MWA

Majelis Wali Amanat
19 Agustus 2024, 08:08

Forum MWA PTNBH Siapkan Masukan untuk Pemerintahan Baru

Oleh : itsmwa | | Source : -

Pada tanggal 30 Juli 2024, Forum Majelis Wali Amanat Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (MWA PTNBH) mengadakan rapat online dengan dua agenda penting. Yaitu terkait pengawalan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang penyelenggaraan Pendidikan Tinggi, serta menyiapkan usulan strategis kepada pemerintahan baru yang akan datang.

Dalam pertemuan ini, Forum MWA PTNBH membahas langkah-langkah untuk memastikan kelancaran proses penyusunan dan harmonisasi RPP dengan kementerian terkait. Diskusi juga dilakukan untuk memberikan tanggapan atas pokok-pokok substansi yang ada dalam RPP tersebut. Forum menekankan pentingnya menjaga keterlibatan aktif dalam proses penyusunan RPP demi mendukung tata kelola PTNBH yang lebih baik.

Selain itu, Forum menyepakati pentingnya untuk merumuskan usulan kebijakan baru kepada pemerintahan mendatang. Beberapa usulan tersebut meliputi perubahan atau perbaikan pada regulasi yang ada. Misalnya pada peningkatan tata kelola PTNBH dan penyediaan anggaran yang lebih fleksibel dan mendukung inovasi di perguruan tinggi. Forum berharap masukan ini dapat menjadi acuan bagi pemerintah dalam mengembangkan regulasi yang lebih adaptif dan mendukung keberlanjutan PTNBH.

Sebagai bagian dari langkah strategis tersebut, Forum MWA PTNBH juga merancang program sharing dan training yang akan dilaksanakan secara berkala selama satu tahun ke depan. Program ini akan berfokus pada optimalisasi aset dan dana abadi, pembenahan tata kelola, serta pengembangan kapasitas kepemimpinan yang lebih kuat di lingkungan PTNBH.

Forum juga sepakat untuk mengadakan pertemuan offline secara berkala guna membahas isu-isu penting secara langsung. Pertemuan pertama akan diselenggarakan di Universitas Syiah Kuala (USK), Aceh, pada bulan Oktober 2024. Pertemuan ini diharapkan menjadi wadah untuk berbagi informasi, membahas solusi atas tantangan bersama, serta mempererat kolaborasi antar-perguruan tinggi.

Forum MWA PTNBH berkomitmen untuk terus berkolaborasi dalam membangun masa depan pendidikan tinggi yang lebih baik di Indonesia, dengan mengusung prinsip tata kelola yang berkelanjutan, inovatif, dan responsif terhadap perubahan zaman.

Berita Terkait