Laboratorium Grafika Interaksi dan Game

Service Desk

Silahkan menghubungi ServiceDesk ITS, apabila ada permasalahan mengenai email, hosting, domain, maupun permasalahan yang terkait kepegawaian / sdmo.

Laboratorium Grafika Interaksi dan Game (GIGa)

Imam Kuswardayan, S.Kom., MT.

Kepala Laboratorium
Email: imam@its.ac.id
initial, IK

Selamat Datang di halaman Laboratorium Grafika, Interaksi dan Game.

Laboratorium ini di bidang minat ini menawarkan bidang keahlian yang ditekankan pada kemampuan lulusan dalam mendesain, mengembangkan dan mendokumentasikan proses pembuatan game sesuai dengan standar. Serta membuat model 3 dimensi dan pemograman di dalam realitas virtual serta aplikasi realitas virtual 3 dimensi dengan menggunakan game engine.

Mata kuliah bidang keahlian GIGa antara lain:

  • EF234612-Animasi Komputer dan Pemodelan 3D (Computer Animation and 3D Modelling)
  • EF234614-Desain Pengalaman Pengguna (UX Design)
  • EF234710-Game Cerdas (Intelligent Game)
  • EF234613-Game Edukasi dan Simulasi (Education Game and Simulation)
  • EF234618-Game Engine (Game Engine)
  • EF234504-Grafika Komputer (Computer Graphics)
  • EF234602-Interaksi Manusia dan Komputer (Human and Machine Interaction)
  • EF234711-Realitas X (Reality X)
  • EF234511-Teknik Pengembangan Game (Game Development Technique)
  • EF235233-Topik Dalam Grafika Komputer
  • EF235131-Topik Dalam Interaksi Manusia dan Komputer
  • EF235232-Topik Dalam Pengembangan Game, Realitas Virtual, dan Realitas Augmentasi

Fasilitas

  1. PC Client (Intel Core i7 Gen 12, Ram 32GB, SSD 1TB, Monitor 24″ Curved)
  2. Oculus Rift Set (Game controller)
  3. Oculus VR Development KIT DK-2-V51-BDL (Game controller)
  4. HTC VIVE Virtual Reality (Game controller)
  5. PC High End (Intel Core i9-12900K, 64GB DDR5, RTX 3080Ti 12GB)

