Direktorat Kemahasiswaan

Ditmawa
30 Juni 2023, 22:06

Berprestasi! Kontingen ITS Berhasil Bawa Pulang Medali Emas Bidang Fisika Pada Ajang ONMIPA-PT 2023

Oleh : itskemahasiswaan | | Source : -

Izzudin Ali Yafi Peraih Medali Emas Fisika

SURABAYA, DITMAWA – Sabtu, 17 Juni 2023 Kontingen ITS berhasil membawa pulang 3 medali pada ajang ONMIPA-PT (Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) 2023.

Mahasiswa berprestasi ini diantaranya adalah Izzudin Ali Yafi dan Zamrori Sudi Maulana selaku peraih medali emas dan perak pada bidang Fisika.

Tidak ketinggalan juga peraih medali perunggu pada bidang Kimia, yaitu Andhika Fathurrohma.

Pada sebuah kesempatan, Andhika yang merupakan mahasiswa dari departemen Teknik Kimia 2022 ini menyampaikan pengalaman serta proses persiapan yang dilaluinya selama periode penyeleksian berlangsung,

“Kegiatan ONMIPA Nasional kali ini diadakan di Institut Teknologi Bandung (ITB), kental sekali dengan suasana kompetisi. Meski demikian, kami (kontingen ITS) tentunya tidak datang dengan tangan kosong.

Sejak Maret 2023, ITS telah melakukan proses penyeleksian di tingkat institusi untuk menjaring mahasiswa yang nantinya akan mewakili ITS baik di tingkat wilayah dan nasional.”

 

Andhika Fathurrohma Peraih Medali Perunggu Kimia

Andhika memaparkan proses bimbingan juga diadakan untuk mendukung mahasiswa yang terlibat di ONMIPA.

Pada bidang Kimia sendiri, Andhika mengakui pembinaan terbagi menjadi beberapa pertemuan yang disesuaikan dengan sub-bab materi.

Meski terbilang mepet, Andhika juga banyak mengejar materi secara mandiri. Terlebih soal dan materi yang dilombakan bukan merupakan pelajaran yang biasa Andhika dapatkan di bangku perkuliahan.

Menjalani pembinaan yang serupa, Izzudin, Mahasiswa Departemen Fisika 2021 ini juga mengaku memfokuskan diri dalam penuntasan materi yang nantinya akan dilombakan.

“Bagi saya penting untuk terlebih dahulu menuntaskan materi. Setelah proses tersebut selesai, barulah perbanyak latihan-latihan soal.”, terang Izzudin.

Tidak mengherankan apabila tahun ini, Izzudin berhasil memperoleh emas setelah tahun sebelumnya berpuas diri dengan medali perunggu.

Pencapaian ini juga merupakan peraihan emas pertama ITS, sejak tahun 2013 pada bidang Fisika ONMIPA-PT.

Zamrori Sudi Maulana Peraih Medali Perak Fisika

Bapak Dr. rer. Nat. Bintoro Anang Subagyo, S.Si., M.Si. selaku koordinator kegiatan ONMIPA-2023 ITS menjelaskan berbagai persiapan yang dimulai dari seleksi di Tingkat ITS,

“Setiap bidangnya kita ambil 5 orang, sehingga diakhir seleksi tingkat institusi terdapat 20 mahasiswa terpilih yang selanjutnya akan mengikuti proses bimbingan.

Sedangkan pada tingkat wilayah, kita berhasil meloloskan 11 mahasiswa. Sebelas mahasiswa ini diantaranya adalah 5 di bidang Fisika, 3 Matematika, 2 Kimia, dan 1 mahasiswa di bidang Biologi.”

Menurut keterangan Bapak Bintoro, dikarenakan keterlambatan datangnya informasi, banyak persiapan yang harus dilakukan dalam waktu singkat. Hal ini juga berdampak pada banyaknya pembinaan yang bisa diberikan.

“Waktu singkat ini tetap kami manfaatkan sebaik mungkin, dan tentunya mahasiswa juga banyak melakukan pembelajaran meski secara mandiri.”, terang beliau.

Pada proses evaluasi, Bapak Bintoro, juga Izzudin berharap kedepannya hadir sebuah klub atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang menampung kegiatan bimbingan khusus untuk mahasiswa yang memiliki fokus untuk mengikuti perlombaan akademik, khususnya ONMIPA.

Menurut Izzudin, klub sejenis ini dapat mengatasi gap pengetahuan yang harus dikejar mahasiswa untuk siap dalam menghadapi sebuah seleksi.

Terakhir Bapak Bintoro menyikapi adanya pembatasan dalam pendanaan, tentu berdampak pada banyaknya pembinaan yang dapat diberikan juga akomodasi mahasiswa selama perlombaan berlangsung.

Namun beliau mengakui adanya keterbatasan ini tidak serta-merta membatasi raihan prestasi mahasiswa.

Kedepannya beliau berharap untuk selalu dapat memberikan fasilitas pelayanan sebaik mungkin bagi mahasiswa, utamanya dalam proses pembinaan untuk membantu mahasiswa ITS meraih prestasi.

Berita Terkait