Menjadi Program Studi Sarjana Manajemen Bisnis berkelas dunia yang berkontribusi pada kemandirian bangsa serta menjadi rujukan dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat serta pengembangan inovasi terutama yang menunjang industri sebagai pencetak pemimpin bisnis masa depan
Memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan manajemen yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi pada bidang manajemen bisnis.
Adapun Misi Departemen Manajemen Bisnis dapat dibagi menjadi :
- Menyelenggarakan pendidikan tinggi pada bidang Manajemen Bisnis yang didukung ekosistem pembelajaran masa depan berbasis teknologi digital dengan kurikulum, dosen, dan metode pembelajaran yang berkualitas internasional untuk melahirkan pemimpin bisnis masa depan;
- Menghasilkan lulusan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta memiliki moral dan budi pekerti yang luhur; innovative, berjiwa entrepreneurial dan berwawasan lingkungan pada bidang Manajemen Bisnis.
- Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
- Berperan aktif dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama di bidang Manajemen Bisnis melalui kegiatan penelitian yang berkualitas internasional;
- Menghasilkan penelitian yang berdampak tinggi serta komersialisasi hasil penelitian di bidang Manajemen Bisnis;
- Memanfaatkan segala sumber daya yang dimiliki untuk ikut serta dalam menyelesaikan problem yang dihadapi oleh masyarakat, industri, pemerintah pusat, dan pemerintah daerah dengan mengedepankan fasilitas teknologi informasi dan komunikasi.
- Pengelolaan Manajemen Bisnis dilakukan dengan memperhatikan prinsip tata pamong yang baik yang didukung dengan teknologi informasi dan komunikasi;
- Menciptakan suasana yang kondusif dan memberikan dukungan sepenuhnya kepada Mahasiswa, Dosen, Tenaga Kependidikan untuk dapat mengembangkan diri dan memberikan kontribusi maksimum pada masyarakat, industri, ilmu pengetahuan dan teknologi; dan
- Mengembangkan jejaring untuk dapat bersinergi dengan perguruan tinggi lain, industri, masyarakat, pemerintah pusat, dan pemerintah daerah dalam menyelenggarakan kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
Program Studi Manajemen Bisnis memiliki tata nilai:
- Etika dan integritas; perilaku dalam kehidupan bermasyarakat, bernegara, maupun menjalankan profesinya, selalu berpegang teguh pada norma dan peraturan yang berlaku di masyarakat, negara, dan agama.
- Kreativitas dan inovasi; perilaku yang selalu mencari ide baru untuk menghasilkan inovasi dalam menjalankan tugas/perannya dengan lebih baik.
- Ekselensi; perilaku untuk selalu berusaha secara maksimum untuk mencapai hasil yang sempurna.
- Kepemimpinan yang kuat; perilaku yang visioner, kreatif, inovatif, pekerja keras, berani melakukan perubahan ke arah yang lebih baik, dan bertanggung jawab.
- Sinergi; dan perilaku yang dapat bekerja sama dengan memanfaatkan semaksimum mungkin potensi yang dimiliki.
- Kebersamaan sosial dan tanggung jawab sosial; perilaku yang dapat menjaga kerukunan dan peduli terhadap masyarakat sekitar.
Sasaran yang ingin dicapai oleh Program Studi Sarjana Manajemen Bisnis adalah:
- Lulusan yang memiliki kompetensi:
- Mampu menerapkan, mengkaji, menyusun, mengambil keputusan, bertanggung jawab, menjaga keberlanjutan, menggunakan dan melaporkan dengan pendekatan kaidah dan etika ilmiah akademik terhadap pengembangan dan penggunaan ilmu pengetahuan dan teknologi.
- Mampu bekerja sama maupun berjejaring kerja terhadap sesama kelompok untuk mencapai penyelesaian pekerjaan dan bersaing baik di tingkat nasional maupun internasional.
- Mampu menerapkan ketrampilan penunjang yang mencakup komunikasi Interpersonal serta penggunaan teknologi maupun tools dalam inisiasi, identifikasi, proses dan evaluasi di bidang manajemen bisnis.
- Mampu bekerja pada bidang pemasaran, operasional, sumber daya manusia, dan keuangan pada sektor swasta maupun pemerintahan.
- Mampu memahami teori dan prinsip dasar, aplikasi analisa, riset dan publikasi di bidang manajemen bisnis.
- Mampu memahami teori dan prinsip dasar dari manajemen operasional dan analitika bisnis.
- Mampu memahami teori dan prinsip dasar dari manajemen Keuangan dan Akuntansi.
- Mampu memahami teori dan prinsip dasar dari manajemen pemasaran dan kewirausahaan.
- Mampu memahami teori dan prinsip dasar dari manajemen Sumber daya manusia.
- Mampu memahami konsep dan teori tanggung jawab bisnis terhadap sosial dan lingkungan.
- Mampu menerapkan sikap dan tata nilai yang mencakup: nilai-nilai pancasila, taat sebagai warga dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa bernegara yang beretika dan bertanggung jawab.
- Mampu menerapkan sikap dan tata nilai dalam berusaha, berwirausaha, bekerja sama dan menunjukan tanggung jawab terhadap pekerjaan di bidang keahlian Manajemen Bisnis.
- Terbentuknya iklim akademis yang kondusif melalui penelitian dan penyebaran hasil penelitian yang melibatkan seluruh civitas akademika PS-MB, serta dapat diimplementasikan dan bermanfaat bagi masyarakat.
- Terciptanya sumber daya (manusia, aset, informasi & manajemen, keuangan) dan kenyamanan lingkungan yang menunjang perkembangan PS-MB
- Terciptanya jaringan kerja sama yang efektif antara lembaga pendidikan di dalam/ luar negeri, industri, instansi pemerintah dan swasta.