Disertasi

Prosedur Seminar Kemajuan

Berikut ini adalah proses yang harus dilakukan mahasiswa untuk mengikuti Seminar Kemajuan

  1. Mahasiswa mendaftar Seminar Kemajuan di program SIAMAT
  2. Mahasiswa memasukkan data Judul Disertasi, Bidang, Lab dan Pembimbing
  3. Mahasiswa mencetak formulir identitas Seminar Kemajuan melalui program SIAMAT
  4. Mahasiswa membuat usulan Seminar Kemajuan di myITS Thesis
  5. Mahasiswa mendaftar Seminar Kemajuan di myITS Thesis dan meminta persetujuan ke dosen pembimbing
  6. Mahasiswa mengumpulkan Form Seminar Kemajuan ke Kepala Program Studi Pascasarjana (KAPRODI), (unduh di sini)
  7. KAPRODI menjadwalkan Seminar Kemajuan
  8. Mahasiswa melaksanakan Seminar Kemajuan. Seminar Kemajuan dilaksanakan selama 1 jam, yang diawali oleh presentasi selama 15-20 menit, kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab. Promotor Utama menjadi moderator pada Seminar Kemajuan. Tim Promotor dan Dosen Penguji melaksanakan penilaian menggunakan rubrik.
  9. KAPRODI menyampaikan catatan atau revisi dari Tim Promotor dan Dosen Penguji

Rubrik Penilaian Seminar Kemajuan

Dosen Penguji

No Komponen Penilaian Kurang

(56-63)

Cukup
(65-70)
Baik

(73-81)

Sangat Memuaskan

(83-95)

Bobot
1 Alat Bantu Visual dan Pengaturannya -Alat bantu visual justru mengganggu presentasi.
-Presentasi berbolak-balik, maju mundur, membingungkan.
-Alat bantu visual sulit dibaca pada beberapa bagian, tetapi tidak mengganggu presentasi.
-Beberapa bagian dalam presentasi tidak berurutan.
-Tidak mengikuti the rule of nine, tetapi masih mudah dibaca.
-Beberapa menggunakan bullet point.
-Tepat penggunaan warna, ukuran, dan letak pada huruf, gambar, dan tabel.
-Presentasi memiliki sistematika yang baik, hanya perlu perbaikan minor pada beberapa bagian.
-Alat bantu visual mudah dibaca, mengikuti rule of nine (9 baris/slide, 9 kata/baris).
-Menggunakan bullet point untuk membantu audiens fokus pada kata kunci.
-Tepat penggunaan huruf, gambar, dan tabel (warna, ukuran, dan letak).-Presentasi memiliki sistematika yang baik, mengikuti standar yang ditetapkan (misalnya, latar belakang, rumusan masalah, tujuan, kerangka konsep, metode, hasil, pembahasan, dan kesimpulan).
10%
2 Penjelasan -Gagasan utama tidak jelas.
-Audiens tidak belajar apapun, atau bahkan menyesatkan.
-Gagasan utama tidak mudah diidentifikasi.
-Tidak menambah wawasan baru mengenai topik.
-Penjelasan akurat tapi tidak lengkap. Gagasan utama dapat diidentifikasi.
-Audiens dapat mempelajari fakta yang tersirat, tetapi tidak menambah wawasan baru mengenai topik.
-Penjelasan akurat dan lengkap.
-Gagasan utama dalam presentasi mudah diikuti dan dipahami.
-Menambah wawasan baru mengenai topik.
10%
3 Pemahaman Tidak bisa menjawab semua pertanyaan Tidak nyaman dengan pertanyaan dan hanya mampu menjawab pertanyaan sederhana. Menjawab semua pertanyaan sesuai yang diharapkan, tanpa penjabaran lebih. Menunjukkan pengetahuan penuh dengan menjawab semua pertanyaan dengan penjelasan dan elaborasi (penjabaran). 10%
4 Kemampuan Bicara, Gerak Tubuh dan Kontak Mata -Tak terdengar/ terlalu keras.
-Monoton.
-Tidak tepat mengucapkan sebagian besar istilah.
-Gelisah, berjalan mondar mandir.
-Tidak ada kontak mata dengan audiens, selalu melihat catatan.
-Seringkali bergumam.
-Tidak tepat mengucapkan Sebagian besar istilah.
-Postur tidak tegak, bertumpu pada satu sisi tubuh, tangan terpaku di sisi tubuh atau di podium. Kontak mata minimal dengan audiens, banyak melihat catatan.
-Suara jelas, tetapi volume menurun pada beberapa bagian.
-Tepat mengucapkan sebagian besar istilah.
-Perlu menambah atau mengurangi gerak tubuh dalam memberi penekanan pada poin penting. Kontak mata dengan audiens, dan sesekali melihat catatan.
-Suara terdengar jelas. Tepat mengucapkan istilah.
-Menggunakan gerak tubuh dalam mendeskripsikan atau memberi penekanan pada poin penting.
-Menjaga kontak mata langsung dengan audiens.
10%
5 Penguasaan metode penelitian Mahasiswa tidak menguasai metode penelitian Mahasiswa kurang menguasai metode penelitian Mahasiswa menguasai metode penelitian dengan baik Mahasiswa menguasai metode penelitian dengan sangat baik 20%
6 Capaian hasil penelitian terhadap target yang direncanakan Mahasiswa tidak mempunyai hasil penelitian Mahasiswa mempunyai hasil penelitian, namun masih belum mencapai target yang diharapkan Mahasiswa mempunyai hasil penelitian yang hampir mencapai target yang direncanakan Mahasiswa mempunyai hasil penelitian yang sesuai dengan target yang direncanakan 20%
7 Keterbaruan hasil penelitian Penelitian menunjukkan sedikit atau tidak ada inovasi Ada beberapa elemen inovatif, tetapi kontribusi terhadap bidang masih terbatas Keterbaruan terlihat jelas dalam konsep dan metodologi Menunjukkan inovasi tinggi dan secara signifikan mengembangkan pengetahuan 20%