Penelitian

  1. Penelitian Pengembangan Institusi ITS : Pengembangan Antarmuka Pengguna “Sidata” Aplikasi Pendataan Pendaftaran Program Penunjang Peningkatan Publikasi, Siska Arifiani, S.Kom., M,Kom.
  2. Penelitian Pengembangan Institusi ITS : Pengaruh Pembelajaran Matematika Berbasis GIM dengan Random Maze Generation, Dr. Darlis Heru Murti, S.Kom, M.Kom.
  3. Penelitian Pengembangan Institusi ITS : Keterampilan Mengetik Keyboard Berdasarkan Korelasi Human Error dan Perilaku Terampil, Imam Kuswardayan, S.Kom., M.T.
  4. Penelitian Pengembangan Institusi ITS : Visualisasi Imersif dan Interaksi Natural pada Data Deret Waktu, Hadziq Fabroyir S.Kom., Ph.D
  5. Penelitian Pengembangan Institusi ITS : Pengembangan strategi kegiatan pengawalan lomba gemastik 2023 sebagai upaya meningkatan capaian prestasi kejuaraan mahasiswa ITS, Siska Arifiani, S.Kom, M.Kom.
  6. Penelitian Pengembangan Institusi ITS : Pengembangan Sistem Notitikasi Otometis Kinerja Berbasis Whatsapp, Dr.Eng. Darlis Herumurti, S.Kom., M.Kom.
  1. Penelitian Departemen : Pendeteksian Jenis Hama Pada Tanaman Mangga Berbasis Deep Learning, Dr.Eng. Darlis Herumurti, S.Kom., M.Kom.
  2. Penelitian Departemen : Visualisasi Data Peneliti Dengan Pendekatan Aplikasi Web Dan Realitas Tiga Dimensi, Hadziq Fabroyir, S.Kom., Ph.D.
  3. Penelitian Departemen : Deteksi Glaukoma Pada Citra Fundus Menggunakan Convolution Neural Network, Imam Kuswardayan, S.Kom., M.T.
  4. PPI ITS Unit : Pengembangan Sistem Informasi Terintegrasi Untuk Menunjang Kinerja Dan Peningkatan Mutu Layanan DRPM ITS, Siska Arifiani, S.Kom., M.Kom.
  1. Penelitian Departemen : Pengembangan Media Imersif Sebagai Inovasi Praktikum Teknologi Pengolahan Limbah Secara Virtual, Imam Kuswardayan, S.Kom., M.T.
  2. Penelitian Pengembangan Institusi ITS : Pengembangan Siminta: Sistem Informasi Manajemen Insentif Tugas Akhir Mahasiswa Its Dalam Meningkatkan Luaran Artikel Ilmiah Di DRPM ITS, Dr.Eng. Darlis Herumurti, S.Kom., M.Kom.
  3. Penelitian Pengembangan Institusi ITS : Pengembangan Sistem Myits Research Mbkm Sebagai Fasilitas Untuk Mendukung Program Kampus Merdeka, Hadziq Fabroyir, S.Kom., Ph.D.
  1. Penelitian Departemen : Desain Antarmuka Dan Pengalaman Pengguna Sistem Lokapasar Di Tengah Pandemi Berdasarkan Data Unggahan Aplikasi Perpesanan Singkat Hadziq Fabroyir, S.Kom., Ph.D.
  2. Penelitian Departemen : Protokol Komunikasi Pembangkitan Lokapasar Berbasis Geolokasi Dan Penambangan Data Untuk Mitigasi Penyebaran Covid-19, Dr.Eng. Darlis Herumurti, S.Kom., M.Kom.
  3. Penelitian Disertasi Doktor : Sistem Cerdas Pengambilan Keputusan Untuk Menentukan Jawaban Dari Soal Teks Pada Aplikasi Permainan Edukatif Menggunakan Pendekatan Metode Pembelajaran Pengalaman Manusia Dan Pemrosesan Bahasa Alami, Dr.Eng. Darlis Herumurti, S.Kom., M.Kom.
  4. Penelitian Kajian Kebijakan : Pengembangan Sininja: Sistem Monitoring Kinerja Organisasi Dan Pejabat Di Lingkungan Its Untuk Pengelolaan Dan Pengendalian Program Berbasis Business Intelligence, Dr.Eng. Darlis Herumurti, S.Kom., M.Kom.
  5. Penelitian Kajian Kebijakan : Sistem Informasi Pengarsipan Dokumen Pelaporan Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Di DRPM ITS, Imam Kuswardayan, S.Kom., M.T.
  1. Penelitian Departemen : Pengaruh Sudut Pandang Pada Pengalaman Realitas Virtual: Pandangan Tertambat Vs. Pandangan Orang-Pertama, Hadziq Fabroyir, S.Kom., Ph.D.
  2. Penelitian Disertasi Doktor : Sistem Cerdas Pengambilan Keputusan Untuk Menentukan Jawaban Dari Soal Teks Pada Aplikasi Permainan Edukatif Menggunakan Pendekatan Metode Pembelajaran Pengalaman Manusia Dan Pemrosesan Bahasa Alami, Dr.Eng. Darlis Herumurti, S.Kom., M.Kom.
