Muhammad Rakha Wirayuda (bagian kanan dari gambar), salah satu mahasiswa International Undergraduate Program (IUP) Manajemen Bisnis ITS punya segudang pengalaman internasional selama menempuh studi di Manajemen Bisnis ITS. Rakha mengantogi pengalaman magang di Mercedez-Benz, Inggris, serta melaksanakan program Double degree di Vives Belgia, bahkan diundang sebagai pembicara di International Staff Day Belgia untuk menyampaikan materi internasionalisasi kepada mahasiswa dari seluruh penjuru dunia.
Sebelum memulai magang di Mercedes-Benz Inggris, Rakha mendapatkan pembekalan materi dari dosen pendampingnya di Inggris, Prof. Benny Tjahjono dari Coventry University, yang juga Adjunct professor di Departemen MB ITS. Beliau membagikan konsep market leader theory, yang menurut Rakha sangat relevan untuk menganalisis tantangan di perusahaan otomotif ternama tersebut.
Konsep tersebut menjelaskan bahwa perusahaan tidak bisa memenuhi semua kebutuhan pasar sekaligus. Oleh karena itu, setiap perusahaan harus memiliki keunggulan kompetitif yang membedakannya dari pesaing. Rakha menguraikan tiga aspek utama dalam keunggulan kompetitif yang disebutkan dalam buku tersebut. Pertama, keunggulan operasional, yang memungkinkan perusahaan menawarkan produk atau layanan berkualitas dengan harga bersaing. Kedua, kepemimpinan produk, yang berfokus pada inovasi dan citra merek untuk mendominasi pasar. Ketiga, kedekatan dengan pelanggan, yang menitikberatkan pada pemahaman kebutuhan konsumen serta penyediaan solusi terbaik bagi mereka.
Siswa SMA mungkin pernah membayangkan menjadi mahasiswa di ITS. Untuk mewujudkannya, Departemen Manajemen Bisnis ITS pada Sabtu, 8 Februari
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali menyelenggarakan Community and Technological (CommTECH) Camp 2023 dengan salah satu fokus bidang Business
Departemen Manajemen Bisnis ITS, bekerja sama dengan Politeknik Negeri Tanahlaut sebagai co-host dan didukung oleh Forum Manajemen Indonesia (FMI)