Dosen Pembimbing

No Komponen Penilaian Kurang
(56-63)
Cukup
(65-70)
Baik
(73-81)
Sangat Memuaskan
(83-95)
Bobot
1 Etika penelitian: kepatuhan terhadap prinsip etika dalam penelitian, termasuk integritas & kejujuran Tidak mematuhi etika Mematuhi etika tetapi sering kurang hati-hati Mematuhi etika dengan baik Sangat berkomitmen pada etika penelitian 25%
2 Kemandirian: Sikap dalam mengatasi tantangan dan mencari solusi secara mandiri Tidak berusaha mengatasi tantangan Terkadang mencari solusi, tetapi bergantung pada orang lain Mampu mengatasi tantangan dengan baik Sangat mandiri dan proaktif dalam mencari Solusi 25%
3 Keterbukaan: Sikap terbuka terhadap kritik dan saran dari pembimbing dan rekan sejawat Menolak kritik dan saran Menerima kritik tetapi kurang mengaplikasikan-nya Terbuka terhadap kritik dan saran Sangat menerima dan mengaplikasikan masukan 25%
4 Komitmen: Dedikasi dan konsistensi dalam menjalankan penelitian serta mengatur waktu dengan baik Kurang konsisten dan tidak berkomitmen Terkadang konsisten, tetapi mudah teralihkan Cukup konsisten dan berkomitmen Sangat berdedikasi dan konsisten dalam penelitian 25%

Penilaian seminar kemajuan menggunakan komposisi sebagai berikut:

  1. Nilai penguji 70%
  2. Nilai pembimbing 30%

Publikasi Seminar/ Konferensi Internasional

Syarat untuk publikasi di seminar internasional adalah prosidingnya terindeks scopus atau web of science. Mahasiswa perlu mempresentasikan papernya di hadapan Tim Pembimbing. Rubrik penilaian sebagai berikut

No Komponen Penilaian Sangat BaiK
(76-85)
Istimewa
(86-100)
Bobot
1 Kualitas Penelitian Penelitian menunjukkan orisinalitas dan relevansi dalam konteks bidang studi Penelitian tidak hanya orisinal, tetapi juga membuka arah baru dalam penelitian yang ada, serta memberikan kontribusi signifikan 25%
2 Kejelasan dan Keterbacaan Struktur teks yang jelas dan logis, sehingga mudah dipahami oleh pembaca Penyajian sangat jelas dengan alur yang mengalir, menjadikan argumen dan temuan mudah dicerna dan diingat 25%
3 Relevansi dan Dampak Topik yang dibahas relevan dengan isu penting di bidang terkait Publikasi memberikan wawasan mendalam dan memiliki potensi dampak luas bagi pengembangan ilmu pengetahuan atau aplikasi praktis 25%
4 Presentasi dan Gaya Penulisan Gaya penulisan akademis yang sesuai dengan penggunaan referensi yang tepat Penulisan sangat menarik, dengan penggunaan referensi terkini dan visualisasi yang inovatif, memperkuat argumen dengan cara yang efektif 25%

