Research Focus

Research Focus

The total lecture space owned by DKV is 560.03 square meters consisting of 2 laboratories, 3 regular studio classes and 1 large studio class, a lecturer’s room for academic guidance covering an area of 69.89 square meters, an administration room adjacent to the lecturer’s room in 1 building. Each lecture class provides an LCD projector, table and chair furniture for lectures which can accommodate up to 30 students per class, as well as the laboratory owned by the Study Program which also has complete learning facilities such as computers with appropriate specifications to support learning of 2D animation and 3D animation courses. and digital illustrations, photography equipment in photography laboratories and table and chair furniture and other equipment for holding discussions or meetings in design management research laboratories.

The Study Program reading room or library measures 70.80 square meters and is in 1 building with lecture rooms, administration and lecturer rooms. The reading room can accommodate 20 students and provides books or reading materials relevant to the scientific field of Visual Communication Design as well as storing scientific writing documents. or student final assignments.

Visual Communication Design Laboratory

Visual Communication Design Department Research Data

NoJudul PenelitianKetuaCivitas
1Kriteria Desain Permainan Edukasi Literasi KeuanganRabendra Yudistira Alamin S.T., M.Ds.Dosen
2Perancangan Tipografi Jenis Display Mengadaptasi Karakter Kampus Its Sebagai Rintisan Type Foundry Berbasis KampusNaufan Noordyanto
S.Sn., M.Sn
Dosen
3Representasi Digital Twin Lingkungan Virtual Untuk Pembelajaran Animasi Bertema Landscape IndonesiaDidit Prasetyo S.T., M.T.Dosen
4Perancangan Aplikasi Pembelajaran Aksara Jawa Ilustratif Untuk Sekolah Dasar di YogyakartaNurina Orta
Darmawati S.T., M.Ds.
Dosen
5Interpretasi Permodelan Karakter Game Bertema Pemimpin Kerajaan Majapahit Untuk Lingkungan Virtual Pada MetaverseNugrahardi Ramadhani SSn., MTDosen
6Kajian Proses Kreatif Desainer Game di Indonesia dengan Metode Design ThinkingOctaviyanti Dwi Wahyurini S.T., M.AppDesArt.,Dosen
7Entrepreneurial Orientation Pada Kinerja Start Up: Studi Moderator Kapasitas Absorptif Pada Tenant Inkubator Bisnis Perguruan TinggiSabar SE, M.SiDosen
8Rancang Bangun Media Edukasi Kebencanaan Spesifik TempatDr. Rahmatsyam Lakoro S.Sn., M.T.Dosen
9Perancangan Mesin 35mm Bulk Film Loader Otomatis Ke Canister 35mmYurif Setya Darmawan S.T., M.Ds.Dosen
10Peningkatan Efektivitas Desain Pengalaman dan Antarmuka Pengguna dari Laman ITS dengan metode Double Diamond untuk mendukung Promosi & Citra ITSDr. Rahmatsyam Lakoro S.Sn., M.T.Dosen
11Perancangan Galeri Online Visual Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya Sebagai Media Promosi Berbasis Cms (Studi Kasus Departemen Desain Komunikasi Visual)Mochammad Valdi Fuadi, S.KomTendik
NoJudul PenelitianKetuaCivitas
1Pengembangan Gaya Hybid Ilustrasi Dan Fotografi Sebagai Media Kampanye Sosial Protokol KesehatanDr. Rahmatsyam Lakoro, S.Sn, MTDosen
2Implementasi Dataset Pada Metahuman Dengan Karakteristik Ragam Hias Pakaian Khas Adat Jawa Timur Sebagai Avatar Metaverse Bernuansa LokalNugrahardi Ramadhani SSn., MTDosen
3Kampanye Edukasi Gizi Seimbang Anak Usia Sekolah Dasar Dengan Pendekatan Kebudayaan MaduraNaufan Noordyanto S.Sn., M.SnDosen
4Efektivitas Permainan Edukasi Kesehatan Dengan Menggunakan Arcs ModelRabendra Yudistira Alamin S.T., M.Ds.Dosen
5Pengaplikasian Ilustrasi Gaya Modern Sebagai Elemen Periklanan Untuk Institusi Pendidikan Putri Dwitasari ST., M.Ds.Dosen
6Simulasi Lingkungan Virtual Praktikum Animasi Pada Platform Pembelajaran Jarak JauhDidit Prasetyo S.T., M.T.Dosen
7Rancang Bangun Display Pameran Karya Desain Dengan Sistem Knock Down Berbiaya Murah Denny Indrayana Setyadi S.T., M.Ds.Dosen
8Pengembangan Media Identitas Visual Program City Branding Jombang Santri, Kabupaten Jombang, Jawa TimurNurina Orta Darmawati S.T., M.Ds.Dosen
9Konsep Dan Strategi Digital Branding Untuk Pengembangan Pemasaran Umkm Di Era 4.0Sayatman S.Sn., M.Si.Dosen
10Pengembangan Website Departemen Sebagai Media PromosiMochammad Valdi Fuadi S.KomTendik
11DIFFABLE MODEL dan #ITSTempatSemua : Kampanye Komunikasi Visual Strategis Membangun Citra Positif “Advancing Humanity” Sebagai Motto Baru Institut Teknologi Sepuluh NopemberSugeng Hariadi Imawan, S. Psi Tendik
NoJudul PenelitianKetuaCivitas
1Perancangan Merchandise sebagai Media Pendukung Promosi Kabupaten Tulungagung sebagai “Kota Cethe”Putri Dwitasari, S.T.,
M.Ds.
Dosen
2Aplikasi Augmented Reality Sebagai Media Edukasi Protokol Kesehatan Di Masa PandemiDidit Prasetyo S.T.,
M.T.
Dosen
3Perancangan Tipografi Mengadaptasi Are’ Lancor Sebagai Media Rekognisi Identitas Kultural Kabupaten Pamekasan, MaduraNaufan Noordyanto S.Sn., M.SnDosen
4Perancangan Identitas Desa Paseseh Sebagai Sentra Batik Tulis Untuk Mendukung Pengembangan Desa Berkelanjutan Di MaduraNurina Orta Darmawati
ST., M.Ds.
Dosen
5Perancangan Galeri Online Departemen Desain Komunikasi Visual sebagai Media Pengarsipan Karya Desain & Penguatan HKI Mahasiswa dan DosenDenny Indrayana Setyadi S.T., M.Ds.Dosen
6Desain Website Laboratorium Branding dan Strategi Komunikasi sebagai Media Informasi Kegiatan Tridharma untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan Desain Komunikasi VisualSenja Aprela Agustin, S.T., M.DsDosen
7Studi Ruang Virtual Untuk Terapi Alternatif Penderita Mabuk LautBambang Mardiono
Soewito S.Sn, M.Sn
Dosen
8Pengembangan Konten Website Laboratorium Media Kreatif Dan Digital Sebagai Sarana Peningkatan Kualitas Layanan Informasi Tri Dharma Pada Departemen Desain Komunikasi VisualSayatman S.Sn., M.Si.Dosen
NoJudulNama KetuaSkema
1Purwarupa Papan Permainan Bertema Global Pandemic Sebagai Upaya Edukasi Bencana Kesehatan Menggunakan Simulasi Augmented RealityNugrahardi Ramadhani, S.Sn., M.T.Abmas Berbasis Produk
2Efektivitas Linimasa Sejarah Card Game Terhadap Pemahaman Sejarah Kemerdekaan Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah DasarRabendra Yudistira Alamin, S.T., M.Ds.Abmas Berbasis Produk

Views: 258