1 |
Alat Bantu Visual dan Pengaturannya |
-Alat bantu visual justru mengganggu presentasi.
-Presentasi berbolak-balik, maju mundur, membingungkan. |
-Alat bantu visual sulit dibaca pada beberapa bagian, tetapi tidak mengganggu presentasi.
-Beberapa bagian dalam presentasi tidak berurutan. |
-Tidak mengikuti the rule of nine, tetapi masih mudah dibaca.
-Beberapa menggunakan bullet point.
-Tepat penggunaan warna, ukuran, dan letak pada huruf, gambar, dan tabel.
-Presentasi memiliki sistematika yang baik, hanya perlu perbaikan minor pada beberapa bagian. |
-Alat bantu visual mudah dibaca, mengikuti rule of nine (9 baris/slide, 9 kata/baris).
-Menggunakan bullet point untuk membantu audiens fokus pada kata kunci.
-Tepat penggunaan huruf, gambar, dan tabel (warna, ukuran, dan letak).-Presentasi memiliki sistematika yang baik, mengikuti standar yang ditetapkan (misalnya, latar belakang, rumusan masalah, tujuan, kerangka konsep, metode, hasil, pembahasan, dan kesimpulan). |
10% |
2 |
Penjelasan |
-Gagasan utama tidak jelas.
-Audiens tidak belajar apapun, atau bahkan menyesatkan. |
-Gagasan utama tidak mudah diidentifikasi.
-Tidak menambah wawasan baru mengenai topik. |
-Penjelasan akurat tapi tidak lengkap. Gagasan utama dapat diidentifikasi.
-Audiens dapat mempelajari fakta yang tersirat, tetapi tidak menambah wawasan baru mengenai topik. |
-Penjelasan akurat dan lengkap.
-Gagasan utama dalam presentasi mudah diikuti dan dipahami.
-Menambah wawasan baru mengenai topik. |
10% |
3 |
Pemahaman |
Tidak bisa menjawab semua pertanyaan |
Tidak nyaman dengan pertanyaan dan hanya mampu menjawab pertanyaan sederhana. |
Menjawab semua pertanyaan sesuai yang diharapkan, tanpa penjabaran lebih. |
Menunjukkan pengetahuan penuh dengan menjawab semua pertanyaan dengan penjelasan dan elaborasi (penjabaran). |
10% |
4 |
Kemampuan Bicara, Gerak Tubuh dan Kontak Mata |
-Tak terdengar/ terlalu keras.
-Monoton.
-Tidak tepat mengucapkan sebagian besar istilah.
-Gelisah, berjalan mondar mandir.
-Tidak ada kontak mata dengan audiens, selalu melihat catatan. |
-Seringkali bergumam.
-Tidak tepat mengucapkan Sebagian besar istilah.
-Postur tidak tegak, bertumpu pada satu sisi tubuh, tangan terpaku di sisi tubuh atau di podium. Kontak mata minimal dengan audiens, banyak melihat catatan. |
-Suara jelas, tetapi volume menurun pada beberapa bagian.
-Tepat mengucapkan sebagian besar istilah.
-Perlu menambah atau mengurangi gerak tubuh dalam memberi penekanan pada poin penting. Kontak mata dengan audiens, dan sesekali melihat catatan. |
-Suara terdengar jelas. Tepat mengucapkan istilah.
-Menggunakan gerak tubuh dalam mendeskripsikan atau memberi penekanan pada poin penting.
-Menjaga kontak mata langsung dengan audiens. |
10% |
5 |
Penguasaan metode penelitian |
Mahasiswa tidak menguasai metode penelitian |
Mahasiswa kurang menguasai metode penelitian |
Mahasiswa menguasai metode penelitian dengan baik |
Mahasiswa menguasai metode penelitian dengan sangat baik |
20% |
6 |
Capaian hasil penelitian terhadap target yang direncanakan |
Mahasiswa tidak mempunyai hasil penelitian |
Mahasiswa mempunyai hasil penelitian, namun masih belum mencapai target yang diharapkan |
Mahasiswa mempunyai hasil penelitian yang hampir mencapai target yang direncanakan |
Mahasiswa mempunyai hasil penelitian yang sesuai dengan target yang direncanakan |
20% |
7 |
Keterbaruan hasil penelitian |
Penelitian menunjukkan sedikit atau tidak ada inovasi |
Ada beberapa elemen inovatif, tetapi kontribusi terhadap bidang masih terbatas |
Keterbaruan terlihat jelas dalam konsep dan metodologi |
Menunjukkan inovasi tinggi dan secara signifikan mengembangkan pengetahuan |
20% |