Bidang Penelitian

Riset dan Kolaborasi

Butuh bantuan?

Silahkan hubungi kami di sini :

Bidang Penelitian

Total ruang perkuliahan yang dimiliki DKV adalah 560,03 meter persegi yang terdiri dari 2 laboratorium, 3 kelas studio reguler dan 1 kelas studio besar, ruang dosen untuk pembimbingan akademik seluas 69,89 meter persegi, ruang administrasi berdekatan dengan ruang dosen dalam 1 gedung. Setiap kelas perkuliahan menyediakan LCD proyektor, furnitur meja kursi untuk perkuliahan yang mampu menampung hingga 30 mahasiswa per kelas, sama halnya dengan laboratorium yang dimiliki Program Studi juga memiliki kelengkapan sarana pembelajaran seperti komputer dengan spesifikasi yang sesuai untuk mendukung pembelajaran mata kuliah animasi 2D, animasi 3D dan ilustrasi digital, peralatan fotografi pada laboratorium fotografi dan furnitur meja kursi serta kelengkapan lainnya untuk menggelar diskusi atau rapat pada laboratorium riset manajemen desain.

Ruang baca atau perpustakaan Program Studi berukuran 70,80 meter persegi dan berada dalam 1 gedung dengan ruang perkuliahan, administrasi dan ruang dosen, ruang baca mampu menampung 20 mahasiswa dan menyediakan buku atau bacaan yang relevan dengan bidang keilmuan Desain Komunikasi Visual serta menyimpan dokumen penulisan ilmiah atau tugas akhir mahasiswa.

