Workshop dan Lomba Kreasi Kerajinan Keramik.

27 Agustus 2024
Redaktur: Yaritsa Husni Sabiela
Penulis: Muhammad Rasky Alfitra
Editor: Byanca Putri Anjar

Memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia, Dosen dan Mahasiswa Desain Interior ITS Selenggarakan Workshop dan Lomba Kreasi Kerajinan Keramik.

Semangat dalam memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia, Dosen Lab. Estetika Interior beserta Mahasiswa departemen Desain Interior ITS menyalurkan ide dan kreativitasnya melalui workshop dan lomba kreasi kerajinan keramik. Projek ini merupakan bagian dari program pengabdian masyarakat (abmas) yang diselenggarakan oleh Laboratorium Estetika Interior, Departemen Desain Interior ITS.

Diselenggarakan pada 3 Agustus 2024, pengabdian masyarakat ini menjadi sebuah tapakan bagi dosen, mahasiswa, dan masyarakat setempat untuk menyambut datangnya hari kemerdekaan. Pengabdian masyarakat yang berkonsepkan workshop keramik dan perlombaan kreasi kerajinan keramik ini, telah membawakan sebuah inovasi mengenai pelestarian kerajinan keramik dan pemberdayaan manusia dengan memberi pembelajaran mengenai kerajinan keramik tersebut.

Abmas yang telah dirancang sejak awal juli 2024, merupakan sebuah ideasi dari Ketua Lab. sekaligus dosen laboratorium Estetika Interior, yaitu Aria Weny Anggraita, S.T., M.MT., beserta rekannya Ir. Nanik Rachmaniyah, M.T. dan Onna Anieqo Tanadda, S.Ds., M.Ds. Abmas ini memiliki judul “Workshop dan Lomba Kreasi Keramik Semarak Hari Kemerdekaan” .Kerajinan keramik sendiri merupakan salah satu keahlian dan keterampilan dasar yang menjadi karakteristik Lab. Estetika Interior di Desain Interior ITS. Pembuatan kerajinan keramik merupakan salah satu praktik mata kuliah Desain Aksesoris, yang dimana mahasiswa akan melakukan praktik membuat kerajinan keramik berupa vas ataupun hal serupa.

Pengimplementasian kurikulum pada abmas ini memiliki tujuan untuk memperkenalkan kerajinan keramik dan proses pembuatannya kepada masyarakat. Abmas yang telah dilaksanakan di Perumahan Jalan Semolowaru RT 3 RW 4, turut melibatkan kontribusi mahasiswa Desain Interior ITS sebagai tim pelaksana abmas, adapun anggotanya; Vina Santhica, Nur Maulidiyah Rohmatu S. dan Rafly Bahy Shafwan. Abmas ini juga ditargetkan untuk warga lingkungan sekitar, lebih tepatnya para ibu rumah tangga Perumahan Jalan Semolowaru RT 3 RW 4. Workshop dan perlombaan ini dilaksanakan di salah satu rumah dosen Lab. Estetika Interior, Ir. Nanik Rachmaniyah, M.T.

Workshop kerajinan keramik tersebut berisikan pengenalan, pembekalan materi mengenai dasar kerajinan keramik dan penjelasan prosedur pembuatan kerajinan keramik. Kemudian, disusul dengan praktik langsung yang dikemas sebagai sebuah lomba yang diikutsertakan oleh para Ibu rumah tangga Perumahan Jalan Semolowaru RT 3 RW 4.

Harapannya, workshop dan lomba kerajinan keramik ini dapat menjadi sebuah perantara sosialisasi bagi civitas akademik Desain Interior ITS kepada masyarakat akan pentingnya pelestarian dan keberlanjutan kerajinan keramik. Selain itu, diharapkan abmas ini dapat membantu peningkatan kreativitas masyarakat dalam menghasilkan karya lokal yang berpotensi meningkatkan adanya usaha-usaha kecil atau UMKM, sebagai sumber penghasilan yang dapat membantu mensejahterakan masyarakat.

Pengabdian ini juga membantu dosen dalam memahami dampak sosial dari ilmu kerajinan keramik pada masyarakat dan turut menjadi pengalaman tersendiri bagi mahasiswa yang berpartisipasi. Pengembangan ilmu mengenai manajemen proyek acara hingga ideasi konsep workshop, juga mampu membawa mahasiswa desain interior ITS untuk lebih aktif. Dosen dan mahasiswa juga dapat membantu dalam memecahkan permasalahan di lingkungan sekitar, serta berkontribusi pada pelestarian budaya Indonesia yang telah ada, untuk ikut turut serta menyalakan semangat menjelang hari Kemerdekaan Indonesia.

Ketua Pengabdian Masyarakat: Aria Weny Anggraita, S.T., M.MT.
Anggota Dosen: Ir. Nanik Rachmaniyah, M.T. dan Onna Anieqo Tanadda, S.Ds., M.Ds.
Anggota Mahasiswa: Vina Santhica, Nur Maulidiyah Rohmatu S. dan Rafly Bahy Shafwan.

Laboratorium: Lab. Estetika Interior

Post Views: 35
Scan the code