Program Studi Sarjana Teknik Informatika (S1)

Program Studi Sarjana Teknik Informatika (S1)

Pada program Sarjana (S1), mahasiswa wajib menyelesaikan 144 SKS (Satuan Kredit Semester) yang dapat ditempuh dalam 8 semester (4 tahun). Akan tetapi, mahasiswa dimungkinkan dapat lulus lebih cepat dengan mengikuti mata kuliah melebihi beban standar yang ada sesuai dengan kapasitas masing-masing mahasiswa pada tiap semester.

Pada semester ke-6, mahasiswa dapat mengikuti mata kuliah pilihan sesuai dengan bidang minat yang diinginkan. Mata kuliah pilihan dapat berasal dari satu kelompok bidang minat saja untuk lebih memperdalam pengetahuan mahasiswa dalam bidang tertentu, atau dapat berasal dari kelompok bidang minat yang berbeda untuk memperluas wawasan yang diperoleh.

Kurikulum untuk program pendidikan S1 yang sekarang digunakan di Jurusan Teknik informatika merupakan kurikulum baru yang telah diberlakukan mulai tahun akedemik 2023/2024 hingga tahun akademik 2028/2029. Dalam kurikulum ini, total Satuan Kredit Semester (SKS) normal yang harus ditempuh oleh mahasiswa adalah 144 SKS. Beban perkuliahan sebesar 144 SKS ini dapat diselesaikan selama delapan semester. Total 144 SKS tersebut dikelompokkan menjadi 2 kelompok mata kuliah, yaitu:

Mata Kuliah Wajib

:

126 SKS (87.5%)

Mata Kuliah Bidang Keahlian

:

18 SKS (12.5%)

Kurikulum dan Silabus Program Studi Sarjana (S1) dapat dilihat disini.

Program Studi Sarjana Teknik Informatika (PSTI) telah merancang susunan mata kuliah per semester. PSTI menawarkan delapan bidang keahlian, yang terhimpun dalam Rumpun Mata Kuliah (RMK) yaitu

Dalam kurikulum 2023-2028 ini, tidak ada pemisahan antara mata kuliah dan praktikum.  Kegiatan perkuliahan dan kegiatan praktikum dilakukan dalam satu mata kuliah dengan bobot 3 – 4 sks. Kegiatan dapat berlangsung di kelas maupun di laboratorium. Kegiatan perkuliahan dilaksanakan untuk membekali mahasiwa dengan pemahaman konsep pengetahuan/teknologi. Kegiatan praktikum digunakan untuk membekali mahasiswa dengan ketrampilan praktis.

Pengalaman praktis lainnya yang wajib diikuti oleh mahasiswa adalah Kerja Praktek di industri selama minimal tiga bulan dengan beban 4 sks. Kegiatan ini untuk memperluas wawasan mahasiswa tentang penerapan teori yang diperoleh dari perkuliahan. Pada tahap akhir, mahasiswa menempuh Tugas Akhir dengan bobot 5 sks. Tugas Akhir  ditujukan untuk memberikan kemampuan bagi mahasiswa untuk menyelesaikan topik permasalahan tertentu sesuai bidang keahlian dan menyusun laporan ilmiah. Tugas akhir ini bersifat komprehensif, ditulis sesuai dengan kaidah ilmiah dan harus dipertanggungjawabkan pada ujian tugas akhir yang bersifat tertutup di hadapan tim penguji

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Sarjana (S1):

  1. Mampu menunjukkan sikap dan karakter yang mencerminkan: ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, etika dan integritas, berbudi pekerti luhur, peka dan peduli terhadap masalah sosial dan lingkungan, menghargai perbedaan budaya dan kemajemukan, menjunjung tinggi penegakan hukum, mendahulukan kepentingan bangsa dan masyarakat luas melalui kreativitas dan inovasi, ekselensi, kepemimpinan yang kuat, sinergi dan potensi lain yang dimiliki untuk mencapai hasil yang maksimal
  2. Mampu mengkaji dan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka mengaplikasikannya pada bidang informatika meliputi jaringan komputer, keamanan siber, manajemen informasi, pemodelan dan simulasi, serta mampu mengambil keputusan secara tepat dari hasil kerja sendiri maupun kerja kelompok dalam bentuk laporan tugas akhir atau bentuk kegiatan pembelajaran lain yang luarannya setara dengan tugas akhir melalui pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif
  3. Mampu mengelola pembelajaran diri sendiri, dan mengembangkan diri sebagai pribadi pembelajar sepanjang hayat untuk bersaing di tingkat nasional, maupun internasional, dalam rangka berkontribusi nyata untuk menyelesaikan masalah dengan memperhatikan prinsip keberlanjutan.
  4. Menguasai konsep dan prinsip-prinsip sistem cerdas dan ilmu komputasi, serta mampu merancang dan membangun aplikasi dengan menerapkan prinsip-prinsip tersebut untuk menghasilkan produk aplikasi cerdas pada berbagai bidang.
  5. Menguasai konsep dan prinsip arsitektur, sistem dan dasar – dasar jaringan komputer berbasis sistem logika serta mampu menerapkan prinsip-prinsip tersebut untuk merancang, mengimplementasikan dan mengelola sistem jaringan yang mempunyai kinerja tinggi, aman, dan efisien
  6. Menguasai konsep teoritis dan prinsip-prinsip tentang komputasi berbasis jaringan dan teknologi terkini yang terkait dengannya serta mampu menerapkan konsep tersebut untuk menganalisa dan merancang algoritma penyelesaian masalah komputasi di dalam berbagai bidang
  7. Menguasai prinsip-prinsip pembuatan suatu algoritma dan berbagai macam konsep bahasa pemrograman serta mampu merancang dan menganalisa algoritma untuk menyelesaikan permasalahan secara efektif dan efisien berdasarkan kaidah-kaidah pemrograman yang kuat, serta mengaplikasikannya ke dalam pengembangan perangkat lunak berdasarkan konsep dan prinsip rekayasa perangkat lunak
  8. Menguasai prinsip-prinsip grafika dan interaksi, serta mampu mengembangkan dan mengevaluasi antarmuka pengguna aplikasi dan/atau game berdasarkan prinsip-prinsip tersebut
  9. Menguasai prinsip dan teknik penyelesaian permasalahan dengan menggunakan: kalkulus, matriks, statistika, aproksimasi, optimasi liner, pemodelan dan simulasi serta mampu menyelesaikan persoalan komputasi dan pemodelan matematis melalui pendekatan eksak, stokastik, probabilistik dan numerik secara efektif dan efisien
  10. Menguasai konsep dan prinsip-prinsip penangkapan, pengolahan dan penyimpanan informasi dalam berbagai bentuk format serta mampu mengumpulkan, mendigitalisasi, dan memproses data menjadi informasi baru yang bermanfaat dengan menggunakan pemodelan dan penyimpanan data yang efektif dan efisien