Manajemen Desain Inovasi

Bidang Studi

MANAJEMEN DESAIN INOVASI (MDI)

Latar Belakang

Perkembangan teknologi digital dewasa ini telah melahirkan era disrupsi yang membawa perubahan besar dalam peta persaingan bisnis, dan juga mempengaruhi perilaku konsumen. Perkembangan ini mengharuskan perusahaan untuk mencari cara-cara baru dalam berinovasi untuk tetap bertahan dalam persaingan. Inovasi mencakup tidak hanya tentang produk atau jasa tetapi juga inovasi bisnis proses serta model bisnis.

Bidang studi Manajemen Desain Inovasi menggabungkan tiga aspek penting dalam inovasi yakni creative design, strategi bisnis dan teknologi informasi. Spesialisasi Manajemen Desain Inovasi akan mengenalkan mahasiswa kepada prinsip, praktik, dan metode inovasi berbasis desain (design-led innovation), serta memberi bekal kemampuan akan teknik dan metode-metode untuk menjadi pemimpin bisnis dalam persaingan yang semakin ketat. Program ini memfokuskan “desain untuk inovasi” sebagai kemampuan khusus  yang dapat diterapkan di berbagai konteks bisnis di era disrupsi dewasa ini.

Mahasiswa akan mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang pendekatan inovasi berbasis desain dan belajar bagaimana menerapkannya dalam lingkungan bisnis yang komplek. Pengajaran pada program ini mengedepankan pola pikir analitis dan kreatif, dan membekali mahasiswa dengan  keterampilan yang luas dalam komunikasi, teknologi informasi, kemampuan berinovasi, dan berpikir kritis.

 

Learning Outcome

  • Mampu mengelola dan memimpin proyek inovasi menggunakan pendekatan design-thinking approach, mengembangkan produk/jasa baru diberbagai sektor industri
  • Mampu melakukan dan memimpin riset untuk mengenali kebutuhan pelanggan serta pemangku kepentingan, dengan mengaplikasikan metode terkini untuk mendefinisikan produk dan jasa.
  • Mampu merancang kerangka strategis untuk mengimplementasikan inovasi produk atau jasa dengan menggunakan pendekatan sistem
  • Mampu mengaplikasikan metode-metode terkini untuk mengembangkan solusi inovatif yang mampu menjawab kebutuhan pelanggan, mulai dari konsep kreatif sampai pada desain terpirinci.

 

Prospek Karir
• Pengembangan Desain & Manajemen
• Desain Penelitian & Strategi
• Budaya Perusahaan & Manajemen Merek Strategis
• Pengembangan bisnis baru
• Manajemen Produk & Inovasi

 

STRUKTUR KURIKULUM

Struktur kurikulum dengan informasi SKS dan posisi semesternya disajikan pada tabel berikut.

Nama MK Semester 1 SKS Nama MK Semester 3 SKS
Statistika Bisnis 2 Manajemen Sumber Daya Manusia 2
Analisis dan Sistem Keputusan 2 Manajemen Proyek 2
Sistem dan Teknologi Informasi 2 Tesis – Metodologi 2
Manajemen Keuangan 2 Manajemen Merk Strategis 2
TOTAL 8 User Experience Design 2
TOTAL 10
Nama MK Semester 2 SKS Nama MK Semester 4 SKS
Manajemen Teknologi dan Inovasi 2 MK Pilihan 2
Manajemen Pemasaran 2 Proyek Desain Inovasi 2
Design Thinking 2 Tesis 6
Manajemen Desain 2 TOTAL 10
TOTAL 8
Nama MK Pilihan SKS
Etika Bisnis 2
Manajemen Strategi 2
TOTAL 4