News

Transisi ke Masa Perkuliahan, JMMI ITS ajak Mahasiswa Baru Beradaptasi

Rab, 30 Agu 2023
4:09 pm
Berita dan Informasi

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : adminmasjid   |

Potret Peserta AWS di dalam Masjid Manarul Ilmi ITS

JMMI ITS – Suasana Kemerdekaan yang masih tinggi dalam menyambut HUT RI Indonesia yang ke-78 Jamaah Masjid Manarul Ilmi ITS yang disalurkan kepada Divisi Kajian JMMI ITS melaksanakan kegiatan sambutan mahasiswa baru ITS tahun angkatan 2023/2024 di ruang utama masjid manarul Ilmi ITS. Kegiatan yang dihadiri lebih dari 800 mahasiswa ini berlangsung meriah dalam pelaksanaan yang berupa seminar keagamaan.

 

Ahlan Wa Sahlan Mahasiswa Baru Tahun 2023 ini mengusung tema “Memupuk identitas Muslim Wasathiyah Melalui Adaptasi di masa Perkuliahan” tentunya acara yang dikhususkan kepada mahasiswa baru its ini didukung oleh Pembina JMMI ITS dan TPKI ITS. Acara berikut dihadiri oleh Gus Muda dari Pondok Pesantren Lirboyo Kediri yakni Gus Abdurrahman Kafa atau yang sering disapa Gus Kafa. Beliau merupakan putra dari Kyai Besar dari PP Lirboyo yakni KH. Abdullah Kafabihi Mahrus.

 

Dalam pelaksanaan AWS pada tahun ini acara dibuka dengan tak lupa melantunkan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Para jamaah dengan semangat melantunkan bersama secara lantang dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Hymne ITS. Kemudian dilanjutkan pada sambutan dari Takmir Masjid Manarul Ilmi sekaligus Pembina JMMI Bapak Dott. ric. Ahmad Basshofi Habieb, S.T., M.Sc.

 

Dalam kesempatan ini Gus Kafa datang langsung di ITS, Beliau menghaturkan beberapa ceramah tentang pentingnya adaptasi lingkungan sebagai langkah awal bagi para mahasiswa. Untuk mencapai goals yang diinginkan Gus Kafa tak erat memberikan pula tips dan trik mengenai adaptasi di tahun pertama perkuliahan.

 

Kemudian, Gus Kafa juga memberikan wejangan sebagai remaja yang tentunya harus selektif terhadap apa yang halal dan apa yang haram dan dalam berdamai dengan keadaan serta dapat menyeimbangkan antara intelektual, emosional, dan spiritual yang dapat digunakan sebagai pondasi awal untuk memaksimalkan potensi remaja.

 

“Pentingnya untuk bersikap selektif dalam memilih guru yang akan kita ikuti ajarannya. Karena guru yang kita ikuti ajarannya itulah yang dapat menentukan arah kita kedepannya.” Dawuh beliau Gus Abdurrahman Kafa pada acara AWS tanggal 19 Agustus 2023.

 

Acara kemudian ditutup dengan sedikit materi mengenai Keorganisasian JMMI ITS dan Struktur TPKI ITS yang disampaikan oleh Mas Husni Mubarrak Sekaligus Ketua JMMI Kabinet Resonansi Tahun 2023 yang kemudian  dilanjutkan dengan pembacaan doa kafaratul Majelis dan pelaksanaan sholat duhur, para jamaah mengikuti seluruh kegiatan dengan tertib.

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.