ITS Press

Jelajahi Produk ITS Press !
21 Juni 2024, 15:06

Metode Penelitian Bidang Sains & Teknik

Oleh : itspress | | Source : -

Harga: Rp149.604

Penulis:
Aulia Siti Aisjah
Syamsul Arifin

223 halaman, 14,8 cm x 21 cm

ISBN: 978-623-318-220-1

Sinopsis:
Buku dengan judul “Metode penelitian bidang sains dan teknik” diperuntukkan bagi mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah atau melaksanakan tugas akhir, tesis, dan disertasi. Buku ini tidak terbatas bagi bidang ilmu apapun, tetapi contoh-contoh di dalam buku dikhususkan untuk mahasiswa Teknik dan Sains. Buku ini disusun atas dasar pengalaman dari penulis, selama mengampu mata kuliah metode penelitian untuk program Sarjana, Master dan Doktor.
Awal dari buku ini pada Bab 1 Pendahuluan, dibahas tentang definisi riset, dan dikaitkan dengan kemampuan yang harus dimiliki oleh lulusan Sarjana, Magister dan Doktor di Indonesia. Selanjutnya dibahas tentang definisi sains dna definisi tekik.
Untuk menggugah pembaca bahwa “literas” adalah modal awal bagi seorang peneliti, maka di bab 2 dijelaskan manfaat dari tinjauan pustaka, dan hal ini dapat menyebabkan seorang peneliti dapat menunjukkan originalitas penelitian nya ataupun novelty yang dapat disandangnya. Originalitas dan novelty akan dapat diperoleh bila seorang peneliti tahu memposisikan dirinya di dalam himpunan pengetahuan yang sifatnya mono atau multidisiplin, bahkan interdisiplin, untuk itu di Bab 3 dibahas sedikit tentang himpunan/keluarga pengetahuan, dan dengan kita menyadari berada di dalam keluarga pengetahuan tertentu, kita bisa melakukan suatu perubahan/pengembangan pengetahuan dengan tetap berlandaskan pada landasan pengembangan ilmu.
Sebagai suatu dasar di dalam aplikasi keilmuan, seorang peneliti atau perancang bidang teknik akan sangat dipengaruhi oleh perubahan yang sangat cepat di industri, maka disini Penulis menambahkan informasi mengenai revolusi industri yang telah terjadi, yaitu revolusi industri 1.0 sd 4.0, dan apa ciri-ciri nya. Tidak lupa Penulis memasukkan peran Artificial Intelligence (AI) yang merambah ke dalam kehidupan kita, dan tentu saja untuk mahasiswa, apakah ini menjadi handicap ataukah justru Ai menjadi teman dan guru kita.
Tidak lupa penulis juga memberikan beberapa metode penelitian yang digunakan di dalam bidan sains dan teknik, serta tahapan penelitian.
Hasil dari proses pelaksanaan penelitian dapat kita tuangkan dalam bentuk karya ilmiah, dan di dalam buku ini ada tips bagaimana menyusun karya ilmiah dari hasil penelitian. Pada dua bab terakhir penulis menyguhkan bagaimana seorang peneliti menuangkan ke dalam suatu laporan penelitian, dan ini diberikan dua standar yang mewakili beberapa standar dalam penulisan karya ilmiah, yaitu standar APA dan standar IEEE.

Berita Terkait