Latar Belakang
Perkembangan teknologi digital dewasa ini telah melahirkan era disrupsi yang membawa perubahan besar dalam peta persaingan bisnis, dan juga mempengaruhi perilaku konsumen. Perkembangan ini mengharuskan perusahaan untuk mencari cara-cara baru dalam berinovasi untuk tetap bertahan dalam persaingan. Inovasi mencakup tidak hanya tentang produk atau jasa tetapi juga inovasi bisnis proses serta model bisnis.
Bidang studi Manajemen Desain Inovasi menggabungkan tiga aspek penting dalam inovasi yakni creative design, strategi bisnis dan teknologi informasi. Spesialisasi Manajemen Desain Inovasi akan mengenalkan mahasiswa kepada prinsip, praktik, dan metode inovasi berbasis desain (design-led innovation), serta memberi bekal kemampuan akan teknik dan metode-metode untuk menjadi pemimpin bisnis dalam persaingan yang semakin ketat. Program ini memfokuskan “desain untuk inovasi” sebagai kemampuan khusus yang dapat diterapkan di berbagai konteks bisnis di era disrupsi dewasa ini.
Mahasiswa akan mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang pendekatan inovasi berbasis desain dan belajar bagaimana menerapkannya dalam lingkungan bisnis yang komplek. Pengajaran pada program ini mengedepankan pola pikir analitis dan kreatif, dan membekali mahasiswa dengan keterampilan yang luas dalam komunikasi, teknologi informasi, kemampuan berinovasi, dan berpikir kritis.
Learning Outcome
Prospek Karir • Pengembangan Desain & Manajemen • Desain Penelitian & Strategi • Budaya Perusahaan & Manajemen Merek Strategis • Pengembangan bisnis baru • Manajemen Produk & Inovasi
STRUKTUR KURIKULUM
Struktur kurikulum dengan informasi SKS dan posisi semesternya disajikan pada tabel berikut.