orta Darmawati, S.T.,
M.Ds.
Dana Departemen
NoJudul PenelitianKetuaDana
1Perancangan Merchandise sebagai Media Pendukung Promosi Kabupaten Tulungagung sebagai “Kota Cethe” Putri Dwitasari, S.T.,
M.Ds.
Dana Departemen
2Aplikasi Augmented Reality Sebagai Media Edukasi Protokol Kesehatan Di Masa PandemiDidit Prasetyo S.T.,
M.T.
Dana Departemen
3Perancangan Tipografi Mengadaptasi Are’ Lancor Sebagai Media Rekognisi Identitas Kultural Kabupaten Pamekasan, MaduraNaufan Noordyanto
S.Sn., M.Sn
Dana Departemen
4Perancangan Identitas Desa Paseseh Sebagai Sentra Batik Tulis Untuk Mendukung Pengembangan Desa Berkelanjutan Di MaduraNurina Orta Darmawati
ST., M.Ds.
Dana Departemen
NoJudul PenelitianKetuaDana
1Pemodelan Lingkungan Virtual Reality Dalam Pembelajaran Animasi dan Game DigitalDidit Prasetyo, ST.,MTDana Departemen
2Strategi Digital Marketing Untuk Umkm (Studi Kasus Keripik Kulit Kebab Ud. Misscrip)Putri Dwitasari, ST.,M.DsDana Departemen
3Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Huruf Hijaiyah Untuk Anak Usia Dini Sebagai Sarana Belajar di Area Eks-LokalisasiNurina Orta Darmawati, ST.,M.DsDana Departemen

Pengabdian Masyarakat

NoJudul PenelitianKetuaCivitasDana
1Perancangan Desain Merchandise Sebagai Media Penunjang Kawasan Wisata Kampung KetandanPutri Dwitasari S.T., M.Ds.DosenAbmas Tematik Departemen
NoJudulNama KetuaSkema
1Kampanye Edukasi Dengan Media Berbasis Ilustrasi untuk Mendukung Program Pemerintah Menghadapi Masa EndemiRabendra Yudistira Alamin, S.T.,
M.Ds.
Abmas Berbasis Produk
2Perancangan Branding Kawasan Desa Gapurosukolilo untuk Mempromosikan Potensi Desa Wisata Religi di Kabupaten GresikPutri Dwitasari, S.T., M.Ds.Abmas Berbasis Produk
3Video Kampanye Edukasi untuk Mendukung Program Menangkal Hoaks di Jawa TimurNugrahardi Ramadhani, S.Sn.,
M.T.
Abmas Berbasis Produk
4Pengembangan Kualitas Desain Kemasan Produk Makanan Olahan Kulit Ikan Sebagai Upaya Meningkatkan Pemasaran Potensi Unggulan Desa Branta Pesisir Kabupaten PamekasanNaufan Noordyanto S.Sn., M.SnAbmas Tematik Dana Departemen
NoJudulNama KetuaSkema
1Gamifikasi Upaya Menangkal Hoax Terhadap Informasi Vaksinasi Covid-19 di Social Media Dalam Scope KeluargaNugrahardi Ramadhani, S.Sn., M.T.Abmas Berbasis Produk
2Pengembangan Desain Visual Kemasan IKM Keripik Bonggol Pisang “Si Bonggi” dengan Tema Budaya dan
Kearifan Lokal Jombang untuk Meningkatkan Nilai
Jual Produk serta Potensi Desa
Putri Dwitasari, S.T., M.Ds.Abmas Berbasis Produk
3Kampanye Vaksinasi Sebagai Upaya Sosialisasi Program Pemerintah di Masa PandemiRabendra Yudistira Alamin, S.T., M.Ds.Abmas Berbasis Produk
NoJudulNama KetuaSkema
1Purwarupa Papan Permainan Bertema Global Pandemic Sebagai Upaya Edukasi Bencana Kesehatan Menggunakan Simulasi Augmented RealityNugrahardi Ramadhani, S.Sn., M.T.Abmas Berbasis Produk
2Efektivitas Linimasa Sejarah Card Game Terhadap Pemahaman Sejarah Kemerdekaan Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah DasarRabendra Yudistira Alamin, S.T., M.Ds.Abmas Berbasis Produk

Views: 1376