  3. Penelitian Kajian Kebijakan : Pengembangan Sistem Informasi Pendataan Untuk Penunjang Penelitian Di LPPM ITS, Imam Kuswardayan, S.Kom., M.T.
  4. Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi : Pendayagunaan Teknologi Virtual Reality, Augmented Reality Dan Game Untuk Menunjang Bidang Pendidikan Dan Terapi Phobia, Dr.Eng. Darlis Herumurti, S.Kom., M.Kom.
  1. Penelitian Pemula : Pembuatan Sistem Penerjemah Bahasa Isyarat Bahasa Indonesia Untuk Alat Bantu Komunikasi Bagi Tuna Rungu Menggunakan Deep Learning., Wijayanti Nurul Khotimah, S.Kom., M.Sc
  2. Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi : Pendayagunaan Teknologi Virtual Reality, Augmented Reality Dan Game Untuk Menunjang Bidang Pendidikan Dan Terapi Phobia, Dr.Eng. Darlis Herumurti, S.Kom., M.Kom.
  1. Penelitian Laboratorium : Perancangan La_Text : “Halal Text” Sebagai Inovasi Pengenalan Produk Halal Berdasarkan Masukan Teks Nama Melalui Kamera Perangkat Pintar Android Menggunakan Teknologi Optical Character Recognition (Ocr), Anny Yuniarti, S.Kom, M.Comp.Sc.
  2. Penelitian Pemula : Integrasi Fitur Statis Dan Fitur Dinamis Untuk Pembuatan Sistem Penerjemah Bahasa Isyarat Bahasa Indonesia Untuk Alat Bantu Komunikasi Bagi Tuna Rungu, Wijayanti Nurul Khotimah, S.Kom., M.Sc
  3. Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi : Pendayagunaan Teknologi Virtual Reality, Augmented Reality Dan Game Untuk Menunjang Bidang Pendidikan Dan Terapi Phobia, Dr.Eng. Darlis Herumurti, S.Kom., M.Kom.
  1. Penelitian jurusan its tahun 2016: perencanaan dan pembuatan game pertemanan multipemain \”simaba\” untuk mahasiswa baru
  2. Penelitian jurusan its tahun 2016: aplikasi pemetaan tingkat kemiskinan masyarakat berbasis perangkat bergerak
  3. Penelitian pemula its tahun 2016: sistem pengenalan dan penerjemah bahasa isyaratistilah bahasa indonesiauntuk alat bantu komunikasituna rungu dan tuna daksa menggunakan teknologi kinect dan algoritma rule-based neural network
  4. Penelitian pemula its tahun 2016: pengembangan game terapi phobia serangga menggunakan teknologi augmented reality pada device android
  5. Penelitian lab based education tahun 2016: peringkasan multi dokumen berita berbahasa indonesia berdasarkan trending issue data twitter dengan deteksi kejadian non trivial sebagai pemilihan kata kunci
  6. Penelitian kajian kebijakan its tahun 2016: usulan kebijakan teknologi informasi sebagai payung untuk mewujudkan its in one-hand dalam lingkungan smart campus
  7. Penelitian kerjasama konsorsium internasional (asea-uninet/aic) its tahun 2016: urban water management model in achieving water sensitive city (case study: surabaya)
  8. Penelitian unggulan perguruan tinggi tahun 2016: perangkat lunak untuk klasifikasi motif kain tradisional indonesia
  1. Penelitian unggulan perguruan tinggi tahun 2015: perangkat lunak untuk klasifikasi motif kain tradisional indonesia
  2. Penelitian kerjasama internasional tahun 2015: early detection application of bone fractures using image analysis of dental panoramic radiographs
  3. Penelitian lab based education tahun 2015: peringkasan multi dokumen berita berbahasa indonesia berdasarkan trending issue data twitter dengan deteksi kejadian non trivial sebagai pemilihan kata kunci
  4. Insentif riset sinas tahun 2015: pengembangan sistem klasifikasi otomatis ikan tuna
  5. Penelitian pemula its tahun 2015: pengembangan sistem penerjemah otomatis bahasa isyarat untuk penderita tuna rungu
  6. Kerjasama luar negeri dan publikasi internasional tahun 2015: predicting survival of cervical cancer based on support vector machine and bayesian survival analysis

