DPTSI

DIREKTORAT PENGEMBANGAN TEKNOLOGI DAN SISTEM INFORMASI

Layanan Utama Mahasiswa

myITS Portal

Mahasiswa baru dapat mengakses myITS Portal melalui alamat portal.its.ac.id menggunakan username NRP dan password nomor pendaftaran. Password ini berlaku untuk akses pertama kali ke myITS.

Mahasiswa disarankan mengubah password setelah berhasil masuk ke myITS Portal untuk pertama kali. Ubah password dapat dilakukan melalui menu Kelola Akun di myITS Portal dan pilih bagian Ubah Kata Sandi.

Pastikan melakukan verifikasi email alternatif dan nomor HP yang berada di menu Kelola Akun myITS.

Wi-Fi

Seluruh civitas akademika ITS dapat menggunakan jaringan Wi-Fi yang ada di kampus ITS. Mahasiswa dapat memilih salah satu dari Wi-Fi yang tersedia di sekitar kampus. Lalu masuk ke myITS Portal dan pilih Akses Internet untuk dapat terhubung dengan internet.

Panduan untuk akses internet dapat dilihat di link berikut: https://www.its.ac.id/dptsi/internet/

Eduroam

Eksternal yang berasal dari instansi lain dapat menggunakan Eduroam ketika berada di ITS, untuk panduan dapat dilihat di link berikut: https://www.its.ac.id/dptsi/eduroam/

SI Akademik

SI Akademik (SIAKAD) merupakan Sistem Informasi Akademik ITS yang memuat informasi akademik meliputi biodata mahasiswa, transkrip nilai mahasiswa, melakukan FRS dan Perwalian untuk pengambilan mata kuliah, hingga pengajuan surat mahasiswa.

Pertama kali yang dilakukan ketika masuk SIAKAD, mahasiswa baru ITS diwajibkan melakukan verifikasi data mahasiswa dan data orang tua/ wali pada SIAKAD. Verifikasi yang dilakukan adalah memasukkan email dan nomor HP mahasiswa, serta nomor HP orang tua/wali.

Email Mahasiswa ITS

Untuk mahasiswa baru ITS, sistem akan otomatis membuatkan alamat email mahasiswa ITS dengan format: [NRP]@student.its.ac.id.

Contoh: 5012345678@ student.its.ac.id

Untuk dapat mengaksesnya, mahasiswa perlu mengakses myITS Portal terlebih dahulu, dan cari menu Portal Office 365. Setelah masuk ke dashboard Microsoft 365, cari Outlook untuk membuka email.

Aktivasi MFA

MFA atau multi-factor authentication merupakan proses masuk akun yang mengharuskan pengguna memasukkan informasi tambahan selain kata sandi. Seperti menggunakan sidik jari atau memasukkan kode yang dikirim ke nomor telepon.

Panduan untuk aktivasi MFA dapat dilihat di link berikut: https://its.id/PanduanAktivasiMFA

Layanan Microsoft 365

Mahasiswa ITS memiliki layanan Microsoft 365 yang bisa diakses melalui myITS Portal dan pilih menu Portal Office 365. Setelah mahasiswa melakukan aktivasi MFA, mahasiswa dapat mengakses Office 365. Akses Office 365 menggunakan username email ITS dan password myITS.

VPN

Panduan untuk mengakses VPN dapat dilihat pada link berikut: Panduan Akses VPN

myITS Classroom

myITS Classroom merupakan sistem manajemen pembelajaran terhadap kuliah di ITS, yang memanfaatkan media pembelajaran berbasis internet yang dapat diakses oleh peserta didik kapan saja dan dimana saja.

Akses ke myITS Classroom dilakukan melalui my.its.ac.id dan pilih myITS Classroom.

Untuk panduan myITS Classroom dapat dilihat pada link: http://its.id/myITS_Classroom

myITS Presensi

myITS Presensi merupakan sistem informasi yang menangani kehadiran mahasiswa dalam suatu perkuliahan.

Akses ke myITS Presensi dilakukan melalui portal.its.ac.id dan pilih myITS Presensi.

Untuk panduan myITS Presensi dapat dilihat pada link: https://its.id/myITS_Presensi

myITS Wali

myITS Wali adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Direktorat Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi (DPTSI ITS) untuk monitoring perkembangan studi anak oleh orang tua/wali secara digital.

Aplikasi myITS Wali dapat diakses melalui alamat https://wali.its.ac.id atau melalui myITS Portal dan pilih myITS Wali.

Untuk panduan myITS Wali selengkapnya dapat dilihat pada link: https://its.id/PanduanmyITSWali

Layanan Zoom

Seluruh mahasiswa ITS memiliki akses ke lisensi Zoom. Panduan untuk mengakses Zoom bisa klik disini.

