DPTSI

DIREKTORAT PENGEMBANGAN TEKNOLOGI DAN SISTEM INFORMASI

Halaman Terkait

Agenda

16

Oct

Adobe Training Series 2024
 09:00 - 11:00 WIB
  Zoom

28

Apr

Training Adobe After Effect 2023
 13:00 - 15:00 WIB
  Online

14

Apr

Training Adobe Express 2023
 13:00 - 15:00 WIB
  Online

31

Mar

Training Adobe Acrobat 2023
 13:00 - 15:00 WIB
  Online

ITS menyediakan layanan internet di Kampus Sukolilo, Kampus Manyar, dan Kampus Cokroaminoto. Sebagai mahasiswa, Anda dapat mengakses internet menggunakan SSID myITS-WiFi di tiga lokasi tersebut. Selain itu, jika Anda berada di institusi yang menyediakan layanan eduroam, maka Anda dapat mengakses internet menggunakan SSID eduroam.

Anda dapat menggunakan email [NRP]@student.its.ac.id sebagai username dan password myITS ketika melakukan autentikasi pertama kali. Berikut adalah panduan lengkap untuk autentikasi myITS-WiFi dan eduroam.

Panduan Akses myITS-WiFi

Pilih jenis perangkat yang Anda gunakan:

Perangkat Windows 10/11

1. Pilih ikon WiFi yang berada di tray ikon dan pastikan perangkat WiFi Anda menyala.

 

2. Cari SSID myITS-WiFi, centang Connect automatically, dan klik tombol Connect.

 

3. Isi kolom Username dengan email ITS yang berformat [NRP]@student.its.ac.id, contohnya: 501234567@student.its.ac.id dan isi kolom Password menggunakan kata sandi myITS Anda. Lalu klik OK.

 

4. Akan muncul jendela konfirmasi, klik tombol Connect untuk melanjutkan.

 

5. Jika status myITS-Wifi sudah Connected, secured, maka koneksi internet di perangkat Anda sudah terhubung.

Perangkat Android

1. Nyalakan Wi-Fi di perangkat Android Anda.

2. Pilih SSID myITS-WiFi.

 

3. Isi kolom Identity/Identitas dengan email ITS yang berformat [NRP]@student.its.ac.id (contoh: 501234567@student.its.ac.id) dan isi kolom Password/Kata Sandi menggunakan kata sandi myITS Anda.

 

4. Pada CA Certificate/Sertifikat CA, pilih opsi Do not validate/Jangan Validasi.

 

5. Aktifkan slider Auto reconnect/Sambung ulang otomatis. Kemudian pilih tombol Connect/Sambung.

 

6. Jika status myITS-WiFi sudah Connected/Terhubung, maka koneksi internet di perangkat Anda sudah terhubung.

Perangkat iPhone/iPad

1. Nyalakan WiFi di perangkat iPhone/iPad Anda.

2. Pilih SSID myITS-WiFi.

 

3. Isi kolom Username/Nama Pengguna dengan email ITS yang berformat [NRP]@student.its.ac.id (contoh: 5012345678@student.its.ac.id) dan isi kolom Password/Kata Sandi menggunakan kata sandi myITS Anda. Lalu klik Join/Gabung.

 

4. Akan muncul jendela konfirmasi sertifikat, pilih Trust/Percayai.

 

5. Jika terdapat centang biru pada SSID myITS-WiFi, maka koneksi internet di perangkat Anda sudah terhubung.

Perangkat Mac

1. Pilih ikon WiFi yang berada di tray ikon dan pastikan perangkat WiFi Anda menyala.

2. Cari SSID myITS-WiFi, dan klik tombol Connect.

 

3. Isi kolom Username/Nama Pengguna dengan email ITS yang berformat [NRP]@student.its.ac.id (contoh: 501234567@student.its.ac.id) dan isi kolom Password/Kata Sandi menggunakan kata sandi myITS Anda. Lalu klik OKE.

 

4. Akan muncul jendela konfirmasi sertifikat, pilih Lanjutkan.

 

5. Jika terdapat centang biru pada SSID myITS-WiFi, maka koneksi internet di perangkat Anda sudah terhubung.

Panduan Akses eduroam

Untuk mengakses internet menggunakan eduroam, Anda dapat memilih SSID eduroam dan melakukan langkah-langkah yang sama pada Panduan Akses myITS-WiFi.

Kendala yang mungkin terjadi

Q: Saya sudah memasukkan email dan password myITS saya dengan benar, tetapi tidak bisa melakukan autentikasi. Apa yang harus saya lakukan?

A: Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Pastikan email dan password myITS yang digunakan sudah benar.
  2. Pastikan primary email/email utama di Portal myITS (Menu Kelola Akun) sudah terverifikasi/verified. Jika belum, silahkan menghubungi servicedesk.its.ac.id.
  3. Pastikan Anda bisa mengakses Portal Office 365 di dashboard Portal myITS, lakukan login menggunakan email dan password myITS Anda. Jika tidak bisa login, lakukan pembaruan kata sandi myITS Anda lewat menu Kelola Akun di Portal myITS. Tunggu sinkronisasi selama 5-10 menit. Kemudian coba lakukan autentikasi myITS-WiFi kembali.

Q: Saya mengganti password myITS saya, kemudian saya tidak bisa terkoneksi lagi ke myITS-WiFi/eduroam. Apa yang harus saya lakukan?

A: Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Pilih SSID myITS-WiFi/eduroam.
  2. Pilih Forget network/Lupakan jaringan.
  3. Lakukan autentikasi ulang sesuai panduan.