Publikasi

DOSEN SCOPUS GOOGLE SCHOLAR SINTA
1. Imam Kuswardayan, S.Kom., MT. detail detail detail
2. Dr. Eng. Darlis Herumurti, S.Kom., M.Kom detail detail detail
3. Dr. Anny Yuniarti, S.Kom., M.Comp.Sc. detail detail detail
4. Wijayanti Nurul Khotimah, S.Kom., M.Sc. Ph.D. detail detail detail
5. Hadziq Fabroyir, S.Kom., Ph.D. detail detail detail
6. Siska Arifiani, S.Kom., M.Kom. detail detail detail

Tugas Akhir

  1. Aplikasi Augmented Reality Berbasis Web Untuk Navigasi Tempat Makan Halal
  2. Desain Antarmuka Dan Pengalaman Pengguna Website Dsa Indonesia Dengan Pendekatan User Centered Design
  3. Desain Dan Evaluasi Antarmuka Dan Pengalaman Pengguna Aplikasi Mobile Icar Its
  4. Desain Dan Evaluasi Antarmuka Dan Pengalaman Pengguna Aplikasi Web Responsif Myits Lost&Found Menggunakan Metodologi User-Centered Design
  5. Desain Dan Implementasi Aplikasi Web Myits Housing Menggunakan Next.Js, Mapbox Gl Js, Dan Ar.Js
  6. Desain Front-End Siar Halal Menggunakan Kerangka Kerja Next.Js Dan Octalysis
  7. Desain Gamifikasi Pada Myits Thesis Dan Prototipe Antarmuka Penggunanya
  8. Eksplorasi Game Engine Playcanvas Untuk Pengembangan Game 3D Action Roguelike
  9. Firetual: Simulasi Keselamatan Bencana Kebakaran Di Kampus Menggunakan Teknologi Virtual Reality
  10. Implementasi Front-End Pada Aplikasi Web Aplicares Bpjs Menggunakan Framework Next.Js
  11. Pendekatan Design Thinking Terhadap Rancangan Game Mobile Andorid Untuk Edukasi Huruf Hijaiyah Anak
  12. Penerapan Metode Lean Ux Dalam Pengembangan Antarmuka Aplikasi Pemantauan Emisi Kapal
  13. Pengembangan Antarmuka Aplikasi Chatbot Tanya.In Menggunakan Pendekatan User-Centered Design
  14. Pengembangan Antarmuka Aplikasi Web Teratai Pada Modul Point Of Sale Toko Bahan Baku Halal Dengan Framework Double Diamond (Studi Kasus: Its Mart)
  15. Pengembangan Aplikasi Realitas Virtual Untuk Perencanaan Bedah Rahang
  16. Pengembangan Aplikasi Web 3D Untuk Profil Lab Menggunakan React Three Fiber
  17. Pengembangan Aplikasi Web Realitas Berimbuh Untuk Navigasi Ruangan Dan Tempat Di Lingkungan Its
  18. Pengembangan Framework Artificial Intelligence Untuk Game Platformer
  19. Pengembangan Game Simulasi 3D Pembelajaran Rambu Lalu Lintas Dengan Unity Game Engine
  20. Pengembangan Gim Edukasi Pembelajaran Iqra Berbasis Quis Rpg Dengan Construct 3
  21. Pengembangan Gim Role-Playing Matematika Berbasis Giliran Yang Edukatif
  22. Pengembangan Skenario Kebakaran Pada Aplikasi Realitas Virtual Simulasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Dan Kewaspadaan Masyarakat Ketika Terjadi Kebakaran
  23. Pengembangan Trading Card Game Cerita Rakyat Berbasis Augmented Reality
  24. Perancangan Dan Implementasi Algoritma Raycasting Pada Game Labirin Pseudo – 3D
  25. Perancangan Dan Implementasi Game Kuis Multiplayer “Triviatick” Menggunakan Construct 2 Dan Photon Engine
  26. Perancangan Role Playing Game Untuk Pembelajaran Sunan Kalijaga
  27. Rancang Bangun Aplikasi Permainan Occupant Dengan Implementasi Behavior Tree Pada Npc
  28. Rancang Bangun Game Eksplorasi Kuliner Tradisional Indonesia
  29. Rancang Bangun Modul Surga Kuliner Sebagai Pendukung Gamifikasi Pada Sistem Informasi Augmented Reality
  30. Rendering Dinamis Dan Interaksi Pengguna Untuk Visualisasi Data Deret Waktu Di Realitas X
  31. Sistem Rekomedasi Warna Untuk Keterbacaan Teks Pada Poster Menggunakan Rasio Kontras Warna Dan Large Language Model Prompting

