News

ITS membangun Kerjasama dengan Dinas Penelitian dan Pengembangan (Dislitbang) TNI Tiga Matra

Kam, 08 Agu 2024
4:47 am
Diskusi Mitra
Share :
Oleh : adminiottp   |

Penelitian  pengembangan produk inovasi, kebijakan dan konsultasi teknis antara peneliti ITS diberbagai bidang telah banyak dilakukan dalam beberapa tahun terakhir. Keberadaan Nota Kesepahaman antara Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) no 11/X/NK/2023 atau NK/22/X/TNI tentang sinergitas bidang Pendidikan, Kebudayaan, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi menjadi payung besar yang menjadi dasar ITS untuk membangun Kerjasama riset dengan lebih intensif. Nota kesepahaman ini ditandatangani pada hari jumat, duapuluh tujuh Oktober dua ribu dua puluh tiga di Jakarta. Nota ini disepakati oleh mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim dan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, SE, MM. Untuk menindaklanjuti berbagai kerjasama ini  tim Puslit Internet of Things dan Teknologi Pertahanan (IoTTP) Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS melakukan kunjungan ke Dislitbang TNI tiga matra.

Kerjasama Penelitian dengan Dislitbang TNI AD

Pada Jumat, 12 Juli 2024. Dr. Eng Dhany Arifianto dan Dr. Widyastuti dari Puslit IoTTP DRPM ITS melakukan kunjungan ke Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD (Dislitbang TNI AD). Perwakilan ini diterima bapak Kadis Brigjen TNI Hery Setiyono, S.Sos., M.M. Pada pertemuan ini disampaikan gambaran umum tentang sejarah, tugas dan fungsi, struktur dan produk inovasi yang dihasilkan dari Dislitbang TNI AD.  Beberapa contoh produk litbang seperti  rifle perimeter management system, anti drone berbasis GEM dan weapon locating radar juga dijelaskan.

Selanjutnya paparan disampaikan oleh kapuslit IoTTP Dr. Eng Dhany Arifianto tentang struktur organisasi di ITS berkaitan dengan Kerjasama, Inovasi dan Kealumnian.  Beberapa produk inovasi dibawah DRPM maupun peneliti dibawah puslit IoTTP seperti produk Anomaly-based NIDS (ANIDS) dan Drone Timeline Forensic Timeline Analysis for secure Drones command and control untuk aplikasi cyber security. Berbagai wahana nirawak seperti i-Boat, i-Car, i-Bus untuk tranportasi. Berbagai produk teknologi kesehatan seperti Smart e-Health for Brain Disorder diagsosis based on MRI Image, i-Chol; i-Gluco, i-Heart, dan lain-lain. Acara ini dilanjutkan dengan diskusi dan komitmen bersama untuk penelitian lebih lanjut antara Dislitbang TNI AD dan ITS.

ITS Menindaklanjuti Kerjasama Penelitian dengan Dislitbang TNI AL

Hari-hari terakhir di bulan Maret yang juga masuk dalam bulan Ramadhan, tidak menyurutkan semangat tim ITS untuk menindaklanjuti kerjasama penelitian. Kamis, 28 Maret 2024. Kapuslit Internet of Thing dan Teknologi Pertahanan (IoTTP) DRPM ITS Dr. Eng Dhany Arifianto dan Wakapuslit Dr. Widyastuti, melakukan kunjungan ke Dislitbang TNI Angkatan Laut di JL RS Fatmawati no 1  Pondok Labu Jakarta Selatan.  Kegiatan ini bertujuan dalam rangka membuka menindaklanjuti kerjasama antara ITS dengan Dislitbang TNI AL. Tim ITS ini ditemui oleh Sekretaris dinas Dislitbangal Sekdislitbangal Kolonel laut ( E ) Sigit  Winarko .S.T. CHRMP. dan  Kabagum Letkol Mar  Suwanto .S.Pd.

Pada pertemuan itu disampaikan berbagai kerjasama beberapa tahun terakhir yang telah dilaksanakan antara ITS dengan berbagai laboratorium di bawah Dislitbangal seperti Labinlek, Labinkimat, Labinbair dan Labinsen. ITS banyak bekerja dibidang akustik bawah air dengan Labinlek ataupun pengembangan munisi dan peledak dengan Labinsen. Untuk rencana pengembangan penelitian lebih lanjut diharapkan dapat dipayungi dengan MoU antara ITS dengan Mabes TNI AL sehingga kerjasama dapat berlangsung lebih intensif.

Penjajakan Kerjasama Penelitian antara ITS dan Dislitang TNI AU

Kamis, 28 Maret 2024. Kapuslit Internet of Thing dan Teknologi P(IoTTP) DRPM ITS Dr. Eng Dhany Arifianto dan Wakapuslit Dr. Widyastuti, melakukan kunjungan kerja ke Dislitbang TNI Angkatan Udara di Bandung dalam rangka membuka kerjasama dengan ITS. Tim ITS ini ditemui oleh Kepala Dislitbangau dan tim yang lain. Pertemuan ini juga sekaligus menindaklanjuti kunjungan sebelumnya pada 24 Agustus 2023 lalu yang diterima oleh kadislitbang Marsekal Pertama Wahyu Hidayat Sudjatmiko. Saat itu tim ITS sekaligus melihat fasilitas penelitian di beberapa lab di dislitbang TNI AU dan melaksanakan diskusi.  Mekanisme Kerjasama ditindaklanjuti dengan payung hukum antara ITS dengan TNI AU atau antara ITS dan Panglima TNI yang dapat mencakup matra darat, laut dan udara.

Latest News

  • Seminar Internasional: International Conference on Sciences, Nano, and Healthcare Technology 2024

    Post Views: 0

    08 Agu 2024
  • ITS membangun Kerjasama dengan Dinas Penelitian dan Pengembangan (Dislitbang) TNI Tiga Matra

    Penelitian  pengembangan produk inovasi, kebijakan dan konsultasi teknis antara peneliti ITS diberbagai bidang telah banyak dilakukan dalam beberapa tahun

    08 Agu 2024
  • Kunjungan Tim Labinsen TNI AL ke Workshop Rekayasa Material dan Teknologi Pertahanan ITS

    Dalam rangka penguatan pertahanan wilayah laut RI, Laboratorium Induk Senjata (Labinsen) TNI AL mengadakan kunjungan langsung ke Workshop Rekayasa

    23 Mar 2023