Ujian Kualifikasi

Prosedur Ujian Kualifikasi

Berikut ini adalah proses yang harus dilakukan mahasiswa untuk mengikuti Ujian Kualifikasi

  1. Mahasiswa mendaftar Ujian Kualifikasi di program SIAMAT
  2. Mahasiswa memasukkan data Judul Disertasi, Bidang, Lab dan Calon Pembimbing
  3. Mahasiswa mencetak formular identitas Ujian Kualifikasi melalui program SIAMAT
  4. Mahasiswa membuat usulan Disertasi di myITS Thesis
  5. Mahasiswa mendaftar Ujian Kualifikasi di myITS Thesis dan meminta persetujuan ke dosen pembimbing
  6. Mahasiswa mengumpulkan berkas Ujian Kualifikasi ke Kepala Program Studi Pascasarjana (KAPRODI)
  7. Komisi Doktor menentukan kelayakan Ujian Kualifikasi. Jika Komisi Doktor tidak menyetujui pelaksanaan Ujian Kualifikasi, maka mahasiswa merevisi berkas Ujian Kualifikasi, termasuk Proposal Disertasi. Jika Komisi Doktor menyetujui pelaksanaan Ujian Kualifikasi, maka Komisi Doktor menentukan PPUKD (Panitia Penilai Ujian Kualifikasi dan Disertasi). PPUKD terdiri dari Tim Promotor, 1 Dosen Penguji dari Matematika ITS, 1 Dosen Penguji dari ITS dan 1 Dosen Penguji dari Luar ITS. Dosen Penguji dari luar ITS tidak dilibatkan pada Ujian Kualifikasi dan hanya diundang pada Ujian Disertasi.
  8. Ujian Kualifikasi terdiri dari Ujian Tulis dan Ujian Lisan. Soal ujian tulis dibuat oleh Tim Promotor, Dosen Penguji dari Matematika ITS dan Dosen Penguji dari ITS. Mahasiswa mengerjakan Ujian Tulis dalam waktu 2×24 jam secara asinkron dan bersifat buka buku.
  9. Mahasiswa melaksanakan Ujian Lisan. Ujian Lisan dilaksanakan selama 2 jam, yang diawali oleh presentasi selama 15-20 menit, kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab. Promotor Utama menjadi moderator pada Ujian Lisan. Tim Promotor, Dosen Penguji dari Matematika ITS dan Dosen Penguji dari ITS melaksanakan penilaian menggunakan rubrik.
  10. KAPRODI mengumumkan hasil Ujian Kualifikasi serta catatan atau revisi dari penguji.
  11. Jika hasil Ujian Kualifikasi dinyatakan DAPAT DILANJUTKAN maka mahasiswa dapat melanjutkan proses pengerjaan Disertasi
  12. Jika hasil Ujian Kualifikasi sebaliknya maka mahasiswa dapat melakukan Ujian Kualifikasi ulang dengan mengumpulkan revisi proposal disertasi (Kembali ke poin 6)

Berikut ini adalah format baku Ujian Kualifikasi

  1. Form Persetujuan Ujian Kualifikasi
  2. Panduan Penyusunan Disertasi

Berkas Ujian Kualifikasi

  1. Fotokopi KTM
  2. Transkrip terakhir
  3. Sertifikat toefl terakhir
  4. Draf proposal Disertasi sebanyak 6 eksemplar
  5. Form persetujuan Ujian Kualifikasi

Berkas-berkas tersebut di masukkan di dalam map mika birudan di kumpulkan ke KAPRODI.

Rubrik Penilaian Ujian Kualifikasi

Rubrik Penilaian Ujian Tulis

No Komponen Penilaian Kurang (56-63) Cukup (65-70) Baik (73-81) Sangat

Memuaskan

(83-95)

Bobot
1 Keterbaruan dan

orisinalitas

Penelitian yang diusulkan hampir sama dengan referensi Penelitian yang diusulkan mempunyai banyak kemiripan dengan referensi Penelitian yang diusulkan mempunyai sedikit kemiripan dengan referensi Penelitian yang diusulkan orisinal dari segi teori atau aplikasi 20%
2 Tinjauan Pustaka Pustaka yang ditinjau tidak relevan dengan penelitian yang diusulkan dan hampir tidak ada jurnal internasional bereputasi yang terbit dalam 5 tahun terakhir Pustaka yang ditinjau kurang relevan dengan penelitian yang diusulkan dan sebagian kecil adalah jurnal internasional bereputasi yang terbit dalam 5 tahun terakhir Pustaka yang ditinjau cukup relevan dengan penelitian yang diusulkan dan sebagian besar adalah jurnal internasional bereputasi yang terbit dalam 5 tahun terakhir Pustaka yang ditinjau sangat relevan dengan penelitian yang diusulkan dan hampir semuanya adalah jurnal internasional bereputasi yang terbit dalam 5 tahun terakhir 20%
3 Kesesuaian antara metodologi yang diusulkan dan permasalahan yang akan diteliti Metodologi yang diusulkan tidak sesuai dengan permasalahan yang akan diteliti Metodologi yang diusulkan kurang sesuai dengan permasalahan yang akan diteliti Metodologi yang diusulkan sesuai dengan permasalahan yang akan diteliti Metodologi yang diusulkan sangat sesuai dengan permasalahan yang akan diteliti 10%
4 Kemampuan sistematisasi dan perumusan hasil pemikiran Hasil pemikiran disusun dalam proposal secara tidak sistematis Hasil pemikiran disusun dalam proposal secara agak sistematis Hasil pemikiran disusun dalam proposal secara sangat sistematis Hasil pemikiran disusun dalam proposal secara sistematis 20%
5 Kemampuan melakukan abstraksi Mahasiswa tidak mampu melakukan abstraksi Mahasiswa kurang mampu melakukan abstraksi Mahasiswa mampu melakukan abstraksi dengan baik Mahasiswa mampu Melakukan abstraksi dengan sangat baik 30%