Pengabdian Masyarakat

  1. Abmas Dana Departemen : Pengembangan Sistem Standarisasi Harga Pasar pada Produk-Produk Herbal untuk Mendukung Pemasaran Produk Secara Online, Imam Kuswardayan, S.Kom., M.T.
  2. Abmas Dana Departemen : Pendayagunaan Realitas Virtual untuk Konseling Karir Siswa MAN Insan Cendekia Pasuruan, Hadziq Fabroyir S.Kom., Ph.D
  1. Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Zabihah dan DNA Babi pada Makanan Berbasis VR di SMA Trimurti Surabaya, Hadziq Fabroyir, S.Kom., Ph.D.
  2. Sosialisasi Pemanfaatan Teknologi Aplikasi Family Link untuk Pembatasan Konten Anak pada Perangkat Android, Imam Kuswardayan, S.Kom., M.T
  1. Teknologi Pengawas Sekitar dengan Kamera Cerdas Sebagai Upaya Pengamanan Daerah Kampung Tambak Medokan Ayu Gg. V Hadziq Fabroyir, S.Kom., Ph.D.
  1. Pembuatan Portable COVID-19 Sterilization Box berbasis Internet of Things untuk Warga RT05 RW09 Kelurahan Bendul Merisi, Imam Kuswardayan, S.Kom., M.T
  2. Peningkatan Daya Saing Pendidik di Era Digital melalui Pelatihan Teknologi Multimedia dan Game untuk Bahan Pembelajaran di SMK Negeri 10 Surabaya, Imam Kuswardayan, S.Kom., M.T
  1. Ekspansi Pemasaran dan Pembuatan Sistem Manajemen Keuangan pada UMKM Makanan Ringan Berbasis Teknologi Informasi Dr.Eng. Darlis Herumurti, S.Kom.,M.Kom.
  1. Pengenalan dan Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Peningkatan Kemampuan Wirausaha dan Pengembangan Aplikasi Game bagi Siswa SMKN 1 Surabaya, Imam Kuswardayan, S.Kom., M.T
  2. Pemberdayaan Masyarakat dalam Menggunakan Teknologi Digital untuk Meningkatkan Pemasaran dan Nilai Jual Produk pada BUMDesa Bersama di Kec. Sumbergempol, Tulungagung, Wijayanti Nurul Khotimah, S.Kom., M.Sc.
  1. Pemanfaatan perdagangan elektronik (e-commerce) untuk ibu-ibu pkk perumahan rewwin kelurahan kepuh kiriman kecamatan waru sidoarjo
    Pelatihan keahlian terapan bidang komputer bagi warga kurang mampu di surabaya
  2. Pengabdian kepada masyarakat dengan judul pengabdian pembuatansistem ujian online Pemanfaatan perdagangan elektronik (e-commerce) untuk pengurus karang taruna perumahan rewwin kelurahan kepuh kiriman kecamatan waru sidoarjo
  3. Pengabdian kepada masyarakat dengan judul pengabdian pemeliharaan sistem penerimaan peserta didik baru, tenaga ahli ppdb tahun 2016
  1. Pengabdian kepada masyarakat dalam kegiatan commtech camp insight 2016 dengan tema emerging it for society,course c
    Pembuatan aplikasi sistem informasi eksekutif
  2. Kerjasama pengembangan teknologi informasi dan komunikasi, pengembangan system informasi penanaman modal
  1. Pengabdian kepada masyarakat its tahun 2015: pengembangan kapasitas pengelola bidang informatika dan komputer dalam penyusunan kurikulum berdasarkan kerangka kualifikasi nasional indonesia (KKNI)
  2. Pengabdian kepada masyarakat its tahun 2015: pengembangan aplikasi portal bagi usaha mikro batu akik dan pusaka asli indonesia untuk memasuki pasar internasional
  3. Penyelenggaraan penerimaan peserta didik baru (jasa konsultasi/pendampingan berupa pengolahan data psb on line tahun 2015)
  4. Pengabdian kepada masyarakat its tahun 2015: diseminasi pengetahuan tentang gizi balita dan pelatihan penggunaan aplikasi kms kepada kader dan orang tua peserta posyandu di daerah surabaya timur
  5. Pengabdian kepada masyarakat its tahun 2015: workshop pembuatan game interaktif sebagai bekal wirausaha industri kreatif bagi anak panti asuhan ibnu sina surabaya
  6. Pengabdian kepada masyarakat its tahun 2015: peningkatan kompetensi guru paud dalam menyediakan modul pembelajaran interaktif di ppt umi qolbu rusun penjaringan surabaya
  7. Penyelenggaraan penerimaan peserta didik baru (jasa konsultasi/pendampingan berupa pengolahan data psb on line tahun 2015)

Buku Laboratorium

No ISBN Tahun Terbit Judul Buku Penerbit Kota Penulis
2015 Technopreneurship Wijayanti Nurul Khotimah, S.Kom., M.Sc.

Dosen Anggota Laboratorium Grafika, Interaksi dan Game