Layanan Utama Dosen

myITS Portal

Dosen dapat mengakses myITS Portal melalui alamat portal.its.ac.id menggunakan username NPP/email

Dosen disarankan mengubah password setelah berhasil masuk ke myITS Portal untuk pertama kali. Ubah password dapat dilakukan melalui menu Kelola Akun di myITS Portal dan pilih bagian Ubah Kata Sandi.

Pastikan melakukan verifikasi email alternatif dan nomor HP yang berada di menu Kelola Akun myITS.

Wi-Fi

Seluruh civitas akademika ITS dapat menggunakan jaringan Wi-Fi yang ada di kampus ITS. Dosen dapat memilih salah satu dari Wi-Fi yang tersedia di sekitar kampus. Lalu masuk ke myITS Portal dan pilih Akses Internet untuk dapat terhubung dengan internet.

Panduan untuk akses internet dapat dilihat di link berikut: https://www.its.ac.id/dptsi/internet/

Eduroam

Eksternal yang berasal dari instansi lain dapat menggunakan Eduroam ketika berada di ITS, untuk panduan dapat dilihat di link berikut: https://www.its.ac.id/dptsi/eduroam/

SI Akademik dan myITS Academic

SI Akademik (SIAKAD) merupakan Sistem Informasi Akademik ITS yang digunakan dosen untuk melakukan perwalian, menyetujui FRS, maupun mengisi SAR.

Sedangkan myITS Academic digunakan untuk memasukkan nilai mata kuliah mahasiswa.

myITS Presensi dan myITS Worktime

myITS Presensi merupakan sistem informasi yang digunakan dosen untuk melakukan presensi kehadiran mata kuliah yang diajar.

Sedangkan myITS Worktime digunakan untuk melakukan presensi kehadiran harian.

Aktivasi MFA

MFA atau multi-factor authentication merupakan proses masuk akun yang mengharuskan pengguna memasukkan informasi tambahan selain kata sandi. Seperti menggunakan sidik jari atau memasukkan kode yang dikirim ke nomor telepon.

Panduan untuk aktivasi MFA dapat dilihat di link berikut: https://its.id/PanduanAktivasiMFA

Mailbox Staf

Dosen ITS dapat mengakses email ITS melalui fitur Mailbox Staf di myITS Portal. 

Perlu diketahui bahwa password yang digunakan untuk login ke email ITS sama dengan password myITS. Jika dosen masih kesulitan login menggunakan password yang lama, maka dosen dapat melakukan ubah kata sandi melalui menu Kelola Akun di myITS dan pilih Ubah Kata Sandi.

Pastikan dosen telah melakukan aktivasi MFA untuk dapat masuk ke email. Panduan aktivasi MFA dapat dilihat di link berikut: its.id/PanduanAktivasiMFA.

Dosen dapat melihat email ITS-nya pada kolom email utama di myITS Portal. Jika email utama belum terisi, maka dosen dapat mengajukan permohonan pengisian email utama melalui servicedesk.its.ac.id.

myITS Classroom

myITS Classroom merupakan sistem manajemen pembelajaran terhadap kuliah di ITS, yang memanfaatkan media pembelajaran berbasis internet yang dapat diakses oleh peserta didik kapan saja dan dimana saja.

Melalui myITS Classroom, dosen dapat melakukan perencanaan perkuliahan setiap pertemuan.

Akses ke myITS Classroom dilakukan melalui my.its.ac.id dan pilih myITS Classroom.

Untuk panduan myITS Classroom dapat dilihat pada link: http://its.id/myITS_Classroom

Layanan Microsoft 365

Dosen ITS memiliki layanan Microsoft 365 yang bisa diakses melalui myITS Portal dengan memilih menu Portal Office 365. Setelah dosen melakukan aktivasi MFA, dosen dapat mengakses Office 365. Akses Office 365 menggunakan username email ITS dan password myITS.

VPN

Panduan untuk mengakses VPN dapat dilihat pada link berikut: Panduan Akses VPN

Layanan Zoom

Seluruh dosen ITS memiliki akses ke lisensi Zoom.Panduan akses zoom, klik di sini.

Layanan Utama Tendik

myITS Portal

Dosen dapat mengakses myITS Portal melalui alamat portal.its.ac.id menggunakan username NPP/email

Dosen disarankan mengubah password setelah berhasil masuk ke myITS Portal untuk pertama kali. Ubah password dapat dilakukan melalui menu Kelola Akun di myITS Portal dan pilih bagian Ubah Kata Sandi.

Pastikan melakukan verifikasi email alternatif dan nomor HP yang berada di menu Kelola Akun myITS.

Wi-Fi

Seluruh civitas akademika ITS dapat menggunakan jaringan Wi-Fi yang ada di kampus ITS. Dosen dapat memilih salah satu dari Wi-Fi yang tersedia di sekitar kampus. Lalu masuk ke myITS Portal dan pilih Akses Internet untuk dapat terhubung dengan internet.

