News

Pendaftaran Program Pascasarjana dan Profesi SIMT-ITS Genap 2022/2023

Thu, 06 Oct 2022
10:11 am
Akademik
Share :
Oleh : Admin-Manajemen Teknologi   |

Waktu Pendaftaran Program Non RPL

Penerimaan Mahasiswa Baru Semester Genap
Pendaftaran 03 Oktober 2022 – 08 Januari 2023
Ujian Masuk 09 – 13 Januari 2023
Pengumuman 15 Januari 2023 Pukul 21.00 WIB
Pengisian SIPMABA (termasuk upload dokumen data)
Validasi Data
Pendaftaran Ulang : Pembayaran SPP 16 – 25 Januari 2023
Informasi dan Pengenalan ITS (IPITS) 31 Januari 2023
Perwalian Mahasiswa (FRS Online) 30 Januari – 3 Februari 2023

 

Syarat Pendaftaran Non RPL

PERLU DIPERHATIKAN:

  • Bagi calon pendaftar yang mempunyai nilai TOEFL/TPA dan IPK kurang dari persyaratan minimal, tetap dapat mendaftar program pascasarjana di ITS.
  • Jika diterima sebagai mahasiswa baru, maka akan ada program upgrading kemampuan bahasa Inggris dari ITS.
  • Semua pendaftar harus membawa berkas persyaratan pendaftaran pada saat tes, kecuali jika tes dilakukan secara online selama masa pandemi

Persyaratan Jalur Reguler

  1. Peserta program terbuka bagi lulusan
    1. Program Sarjana dengan IPK 3,00 (untuk Program Magister), dari Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta dengan program studi yang terakreditasi minimal B.
    2. Program Magister dengan IPK 3,00 (untuk Program Doktor) dari Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta dengan program studi yang terakreditasi minimal B.
    3. Untuk Program Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU)
      1. Sarjana unggul (fresh graduate) lulusan 3 tahun terakhir atau akan mengikuti wisuda bulan September bagi lulusan ITS
      2. Persyaratan IPK pelamar sebagai berikut :
        • Akreditasi PT Asal Pelamar A, Akreditasi Prodi Asal Pelamar A, maka IPK ≥ 3,00
        • Akreditasi PT Asal Pelamar B, Akreditasi Prodi Asal Pelamar A, maka IPK ≥ 3,00
        • Akreditasi PT Asal Pelamar A, Akreditasi Prodi Asal Pelamar B, maka IPK ≥ 3,00
        • Akreditasi PT Asal Pelamar B, Akreditasi Prodi Asal Pelamar B, maka IPK ≥ 3,00
      3. Usia pada saat mendaftar tidak lebih dari 24 tahun
  2. Mendapatkan dua rekomendasi dengan cara online yaitu dengan mencantumkan Nama dan Email untuk 2 (dua) rekomendator (Harus dipastikan bahwa perekomendasi mengetahui dan diberi waktu 2 hari (24 jam) setelah proses pengisian formulir online masing-masing peserta selesai.) yang berasal dari :
    1. Pimpinan instansi bagi yang sudah bekerja, atau
    2. Mantan dosen atau pembimbing program sarjana.
  3. Memiliki sertifikat TOEFL/TOEFL – like Paper based dengan nilai skor minimal 450 (untuk program master) dan 477 (untuk program doktor) dengan skala 1 – 700 dari instansi:
    1. Institutional Testing Program (ITP).
    2. Sertifikat Bahasa Inggris dari seluruh Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia.
    3. Untuk di ITS, jadwal tes sejenis TOEFL (TEFL) bisa dilihat di: bahasa.its.ac.id atau Telp. (031) 5990322 / 5947274 ext. 1221
    4. Semua nilai TEFL harus dikonversi ke nilai TOEFL paper based sesuai dengan link: https://theedge.com.hk/conversion-table-for-toefl-ibt-pbt-cbt-tests/
  4. Memiliki sertifikat Tes Potensi Kemampuan Akademik (TPKA) dengan skor minimal 450 (untuk program master) dan 450 (untuk program doktor) dengan skala 1 – 700 yang dikeluarkan oleh: Direktorat Pascasarjana dan Pengembangan Akademik (DIRP2A-ITS), atau Tes Potensi Akademik (TPA) yang dikeluarkan oleh BAPPENAS, dan TKDA HIMPSI. Untuk tes TPA DIRP2A-ITS bisa dilihat di tpka.its.ac.id atau mengubungi WA Bapak Masruhin 081233431571
  5. Lulus seleksi masuk/tes masuk (dapat dilaksanakan secara offline/online, akan diinfokan melalui email oleh Prodi) :
    • Tulis: Materi Bidang;
    • Wawancara
  6. Menyatakan kesanggupan untuk memenuhi ketentuan/prosedur akademik dan finansial yang berlaku.
  7. Bagi pendaftar Program S2 harus mengisi Usulan Topik Penelitian dan khusus pendaftar Program S3 harus sudah memiliki Rancangan Usulan Proposal Disertasi yang telah disetujui oleh calon promotor. Format usulan topik penelitian dan rancangan usulan proposal disertasi bisa diunduh disini. Format kesediaan sebagai promotor khusus pendaftar Program S3 bisa diunduh disini.