Rubrik Penilaian Ujian Lisan untuk Dosen Penguji

No Kriteria Kurang (56-63) Cukup (65-70) Baik (73-81) Sangat

Memuaskan

(83-95)

Bobot
1 Alat Bantu Visual dan Pengaturannya
  • Alat bantu visual justru Mengganggu presentasi.
  • Presentasi berbolak-balik, maju mundur, membingungkan.
  • Alat bantu visual sulit dibaca pada beberapa bagian, tetapi tidak mengganggu presentasi.
  • Beberapa bagian dalam presentasi tidak berurutan.
  • Tidak mengikuti the rule of nine, tetapi masih mudah dibaca.
  • Beberapa menggunakan bullet point.
  • Tepat penggunaan warna, ukuran, dan letak pada huruf, gambar, dan tabel.
  • Presentasi memiliki sistematika yang baik, hanya perlu perbaikan minor pada beberapa bagian.
  • Alat bantu visual mudah dibaca, mengikuti rule of nine (9 baris/slide, 9 kata/baris).
  • Menggunakan bullet point untuk membantu audiens fokus pada kata kunci.
  • Tepat penggunaan huruf, gambar, dan tabel (warna, ukuran, dan letak).
  • Presentasi memiliki sistematika yang baik, mengikuti standar yang ditetapkan (misalnya, latar belakang, rumusan masalah, tujuan, kerangka konsep, metode, hasil, pembahasan, dan kesimpulan).
25%
2 Penjelasan
  • Gagasan utama tidak jelas.
  • Audiens tidak belajar apapun, atau bahkan menyesatkan.
  • Gagasan utama tidak mudah diidentifikasi.
  • Tidak menambah wawasan baru mengenai topik.
  • Penjelasan akurat tapi tidak lengkap. Gagasan utama dapat diidentifikasi.
  • Audiens dapat mempelajari fakta yang tersirat, tetapi tidak menambah wawasan baru mengenai topik.
  • Penjelasan akurat dan lengkap.
  • Gagasan utama dalam presentasi mudah diikuti dan dipahami.
  • Menambah wawasan baru mengenai topik.
25%
3 Pemahaman Tidak bisa menjawab semua pertanyaan Tidak nyaman dengan pertanyaan dan hanya mampu menjawab pertanyaan sederhana. Menjawab semua pertanyaan sesuai yang diharapkan, tanpa penjabaran lebih. Menunjukkan pengetahuan penuh dengan menjawab semua pertanyaan dengan penjelasan dan elaborasi (penjabaran). 25%
4 Kemampuan Bicara, Gerak Tubuh dan Kontak Mata
  • Tak terdengar/ terlalu keras. Monoton.
  • Tidak tepat mengucapkan sebagian besar istilah.
  • Gelisah, berjalan mondar mandir.
  • Tidak ada kontak mata dengan audiens, selalu melihat catatan.
  • Seringkali bergumam.
  • Tidak tepat mengucapkan Sebagian besar istilah.
  • Postur tidak tegak, bertumpu pada satu sisi tubuh, tangan terpaku di sisi tubuh atau di podium. Kontak mata minimal dengan audiens, banyak melihat catatan.
  • Suara jelas, tetapi volume menurun pada beberapa bagian.
  • Tepat mengucapkan sebagian besar istilah.
  • Perlu menambah atau mengurangi gerak tubuh dalam memberi penekanan pada poin penting. Kontak mata dengan audiens, dan sesekali melihat catatan.
  • Suara terdengar jelas. Tepat mengucapkan istilah.
  • Menggunakan gerak tubuh dalam mendeskripsikan atau memberi penekanan pada poin penting.
  • Menjaga kontak mata langsung dengan audiens.
25%

Rubrik Penilaian Ujian Lisan untuk Dosen Pembimbing

No Kriteria Kurang (56-63) Cukup (65-70) Baik (73-81) Sangat

Memuaskan

(83-95)

Bobot
1 Kreativitas Mahasiswa tidak memiliki kreativitas Mahasiswa kurang memiliki kreativitas Mahasiswa memiliki kreativitas yang baik Mahasiswa memiliki kreativitas yang sangat baik 35%
2 Keaktifan Mahasiswa tidak aktif sama sekali dalam melakukan penelitian Mahasiswa kurang aktif dalam melakukan penelitian Mahasiswa aktif dalam melakukan penelitian Mahasiswa sangat aktif dalam melakukan penelitian 30%
3 Kemandirian Mahasiswa tidak mampu untuk melakukan penelitian secara mandiri Mahasiswa kurang mampu untuk melakukan penelitian secara mandiri Mahasiswa mampu untuk melakukan penelitian secara mandiri Mahasiswa sangat mampu untuk melakukan penelitian secara mandiri 35%

 

Penilaian ujian kualifikasi menggunakan komposisi sebagai berikut:

  1. Nilai Ujian Tulis (40 %)
  2. Nilai Ujian Lisan dari Pembimbing (18 %)
  3. Nilai Ujian Lisan dari Penguji (42 %)
Post Views: 49