Panduan untuk akses internet dapat dilihat di link berikut: https://www.its.ac.id/dptsi/internet/

Eduroam

Eksternal yang berasal dari instansi lain dapat menggunakan Eduroam ketika berada di ITS, untuk panduan dapat dilihat di link berikut: https://www.its.ac.id/dptsi/eduroam/

myITS Worktime

myITS Worktime merupakan sistem informasi yang digunakan untuk melakukan presensi kehadiran harian.

Aktivasi MFA

MFA atau multi-factor authentication merupakan proses masuk akun yang mengharuskan pengguna memasukkan informasi tambahan selain kata sandi. Seperti menggunakan sidik jari atau memasukkan kode yang dikirim ke nomor telepon.

Panduan untuk aktivasi MFA dapat dilihat di link berikut: https://its.id/PanduanAktivasiMFA

Mailbox Staf

Tendik ITS dapat mengakses email ITS melalui fitur Mailbox Staf di myITS Portal. 

Perlu diketahui bahwa password yang digunakan untuk login ke email ITS sama dengan password myITS. Jika tendik masih kesulitan login menggunakan password yang lama, maka dapat melakukan ubah kata sandi melalui menu Kelola Akun di myITS dan pilih Ubah Kata Sandi.

Pastikan tendik telah melakukan aktivasi MFA untuk dapat masuk ke email. Panduan aktivasi MFA dapat dilihat di link berikut: its.id/PanduanAktivasiMFA.

Dosen dapat melihat email ITS-nya pada kolom email utama di myITS Portal. Jika email utama belum terisi, maka dosen dapat mengajukan permohonan pengisian email utama melalui servicedesk.its.ac.id.

Layanan Microsoft 365

Dosen ITS memiliki layanan Microsoft 365 yang bisa diakses melalui myITS Portal dengan memilih menu Portal Office 365. Setelah dosen melakukan aktivasi MFA, dosen dapat mengakses Office 365. Akses Office 365 menggunakan username email ITS dan password myITS.

VPN

Panduan untuk mengakses VPN dapat dilihat pada link berikut: Panduan Akses VPN

Layanan Zoom

Seluruh dosen ITS memiliki akses ke lisensi Zoom.Panduan akses zoom, klik di sini.

Layanan Utama Eksternal

Wi-Fi Tamu

Tamu dapat meminta akses Wi-Fi sementara pada pegawai administrasi yang ada di sekitar lokasi. Pegawai admin dapat memberikan akses internet kepada tamu dengan durasi maksimal 1×24 jam. Sebelum pembuatan akses, harap pastikan perangkat admin terhubung dengan jaringan ITS Wi-Fi selain Eduroam. Pembuatan akses dapat dilakukan melalui menu One Time Password -> dan Pilih Tambah Akses untuk Tamu. Pilih durasi, dan klik kirim. Username dan password akan muncul dan status aktif akan tampak.

Eduroam

Eksternal yang berasal dari instansi lain dapat menggunakan Eduroam ketika berada di ITS, untuk panduan dapat dilihat di link berikut: https://www.its.ac.id/dptsi/eduroam/

Berita Lainnya

Syarat dan Ketentuan Layanan Subdomain/VPS

Syarat dan ketentuan untuk layanan subdomain/VPS: – Tanggung jawab pengelolaan dan keamanan server/data/aplikasi di VPS unit (termasuk backup) ada...

14 Agu 2024
Penetration Tester

...

30 Mei 2024
Fitur Live Chat OCA untuk Layanan Pengaduan dan Permintaan

Taukah kamu bahwa ITS memiliki fitur Layanan Pengaduan baru yaitu live chat OCA? Fitur ini dapat kalian temukan di...

27 Nov 2023
Panduan Aktivasi Windows 10 dan 11

Berikut panduan aktivasi windows menggunakan KMS: Panduan aktivasi...

21 Nov 2023

Quick Links

LAYANAN INTERNAL

Ini merupakan layanan pendukung akdemik yang disediakan untuk membantu semua kegiatan civitas akademika.

Ini adalah layanan yang menyediakan domain dan hosting untuk kebutuhan departemen, unit, Organisasi mahasiswa dan UKM yang ada di ITS. Untuk lebih detailnya bisa klik link dibawah ini.

Layanan Internet menggunakan Single Sign On (SSO)  dengan satu kali login menggunakan username integra, kemudian kami juga menyediakan akses VPN untuk pengguna yang mengakses jaringan ITS dari luar.

Ini adalah layanan untuk dosen, tendik  dan mahasiwa yang membutuhkan software, kami sudah menyediakan portal untuk download dan cara penggunaan software berlisensi, open source dan gratis.

Sebagai direktorat pengembang sistem informasi, kami juga menyediakan layanan pembuatan SIM dan Mobile Apps, untuk lebih detailnya silahkan klik menu dibawah ini.

Menyediakan layanan media pembelajaran online yang menggunakan rangkaian elektronik LAN, WAN, dan Internet

Lokasi Direktorat Pengembangan Teknologi & Sistem Informasi