MWA

Majelis Wali Amanat
30 April 2024, 04:04

ITS Jadi Tuan Rumah Silaturahmi Nasional Forum MWA PTNBH

Oleh : itsmwa | | Source : -

Pada tanggal 30 April dan 1 Mei 2024, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menjadi tuan rumah acara silaturahmi Nasional dari Forum Majelis Wali Amanat (MWA) Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH). Pertemuan di Surabaya tersebut dihadiri oleh delegasi dari 21 MWA PTNBH se-Indonesia dengan total 150 peserta. Acara ini bertujuan untuk memperkuat kerjasama dan jaringan antar PTNBH serta mendiskusikan isu-isu penting dalam pengelolaan PTNBH. Dalam kegiatan kali ini, juga menandai serah terima jabatan ketua forum dari Institut Teknologi Bandung (ITB) kepada ITS untuk periode 2024-2025.

Pada silaturahmi nasional forum MWA ini menyoroti berbagai topik strategis, termasuk peningkatan tata kelola kelembagaan, strategi pengelolaan keuangan termasuk dana lestari/abadi, pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), serta peningkatan kapasitas dan kapabilitas dari PTNBH. Para peserta forum berbagi pengalaman dan strategi terbaik dalam mengelola PTNBH di era globalisasi dan digitalisasi yang pesat.

Selain itu, salah satu sesi kunci dalam silaturahmi Nasional ini adalah diskusi penting mengenai rancangan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia yang akan menjadi acuan baru dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi. Hal ini sangat penting karena akan memberikan kerangka hukum yang baru dalam mendukung pengelolaan PTNBH. Pembahasan ini mendapat perhatian khusus, karena perubahan dari PP akan berdampak langsung pada kebijakan pendidikan tinggi di seluruh negeri.

Melalui pertemuan ini, muncul berbagai rekomendasi yang dapat meningkatkan kualitas dan efektifitas penyelenggaraan pendidikan tinggi di Indonesia. ITS, sebagai tuan rumah dan ketua forum baru, menyatakan kesiapannya untuk mendukung dan melaksanakan setiap inisiatif yang disepakati bersama demi kemajuan bangsa dan negara.

 

Berita Terkait