Direktorat Kemahasiswaan

Ditmawa
11 Mei 2023, 18:05

Musabaqah Tilawatil Qur’an ITS 2023: Harapan Baru dalam Membumikan Al Qur’an di Ibu Luhur ITS

Oleh : itskemahasiswaan | | Source : -

Proses Penyeleksian Babak Grand Final

SURABAYA, DITMAWA – Minggu, 7 Mei 2023 Grand Final Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ITS 2023 telah usai diselenggarakan.

Dimulai sejak jam 8 pagi (WIB), Masjid Manarul Ilmi ITS sudah dipadati para mahasiswa yang berhasil lolos dari tahapan penyisihan.

Adapun kategori yang dilombakan yaitu Musabaqah Syarhil Qur’an (MSQ), Debat Ilmiah Kandungan Al-Quran dalam Bahasa Inggris (DII), Karya Tulis Ilmiah Al Quran (KTIA), Desain Aplikasi Qur’an (DAQ), Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ) 5-10-30 Juz, Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), dan Musabaqah Tartilil Qur’an (MTarQ) Putra/Putri.

Proses Penyeleksian Babak Grand Final

Pada pelaksanaannya tidak seluruh cabang lomba diselenggarakan secara offline, seperti penuturan Muhamad Syaiful Huda selaku Ketua Pelaksana MTQ ITS 2023

“Karena keterbatasan sumber daya, penyelenggaraan penyisihan kita buat secara offline dan online.

Beberapa cabang yang memerlukan penilaian secara langsung seperti MTQ dan MTarQ kita adakan secara offline, sedangkan cabang lainnya seperti MHQ, KTIA dan DAQ kita adakan secara online.

Barulah ketika grand final seluruh cabang kita adakan secara offline di Masjid Manarul Ilmi ITS.

Di luar adanya kendala, sebenarnya beberapa cabang memang sejatinya tidak memerlukan penilaian tatap muka secara langsung, contohnya saja untuk desain aplikasi dan karya tulis.

Sedangkan dikarenakan adanya perubahan aturan, dimana pada cabang lomba MSQ diberlakukan sistem tim, perlu dilakukan penilaian keharmonisan.

Keharmonisan ini kita lihat dari bagaimana individu tersebut menyampaikan bacaan isi kandungan, puitisasi dan dalil-dalil Al Qur’an yang menjadi satu-kesatuan pada penampilan.”

Proses Penyeleksian Babak Grand Final

Jauh sebelum pelaksanaan grand final, tepatnya pada 13 Maret 2023 masa pendaftaran telah dimulai. Hingga akhirnya ditutup pada 7 April 2023, peserta yang terdaftar berjumlah 63 mahasiswa perorangan dan 22 tim yang terdiri dari 1 hingga 3 mahasiswa.

Menurut Syaiful peserta tahun ini jauh lebih beragam dibandingkan tahun sebelumnya

“Tahun ini hampir seluruh fakultas, khususnya jurusan memiliki perwakilan yang terdaftar sebagai peserta MTQ ITS 2023.

Hal ini didukung dengan adanya inovasi dari teman-teman panitia untuk melaksanakan roadshow ke setiap fakultas.

Dengan adanya roadshow ini, kami ingin menggaet sebanyak-banyaknya peserta untuk mendapatkan juara dengan kualitas terbaik.

Selain itu, roadshow ini dilakukan untuk memperkuat branding MTQ ITS sebagai kegiatan seleksi untuk mereka-mereka yang punya target untuk berlomba di tingkat Nasional.”

Para Juara MTQ ITS 2023

Diakhir wawancara, syaiful menyampaikan apresiasi pada seluruh panitia yang terlibat khususnya, teman-teman dari ITS Society for Quranic Studies (IQS) yang berperan aktif hingga akhirnya kegiatan MTQ ITS 2023 berjalan dengan lancar tanpa hambatan yang berarti.

“Saya juga ucapkan selamat kepada seluruh finalis yang berhasil membawa gelar juara. Besar harapan kami dengan dukungan penuh dari Keluarga Mahasiswa (KM) dan Birokrasi ITS, prestasi teman-teman tidak berakhir hanya pada gelar juara di Institusi saja.

Tetapi juga bisa membawa nama baik sebagai kontingen/kafilah ITS di MTQ Mahasiswa tingkat Nasional.”

Berita Terkait