MFA atau multi-factor authentication merupakan proses masuk akun yang mengharuskan pengguna memasukkan informasi tambahan selain kata sandi. Seperti menggunakan sidik jari atau memasukkan kode yang dikirim ke nomor telepon.
1. Meningkatkan perlindungan keamanan; 2. Menghindari aksi peretasan ke aplikasi dan akses sumber daya yang memanfaatkan login dengan user ID, email, dan password; 3. Melindungi data pengguna dari pencurian kredensial.
Hal yang perlu disiapkan:
Langkah-langkah aktivasi:
Langkah-langkah menambahkan metode telepon:
A: Silahkan mengubah kata sandi melalui menu Kelola Akun di myITS, dan tunggu sekitar 5-10 menit. Hal ini dikarenakan password email sama dengan password myITS, sehingga butuh waktu untuk sinkron.
A: Silahkan buka servicedesk.its.ac.id di browser, lakukan registrasi terlebih dahulu menggunakan email gmail, dan create ticket. Sampaikan permohonan untuk reregister akun email ITS dikarenakan aplikasi autentikator ter-uninstal. Atau Anda juga dapat datang langsung ke DPTSI di Gedung Research Center, lt. 4. Jika sudah direregister, mohon aplikasi autentikator tidak di-uninstal kembali.
A: Silahkan buka servicedesk.its.ac.id di browser, lakukan registrasi terlebih dahulu menggunakan email gmail, dan create ticket. Sampaikan permohonan untuk reregister akun email ITS dikarenakan hp hilang/baru ganti hp. Atau Anda juga dapat datang langsung ke DPTSI di Gedung Research Center, lt. 4. Jika sudah direregister, mohon aplikasi autentikator tidak di-uninstal.
A: Ya, Anda dapat menginstal autentikator lain seperti Google Authenticator. Namun saat melakukan aktivasi, di langkah no. 6 ketika muncul tampilan Keep your account secure, pilih I want to use a different authenticator app. Dan ikuti langkah-langkah selanjutnya.
A: Ya, namun Anda perlu aktivasi menggunakan aplikasi autentikator terlebih dahulu, lalu selanjutnya Anda dapat menambahkan metode telepon di https://aka.ms/mysecurityinfo, langkah-langkah penambahan metode dapat dilihat di halaman atas.