Direktorat Kemahasiswaan

Ditmawa
09 Oktober 2023, 23:10

Mengulik Keberhasilan ITS Menjuarai Kompetisi Gemastik Tiga Tahun Berturut-Turut

Oleh : itskemahasiswaan | | Source : -

Foto Bersama Kontingen ITS

SURABAYA, DITMAWA –  Jumat, 15 September 2023 bertempat di Universitas Brawijaya, Malang, Kontingen ITS kembali mengukir prestasi gemilang pada Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) XVI tahun 2023.

Dengan peraihan 1 medali emas, 4 perak, 1 perunggu, dan 1 juara harapan, ITS berhasil mempertahankan gelar juara umum atas Piala Samyakbya Padhesa Widya untuk ketiga kali-nya.

Ketua tim Kawal Gemastik ITS 2023, Ibu Siska Arifiani S.Kom, M.Kom memaparkan enam medali ini berhasil diraih dari empat divisi yang berbeda, yakni Kota Cerdas, Animasi, Pengembangan Perangkat Lunak, dan Piranti Cerdas, Sistem Benam dan IoT.

Lebih lanjut Ibu Siska menuturkan

“Kemenangan ini merupakan hasil kerja keras seluruh tim juga dukungan dari banyak pihak terlibat. Sejak timeline Gemastik diberikan, kami segera mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan. Termasuk diantaranya, tahun ini kami terlebih dahulu mengadakan seleksi internal untuk mendapatkan 10 tim terbaik dari setiap divisi“

Ibu Siska (Tengah) bersama Tim Kawal Gemastik

Melalui semboyan “ITS Bergerak Bersama untuk Juara Umum Gemastik XVI“, Tim kawal dikomando oleh Bu Siska memulai kegiatan persiapan gemastik dengan kegiatan workshop, dimana mahasiswa ITS dapat melakukan brainstorming.

Setelah pelaksanaan seleksi internal dan pengumuman finalis, 17 tim yang berhasil lolos ke babak final menjalani proses drawing up dan kick off .

“Kegiatan drawing up diadakan dua kali dengan fokus pada progress presentasi finalis, kebutuhan-kebutuhan properti/alat, dan keperluan konten lainnya. Kegiatan ini juga menjadi kesempatan dimana finalis dapat berlatih atau simulasi proses tanya jawab dengan bantuan dosen pendamping dan pembimbing.

Sedangkan kick off sendiri kami selenggarakan dengan fokus kebutuhan administrasi, dan syarat-syarat dokumen yang perlu dibawa dalam kegiatan final Gemastik”, Terang Ibu Siska.

Diakhir Ibu siska menyampaikan

“Kemenangan ini merupakan bukti dedikasi ITS dalam riset pengembangan teknologi informasi dan komunikasi, kebermanfaatan dari teknologi terus digali demi kepentingan masyarakat. Sehingga tidak mengherankan, apabila dalam tahap persiapannya seluruh pihak birokrasi, Direktorat Kemahasiswaan, hingga Departemen-Departemen ITS dilibatkan.

Besar harapan kami, ITS dapat menorehkan lebih banyak prestasi, hingga akhirnya kembali mengemban gelar juara umum kembali pada tahun mendatang.”

Berita Terkait