Laboratorium Desain Komunikasi Visual

Data Penelitian Departemen Desain Komunikasi Visual

NoJudul PenelitianKetuaCivitas
1Kriteria Desain Permainan Edukasi Literasi KeuanganRabendra Yudistira Alamin S.T., M.Ds.Dosen
2Perancangan Tipografi Jenis Display Mengadaptasi Karakter Kampus Its Sebagai Rintisan Type Foundry Berbasis KampusNaufan Noordyanto
S.Sn., M.Sn
Dosen
3Representasi Digital Twin Lingkungan Virtual Untuk Pembelajaran Animasi Bertema Landscape IndonesiaDidit Prasetyo S.T., M.T.Dosen
4Perancangan Aplikasi Pembelajaran Aksara Jawa Ilustratif Untuk Sekolah Dasar di YogyakartaNurina Orta
Darmawati S.T., M.Ds.
Dosen
5Interpretasi Permodelan Karakter Game Bertema Pemimpin Kerajaan Majapahit Untuk Lingkungan Virtual Pada MetaverseNugrahardi Ramadhani SSn., MTDosen
6Kajian Proses Kreatif Desainer Game di Indonesia dengan Metode Design ThinkingOctaviyanti Dwi Wahyurini S.T., M.AppDesArt.,Dosen
7Entrepreneurial Orientation Pada Kinerja Start Up: Studi Moderator Kapasitas Absorptif Pada Tenant Inkubator Bisnis Perguruan TinggiSabar SE, M.SiDosen
8Rancang Bangun Media Edukasi Kebencanaan Spesifik TempatDr. Rahmatsyam Lakoro S.Sn., M.T.Dosen
9Perancangan Mesin 35mm Bulk Film Loader Otomatis Ke Canister 35mmYurif Setya Darmawan S.T., M.Ds.Dosen
10Peningkatan Efektivitas Desain Pengalaman dan Antarmuka Pengguna dari Laman ITS dengan metode Double Diamond untuk mendukung Promosi & Citra ITSDr. Rahmatsyam Lakoro S.Sn., M.T.Dosen
11Perancangan Galeri Online Visual Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya Sebagai Media Promosi Berbasis Cms (Studi Kasus Departemen Desain Komunikasi Visual)Mochammad Valdi Fuadi, S.KomTendik
NoJudul PenelitianKetuaCivitas
1Pengembangan Gaya Hybid Ilustrasi Dan Fotografi Sebagai Media Kampanye Sosial Protokol KesehatanDr. Rahmatsyam Lakoro, S.Sn, MTDosen
2Implementasi Dataset Pada Metahuman Dengan Karakteristik Ragam Hias Pakaian Khas Adat Jawa Timur Sebagai Avatar Metaverse Bernuansa LokalNugrahardi Ramadhani SSn., MTDosen
3Kampanye Edukasi Gizi Seimbang Anak Usia Sekolah Dasar Dengan Pendekatan Kebudayaan MaduraNaufan Noordyanto S.Sn., M.SnDosen
4Efektivitas Permainan Edukasi Kesehatan Dengan Menggunakan Arcs ModelRabendra Yudistira Alamin S.T., M.Ds.Dosen
5Pengaplikasian Ilustrasi Gaya Modern Sebagai Elemen Periklanan Untuk Institusi Pendidikan Putri Dwitasari ST., M.Ds.Dosen
6Simulasi Lingkungan Virtual Praktikum Animasi Pada Platform Pembelajaran Jarak JauhDidit Prasetyo S.T., M.T.Dosen
7Rancang Bangun Display Pameran Karya Desain Dengan Sistem Knock Down Berbiaya Murah Denny Indrayana Setyadi S.T., M.Ds.Dosen
8Pengembangan Media Identitas Visual Program City Branding Jombang Santri, Kabupaten Jombang, Jawa TimurNurina Orta Darmawati S.T., M.Ds.Dosen
9Konsep Dan Strategi Digital Branding Untuk Pengembangan Pemasaran Umkm Di Era 4.0Sayatman S.Sn., M.Si.Dosen
10Pengembangan Website Departemen Sebagai Media PromosiMochammad Valdi Fuadi S.KomTendik
11DIFFABLE MODEL dan #ITSTempatSemua : Kampanye Komunikasi Visual Strategis Membangun Citra Positif “Advancing Humanity” Sebagai Motto Baru Institut Teknologi Sepuluh NopemberSugeng Hariadi Imawan, S. Psi Tendik
NoJudul PenelitianKetuaCivitas
1Perancangan Merchandise sebagai Media Pendukung Promosi Kabupaten Tulungagung sebagai “Kota Cethe”Putri Dwitasari, S.T.,
M.Ds.
Dosen
2Aplikasi Augmented Reality Sebagai Media Edukasi Protokol Kesehatan Di Masa PandemiDidit Prasetyo S.T.,
M.T.
Dosen
3Perancangan Tipografi Mengadaptasi Are’ Lancor Sebagai Media Rekognisi Identitas Kultural Kabupaten Pamekasan, MaduraNaufan Noordyanto S.Sn., M.SnDosen
4Perancangan Identitas Desa Paseseh Sebagai Sentra Batik Tulis Untuk Mendukung Pengembangan Desa Berkelanjutan Di MaduraNurina Orta Darmawati
ST., M.Ds.
Dosen
5Perancangan Galeri Online Departemen Desain Komunikasi Visual sebagai Media Pengarsipan Karya Desain & Penguatan HKI Mahasiswa dan DosenDenny Indrayana Setyadi S.T., M.Ds.Dosen
6Desain Website Laboratorium Branding dan Strategi Komunikasi sebagai Media Informasi Kegiatan Tridharma untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan Desain Komunikasi VisualSenja Aprela Agustin, S.T., M.DsDosen
7Studi Ruang Virtual Untuk Terapi Alternatif Penderita Mabuk LautBambang Mardiono
Soewito S.Sn, M.Sn
Dosen
8Pengembangan Konten Website Laboratorium Media Kreatif Dan Digital Sebagai Sarana Peningkatan Kualitas Layanan Informasi Tri Dharma Pada Departemen Desain Komunikasi VisualSayatman S.Sn., M.Si.Dosen
NoJudul PenelitianKetuaCivitas
1Pemodelan Lingkungan Virtual Reality Dalam Pembelajaran Animasi dan Game DigitalDidit Prasetyo, ST.,MTDosen
2Strategi Digital Marketing Untuk Umkm (Studi Kasus Keripik Kulit Kebab Ud. Misscrip)Putri Dwitasari, ST.,M.DsDosen
3Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Huruf Hijaiyah Untuk Anak Usia Dini Sebagai Sarana Belajar di Area Eks-LokalisasiNurina Orta Darmawati, ST.,M.DsDosen
4Desain Alat Permainan Edukatif Kreasi Seni Batik Nusantara Menggunakan
Metode Montessori Untuk Pasar
Pendidikan Anak Usia Dini
Denny Indrayana Setyadi S.T., M.Ds.Dosen
5Pengembangan Konsep Brand Identity ITS Menuju World Class UniversitySenja Aprela Agustin ST., M.DsDosen
6Desain Website Laboratorium Branding dan Strategi Komunikasi sebagai Media Informasi Kegiatan Tridharma untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan Desain Komunikasi VisualSayatman S.Sn., M.Si.Dosen

Views: 1386