Panduan Pendaftaran Online dapat di download DISINI

 

Tata Cara Pendaftaran Non RPL

BAGI CALON PENDAFTAR YANG BERASAL DARI PROGRAM STUDI YANG TIDAK SEBIDANG DAN LINTAS JENIS, SILAHKAN MENDAFTAR MELALUI PROGRAM RPL 

  1. Melalui web ini, klik DAFTAR DISINI lalu klik Belum Punya KAP dan PIN
  2. Calon peserta melakukan pendaftaran Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan Personal Identification Number (PIN). Calon peserta menuliskan nama lengkap, tanggal lahir, dan alamat email yang valid.
  3. Selanjutnya calon peserta akan mendapatkan email berisi Kode Bayar, KAP dan PIN.
  4. Dengan menggunakan Kode Bayar, calon peserta membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 500.000,00 melalui loket/Teller/ATM/Internet Banking untuk Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN, dan Bank Jatim (Perhatian : Biaya pendaftaran TIDAK DAPAT ditarik kembali dengan alasan apapun).
  5. Detail Cara Pembayaran adalah sebagai berikut:
    • Panduan Cara Pembayaran Melalui Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI dan Bank BNI Syariah dapat dilihat disini.
  6. Calon peserta melakukan pendaftaran secara online (melalui Internet) dengan mengunjungi website ini dengan login menggunakan KAP dan PIN.
  7. Untuk melakukan pendaftaran secara online, calon peserta harus menyiapkan:
    1. File pas foto berwarna terbaru ukuran 4×6 cm (memakai pakaian yang sopan dan rapi) dengan latar belakang putih berformat JPEG atau PNG dengan ukuran maksimum 500 KB.
    2. Ijazah Sarjana (S1)/SKL (harus dicantumkan kontak kadep/kaprodi berupa nama, email dan no hp).
    3. Transkrip Sarjana (S1).
    4. Ijazah Magister (khusus program S3).
    5. Transkrip Magister (khusus program S3).
    6. Mencantumkan Nama dan Email untuk 2 (dua) rekomendator (Harus dipastikan bahwa perekomendasi mengetahui dan diberi waktu 2 hari (24 jam) setelah proses pengisian formulir online masing-masing peserta selesai.) yang berasal dari :
      1. Pimpinan instansi bagi yang sudah bekerja, atau
      2. Mantan dosen atau pembimbing program sarjana.
    7. Sertifikat TOEFL/IELTS.
    8. Sertifikat TPA atau TPKA.
    9. Surat Keterangan Sehat
    10. Bagi pendaftar Program S2 harus mengisi Usulan Topik Penelitian dan khusus pendaftar Program S3 harus sudah memiliki Rancangan Usulan Proposal Disertasi yang telah disetujui oleh calon dosen pembimbing. Format usulan topik penelitian dan rancangan usulan proposal disertasi bisa diunduh disini. Format kesediaan sebagai promotor khusus pendaftar Program S3 bisa diunduh disini
    11. Portofolio (S2 dan S3 Jalur Riset). Format portofolio dapat didownload disini.
  8. Calon peserta harus menyimpan dan mencetak file Kartu Bukti Pendaftaran online.
  9. Calon peserta tidak diperkenankan mengganti program studi yang telah dipilih dengan alasan apapun.
  10. Calon peserta menandatangani Kartu Bukti Pendaftaran tersebut pada tempat yang disediakan.
  11. Kartu peserta dibawa pada waktu test materi bidang dan wawancara. Jadwal tes akan diinfokan oleh prodi melalui email pendaftar
  12. Semua berkas asli yang diunggah online wajib dibawa pada saat wawancara.

Link Penting Seputar Pendaftaran

Informasi Pendaftaran Manajemen Teknologi 

Informasi Pendaftaran Inovasi Sistem dan Teknologi

Konsultasi Pendaftaran Whatsapp SIMT-ITS

Konsultasi Pendaftaran Whatsapp PSPPI-ITS

Latest News

  • SIMT ITS: The Campus of Digital World Changemakers

    Rudiyanto: Studying at SIMT, Succeeding in the Professional World Successfully balancing studies and work, Rudiyanto has proven that success

    20 Dec 2024
  • Pendaftaran Program Pascasarjana dan Profesi SIMT-ITS Genap 2022/2023

    Waktu Pendaftaran Program Non RPL Penerimaan Mahasiswa Baru Semester Genap Pendaftaran 03 Oktober 2022 – 08 Januari 2023 Ujian

    06 Oct 2022
  • Pendaftaran SIMT-ITS Gelombang 2 Periode Gasal 2022/2023 telah dibuka sampai 17 Juli 2022

    Waktu Pendaftaran Gelombang II Pendaftaran 4 April – 17 Juli 2022 Ujian Masuk 18 – 29 Juli 2022 Pengumuman

    29 Mar 2022
Informasi Pendaftaran