Belajar Membelajarkan: Refleksi Kritis Pembelajaran Arsitektur
Kurikulum dalam sebuah aktivitas pendidikan haruslah dipahami memiliki dua cakupan, yaitu rencana kurikulum (curriculum plan) dan kegiatan nyata pembelajaran (actual curriculum). Curriculum Plan akan terkait dengan berbagai hal yang berhubungan dengan perencanaan: mulai dari penyusunan capaian pembelajaran, rencana pembelajaran, sampai dengan strategi pembelajaran. Sedangkan Actual Curriculum akan terkait dengan penerapan dan pelaksanaan pembelajaran (yang telah direncanakan) itu sendiri. Di dalam rangkaian proses mulai dari perencanaan sampai dengan pelaksanaan pembelajaran akan selalu dibutuhkan tindakan evaluasi pada tiap tahap seiring perjalanan yang dilakukan, terlebih untuk melihat bagaimana relasi antara apa yang direncanakan dengan bagaimanakah dia diterapkan. Pada pembelajaran bidang Arsitektur, hal ini memiliki kesamaan sifat dengan proses desain, dimana dalam tindakan yang dilakukan selalu akan berlangsung aktivitas reflektif (Schon, 1983).
Terkait proses evaluasi pembelajaran, seorang dosen yang berfungsi sebagai fasilitator pada dasarnya juga sedang melakukan pembelajaran bagi dirinya. Karena fasilitator akan memiliki sifat tidak memposisikan dirinya sebagai satu-satunya sumber pengetahuan, dan justru akan cenderung berposisi sebagai rekan belajar bagi mahasiswa. Sekali lagi hal ini memiliki sifat yang erat sekali dengan pembelajaran Arsitektur yang menjadikan studio perancangan sebagai inti pembelajaran, karena sebenarnya desain tidak bisa diajarkan namun dapat dipelajari. Sehingga tak pelak seorang dosen akan berposisi mengiringi proses belajar, atau dengan kata lain: bersama-sama belajar bersama dengan mahasiswa.
Seminar ini mengajak pendidik bidang Arsitektur untuk membangun diskursus terkait kurikulum dan pembelajaran, khususnya terkait bagaimana aktivitas evaluasi pembelajaran dilakukan pada mata kuliah masing-masing baik yang berbentuk studio perancangan ataupun yang bersifat teoretik. Dengan adanya diskursus tentang pembelajaran yang dibangun bersama-sama ini diharapkan semakin tumbuh kesadaran untuk melihat seluruh proses secara utuh dan komprehensif.
Topik Adapun lingkup pembahasan evaluasi pembelajaran yang dapat dipilih antara lain: 1. Aspek perencanaan pembelajaran 2. Aspek hubungan dosen, mahasiswa, dan sumber belajar 3. Aspek penyusunan soal dan penilaian 4. Aspek lingkungan, sarana, dan prasarana pembelajaran
Keynote Speaker: Hafiz Amirrol (MERCY Malaysia – Head of Strategic Planning & Building Resilient Communities)
Tanggal Penting: 1 Juli 2019 : Deadline pengumpulan makalah 11 Juli 2019 : Deadline Registrasi Seminar 3 Juli 2019 : Pemberitahuan makalah diterima 11 Juli 2019 : Acara Seminar
Biaya Registrasi: Pemakalah Rp 300.000 Non Pemakalah Rp 200.000
Setiap peserta akan mendapatkan sertifikat, goodie bag, coffee break dan makan siang. Detail cara pembayaran akan dinformasikan menyusul.
Acara Open Recruitment Tema Nogogeni ITS Team 2025/2026 Hari dan Tanggal – Waktu – Registrasi its.id/m/OPRECNogogeni2025 Buku Panduan its.id/m/OpenRecruitmentNogogeni2526
Event Webinar Tema Peresmian CSIRT ITS dan Workshop Peningkatan Kapabilitas Keamanan Siber pada Perguruan Tinggi, Rumah Sakit, dan Instansi
Acara Webinar Tema – Hari dan Tanggal Kamis, 14 November 2024 Waktu 09:00 – 15:00 WIB Registrasi its.id/programDMWTSA Komite