Tujuan penilaian kinerja dosen oleh mahasiswa adalah untuk memberikan informasi kepada tenaga pengajar dalam mengambil keputusan yang tepat tentang peningkatan pengajaran dosen. Ini adalah proses yang positif dan harus digunakan untuk peningkatan pengembangan staf dan pembelajaran mahasiswa. Departemen Kimia ITS memiliki instrumen standar untuk mengumpulkan data dari mahasiswa tentang respon terhadap belajar mengajar. Instrumen ini terdiri dari dua topik utama, Evaluasi Mata Kuliah dan Evaluasi Dosen yang dipecah menjadi empat bagian (a) perencanaan dan persiapan, (b) Teknik Penyampaian, (c) Penilaian, dan, (d) Hubungan Mahasiswa-Dosen. Selain hanya rating, komentar tertulis juga diperhitungkan yang memberikan penjelasan lebih lanjut seperti standar, kualitas, persiapan guru, atau bahkan kepribadian. Hasilnya dikumpulkan dan dapat dilihat di bawah ini :
Survei evaluasi mata kuliah Sarjana Kimia (BoC) dan Magister Kimia (Kemenkes) dapat dijabarkan di bawah ini.
Tautan untuk survei evaluasi mata kuliah S1 ada di sini Tautan untuk survei evaluasi mata kuliah S2 ada di sini
Berdasarkan hasil survei, penyampaian materi mata kuliah oleh dosen telah berkinerja baik. Selain itu, departemen Kimia selalu melakukan perbaikan untuk meningkatkan hal ini. Untuk Semester I 2022/2023, telah dilakukan beberapa penyempurnaan diantaranya: mengirimkan dua dosen muda untuk mengikuti pelatihan pendidikan pada Agustus 2022, mengirimkan satu dosen muda untuk mengikuti pelatihan bahasa Inggris, dan memberikan forum group diskusi bagi seluruh dosen departemen kimia tentang penyusunan modul mata kuliah.