Program Studi S1

Pelajari kurikulum MB ITS

Butuh Bantuan?

Silkahkan hubungi kami disini.

Profil MB

Tumbuh bersama kami untuk mencapai karir yang Anda inginkan, karier dalam manajemen, dan kewirausahaan. Program studi kami menawarkan 4 (empat) topik pendalaman fokus yaitu; Manajemen Keuangan, Manajemen Operasional, Manajemen Pemasaran, dan Manajemen Sumber Daya Manusia. Kami mendukung semangat kewirausahaan mahasiswa dengan menawarkan mata pelajaran terkait, serta mendukung topik skripsi kewirausahaan. Unduh silabus kami disini.

Kurikulum

Program studi Manajemen Bisnis memiliki beban studi sarjana 144 SKS, dengan dua tahap, yaitu Tahap Persiapan (Semester 1 dan 2), dan Tahap Sarjana (Semester 3 hingga 8). Dalam semester 1 hingga semester 5, mata kuliah yang ada adalah wajib untuk semua mahasiswa, di semester 6 dan 7 kami menawarkan mata kuliah pilihan sesuai dengan topik konsentrasi yang diinginkan. Pada akhir masa perkuliahan mahasiswa wajib untuk menyelesaikan skripsi sebagai persyaratan kelulusan.

 

Curriculum Pyramid

Mata kuliah yang tersedia tiap semester sebagai berikut:

1st Semester
  • Akuntansi Finansial
  • Pengantar Manajemen Bisnis
  • Mikroekonomi
  • Matematika
  • Pemodelan Data
  • Berpikir Desain dan Inovasi
2nd Semester
  • Manajemen Pemasaran
  • Manajemen Operasional
  • Manajemen Keuangan
  • Manajemen Sumber Daya Manusia
  • Makroekonomi
  • Penciptaan Usaha baru
3rd Semester
  • Sistem Informasi Bisnis
  • Desain dan perilaku Organisasi
  • Aspek Hukum dalam Bisnis
  • Perilaku Konsumen
  • Kewirausahaan Sosial
  • Statistika untuk Bisnis
  • Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
4th Semester
  • Metode Penelitian untuk Bisnis
  • Pemodelan Kuantitatif untuk Bisnis
  • Manajemen Proyek
  • Akuntansi Manajerial
  • Manajemen Strategis
  • Kecerdasan Buatan untuk Bisnis
  • Bisnis Internasional
5th Semester
  • Manajemen Investasi dan Portofolio
  • Komunikasi Bisnis
  • Valuasi Bisnis dan Teknologi
  • Manajemen Jasa
  • Manajemen Risikok dan Tata Kelola
  • Manajemen Teknologi dan INovasi
  • Pemasaran Digital
6th Semester

Mata Kuliah Wajib

  • Konsultasi Bisnis
  • Seminar
  • Aplikasi Teknologi dan Transformasi Digital
  • Kewarganegaraan

Mata kuliah Pilihan

  • Analitika Bisnis
  • Manajemen Logistik dan Rantai Pasok
  • Simulasi Bisnis
  • Keuangan Usaha Baru
  • Manajemen Keuangan INternasional
  • Manajemen Perbankan
  • Manajemen Merek
  • Riset Pemasran
  • Manajemen Kinerja
  • Penilaian Kinerha dan Kompensasi
  • Perencanaan Sumber Daya Manusia Strategis
5th Semester
  • Manajemen Investasi dan Portofolio
  • Komunikasi Bisnis
  • Valuasi Bisnis dan Teknologi
  • Manajemen Jasa
  • Manajemen Risikok dan Tata Kelola
  • Manajemen Teknologi dan INovasi
  • Pemasaran Digital
6th Semester

Mata Kuliah Wajib

  • Konsultasi Bisnis
  • Seminar
  • Aplikasi Teknologi dan Transformasi Digital
  • Kewarganegaraan

Mata kuliah Pilihan

  • Analitika Bisnis
  • Manajemen Logistik dan Rantai Pasok
  • Simulasi Bisnis
  • Keuangan Usaha Baru
  • Manajemen Keuangan INternasional
  • Manajemen Perbankan
  • Manajemen Merek
  • Riset Pemasran
  • Manajemen Kinerja
  • Penilaian Kinerha dan Kompensasi
  • Perencanaan Sumber Daya Manusia Strategis
7th Semester

Mata Kuliah Wajib

  • Kerja Praktek
  • Pancasila
  • Bahasa Indonesia
  • Bahasa Inggris
  • Agama Islam
  • Agama Kristen
  • Agama Katolik
  • Agama Hindu
  • Agama Buddha
  • Agama Khonghucu
  • Kewirausahaan Berbasis Teknologi

Mata Kuliah Pilihan

  • Manajemen Proses Bisnis
  • Pengambilan Keputusan Multi Kriteria
  • Penyelesaian Masalah dalam Bisnis dan Manajemen
  • Keuangan Syariah
  • Manajemen Kuenagan Pribadi
  • Teknologi Finansial
  • Pembiayaan Proyek
  • Komunikasi Antar Budaya
  • Komunikasi Pemasaran Terpadu
  • Pemasaran Jasa
  • Pemasaran STrategis
  • Isu Kontemporer dalam Bisnis dan Manajemen
  • Kepemimpinan Wirusaha
  • Pembangunan Berkelanjutan
  • Pelatihan dan Pengembangan
8th Semester
  • Tugas Akhir

Mata Kuliah Kewirausahaan

Penciptaan Usaha Baru

Departemen Manajemen Bisnis mendorong mahasiswa untuk menciptakan usaha baru dengan menggabungkan teori-teori buku pelajaran dan pengalaman wirausaha di mata kuliah Penciptaan Usaha Baru. Mahasiswa akan belajar model bisnis dasar dan prinsip pembentukan tim yang penting untuk menciptakan peluang wirausaha dan mengambil tindakan terhadapnya. Tujuan kursus adalah untuk mempersiapkan mahasiswa untuk menguji kelayakan peluang bisnis baru dan melakukan studi kelayakan, baik untuk ide mereka sendiri atau untuk orang lain.

Mata kuliah ini adalah kesempatan bagi siswa untuk belajar bagaimana memulai perusahaan Anda sendiri, merancang model bisnis yang berkelanjutan, dan yang penting – berinteraksi dengan banyak pelaku bisnis yang menarik (praktisi lokal dan internasional) melalui diskusi akademik profesional. Ini adalah pengalaman kehidupan nyata dalam kewirausahaan.

 

Kewirausahaan Sosial

Setelah menyelesaikan mata kuliah Penciptaan Usaha Baru, mahasiswa akan belajar lebih banyak mengenai Kewirausahaan Sosial. Usaha sosial bertujuan untuk mencapai “double bottom line” dengan pengembalian sosial yang bermakna, serta pengembalian keuangan yang berkelanjutan atau kompetitif – melalui produk, layanan, dan praktik bisnis lainnya. Tujuan mata kuliah adalah untuk mempersiapkan mahasiswa untuk menguji kelayakan peluang sosial baru dan melakukan studi kelayakan, baik untuk ide mereka sendiri atau untuk orang lain.

Mata kuliah ini relevan untuk setiap pemimpin bisnis atau pengusaha yang ingin merancang, memimpin atau mendanai perusahaan nirlaba yang digerakkan oleh misi, atau mungkin ingin menyumbangkan waktu dan energi untuk membantu membangun sektor sosial melalui filantropi strategis, investasi sosial, aliansi perusahaan dengan organisasi sektor sosial, atau perwakilan dewan dalam usaha sosial.