Pada tahun 1990-an, sebelum pembentukan lembaga khusus yang menangani penjaminan mutu, ITS mulai mengembangkan konsep dasar mengenai pentingnya menjaga dan meningkatkan kualitas pendidikan di kampus. Jaminan mutu pada waktu itu lebih bersifat informal, dengan upaya pengawasan dan peningkatan kualitas dilakukan secara sporadis dan tanpa adanya sistem yang terstruktur.
Pada masa ini, masih belum ada lembaga atau unit khusus yang berfokus pada penjaminan mutu secara menyeluruh. Sebagian besar usaha terkait dengan jaminan mutu ini dilakukan oleh unit-unit akademik yang ada, seperti fakultas dan program studi, meskipun mereka belum memiliki pedoman atau sistem yang baku.
Kantor Penjaminan Mutu ITS (KPM ITS) memiliki struktur yang lebih terorganisir dan berorientasi pada hasil. Beberapa perubahan dan peningkatan yang terjadi ketika LPMP2KI ITS berubah menjadi KPM ITS adalah:
Kantor Penjaminan Mutu (KPM) bertugas mengawasi dan mengendalikan mutu akademik dan non akademik secara berkelanjutan.
Sedangkan Fungsi KPM adalah :
Name
: Prof. Dr. Ir. Aulia Siti Aisjah, M.T.
Position
: Head of Quality Assurance Office
: Prof. Dr. Lailatul Qadariyah , S.T., M.T.
: Deputy of Quality Assurance for Research and Community Service Affairs
: Ira Mutiara Anjasmara, ST, M.Phil, Ph.D.
: Deputy of Quality Assurance for Student and Academic Affairs
: Fitri Nuraini Setiyowati, S.S.
: Head of QA Administration
: Adam Fahamzah, S.Kom.
: Staff of Learning Development and Education Quality Assurance & IT
: Lintang Dewayani Rahayuning Gusti
: Staff of Research Development and Society Services Quality Assurance
: Ika Yulia
: Staff of Financial Quality Assurance
: Isnainy Fitri
: Staff of General Administration
: Niko Dwi Prasetyo
: Staff of Quality Assurance Administration