Publikasi Jurnal Internasional

Syarat untuk publikasi di jurnal internasional adalah terindeks scopus atau web of science. Publikasi di jurnal internasional bereputasi terindeks scopus minimal Q2 atau web of science berfaktor dampak di atas 0,5 mendapatkan nilai A. Apabila tidak memenuhi persyaratan tersebut, maka mendapatkan nilai AB.

Prosedur Ujian Disertasi

Berikut ini adalah proses yang harus dilakukan mahasiswa untuk mengikuti Ujian Disertasi

  1. Mahasiswa mendaftar Ujian Disertasi di program SIAMAT
  2. Mahasiswa memasukkan data Judul Disertasi, Bidang, Lab dan Pembimbing
  3. Mahasiswa mencetak formular identitas Ujian Disertasi melalui program SIAMAT
  4. Mahasiswa membuat usulan Disertasi di myITS Thesis
  5. Mahasiswa mendaftar Ujian Disertasi di myITS Thesis dan meminta persetujuan ke dosen pembimbing
  6. Mahasiswa mengumpulkan berkas Ujian Disertasi ke Kepala Program Studi Pascasarjana (KAPRODI)
  7. Komisi Doktor menentukan kelayakan Ujian Disertasi. Jika Komisi Doktor tidak menyetujui pelaksanaan Ujian Disertasi, maka mahasiswa merevisi berkas Ujian Disertasi, termasuk Proposal Disertasi. Jika Komisi Doktor menyetujui pelaksanaan Ujian Disertasi, maka Kepala Program Studi menjadwalkan Ujian Disertasi.
  8. Mahasiswa melaksanakan Ujian Disertasi. Ujian Disertasi dilaksanakan selama 2 jam, yang diawali oleh presentasi selama 15-20 menit, kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab. Promotor Utama menjadi moderator pada Ujian Disertasi. Tim Promotor dan Dosen Penguji melaksanakan penilaian menggunakan rubrik.
  9. KAPRODI mengumumkan hasil Ujian Disertasi serta catatan atau revisi dari penguji.
  10. Jika hasil Ujian Disertasi dinyatakan LULUS maka mahasiswa dapat merevisi Disertasi berdasarkan masukan dari Tim Promotor dan Dosen Penguji
  11. Jika hasil Ujian Kualifikasi sebaliknya maka mahasiswa dapat melakukan Ujian Disertasi ulang dengan mengumpulkan revisi proposal disertasi

Berkas Ujian Disertasi

  1. Transkrip matakuliah
  2. Draf Disertasi (sesuai jumlah promotor dan penguji)
  3. Lembar persetujuan Ujian Disertasi (klik di sini)
  4. SK Kandidat Doktor
  5. Progres Report terakhir
  6. Bukti Publikasi Seminar Internasional (2 Paper yang diseminarkan)
  7. Bukti Publikasi Seminar Internasional (2 Sertifikat)
  8. Bukti Publikasi Jurnal Internasional (1 Paper yang diterima)
  9. Bukti Publikasi Jurnal Internasional (bukti accepted)
  10. Bukti lulus Bahasa Asing (TEFL/ konversi skor kursus)

Rubrik Penilaian Ujian Disertasi

Rubrik Penilaian Dosen Penguji

No Komponen Penilaian Kurang (56-63) Cukup (65-70) Baik (73-81) Sangat Memuaskan (83-95) Bobot
1 Penguasaaan bidang ilmu Mahasiswa tidak menguasai bidang ilmu Mahasiswa kurang menguasai bidang ilmu Mahasiswa menguasai bidang ilmu dengan baik Mahasiswa menguasai bidang ilmu dengan sangat baik 20%
2 Penguasaan metode penelitian yang relevan dengan penelitian disertasi Mahasiswa tidak menguasai metode penelitian yang relevan dengan penelitian disertasi Mahasiswa kurang menguasai metode penelitian yang relevan dengan penelitian disertasi Mahasiswa menguasai dengan baik metode penelitian yang relevan dengan penelitian disertasi Mahasiswa menguasai dengan sangat baik metode penelitian yang relevan dengan penelitian disertasi 20%
3 Kemampuan melakukan abstraksi dan Menyusun sistematika pola pemikiran ilmiahnya Mahasiswa tidak mampu melakukan abstraksi dan menyusun sistematika pola pemikiran ilmiahnya Mahasiswa kurang mampu melakukan abstraksi dan menyusun sistematika pola pemikiran ilmiahnya Mahasiswa mampu melakukan abstraksi dan menyusun sistematika pola pemikiran ilmiahnya dengan baik Mahasiswa mampu melakukan abstraksi dan Menyusun sistematika pola pemikiran ilmiahnya dengan sangat baik 20%
4 Kemampuan menyampaikan argumentasi ilmiah menjawab pertanyaan yang relevan dengan penelitian disertasinya Mahasiswa tidak mampu menyampaikan argumentasi ilmiah menjawab pertanyaan yang relevan dengan penelitian disertasinya Mahasiswa kurang mampu menyampaikan argumentasi ilmiah menjawab pertanyaan yang relevan dengan penelitian disertasinya Mahasiswa mampu menyampaikan argumentasi ilmiah menjawab pertanyaan yang relevan dengan penelitian disertasinya dengan baik Mahasiswa mampu menyampaikan argumentasi ilmiah menjawab pertanyaan yang relevan dengan penelitian disertasinya dengan sangat baik 20%
5 Kemampuan mengusulkan strategi untuk mengembankan penelitiannya Mahasiswa tidak mampu mengusulkan strategi untuk mengembangkan penelitiannya Mahasiswa kurang mampu mengusulkan strategi untuk mengembangkan penelitiannya Mahasiswa mampu mengusulkan strategi untuk mengembangkan penelitiannya dengan baik Mahasiswa mampu mengusulkan strategi untuk mengembangkan penelitiannya dengan sangat baik 20%

Rubrik Penilaian Dosen Pembimbing

No Komponen Penilaian Kurang (56-63) Cukup (65-70) Baik (73-81) Sangat Memuaskan (83-95) Bobot
1 Sikap: kemandirian, inisiatif, keterampilan pemecahan masalah, keterampilan organisasi, kepemimpinan, kerja kolaboratif, komunikasi lisan, dan sopan santun Mahasiswa mempunyai sikap yang tidak baik dan tidak memiliki sopan santun Mahasiswa mempunyai sikap yang kurang baik dan kurang memiliki sopan santun Mahasiswa mempunyai sikap yang baik dan memiliki sopan santun yang baik Mahasiswa mempunyai sikap yang sangat baik dan memiliki sopan santun yang sangat baik 40%
2 Log book penelitian · Penulisan tidak sistematis, tidak ringkas dan tidak jelas

· Gambar dan grafik disajikan dengan tidak jelas dan format yang tidak benar

· Penulisan rumus dan formula matematika tidak sesuai dengan aturan dan format yang benar

· Penulisan kurang sistematis, kurang ringkas dan kurang jelas

· Gambar dan grafik disajikan dengan kurang jelas dan format yang kurang benar

· Penulisan rumus dan formula matematika kurang sesuai dengan aturan dan format yang benar

· Penulisan sistematis, ringkas dan jelas

· Gambar dan grafik disajikan dengan jelas dan format yang benar

· Penulisan rumus dan formula matematika sesuai dengan aturan dan format yang benar

· Penulisan sangat sistematis, sangat ringkas dan sangat jelas

· Gambar dan grafik disajikan dengan sangat jelas dan format yang benar

· Penulisan rumus dan formula matematika sangat sesuai dengan aturan dan format yang benar

20%
3 Artikel jurnal atau prosiding yang terkait disertasi Artikel jurnal atau prosiding memiliki kualitas yang tidak baik Artikel jurnal atau prosiding memiliki kualitas yang kurang baik Artikel jurnal atau prosiding memiliki kualitas yang baik Artikel jurnal atau prosiding memiliki kualitas yang sangat baik 20%

Penilaian ujian disertasi menggunakan komposisi sebagai berikut:

  1. Nilai Penguji (70 %)
  2. Nilai Pembimbing (30 %)
Post Views: 84