ITS News

Senin, 30 September 2024
15 Maret 2005, 12:03

Baling-Baling Bersirip untuk Percepat Kapal

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berhasil menciptakan model baling-baling bersirip untuk kapal. Setelah diuji, baling-baling ini terbukti bisa menambah kecepatan kapal. Saat ini, ITS sedang berusaha mempatenkan karya tersebut.

Menurut rencana, ITS juga akan memproduksi massal karya itu, seperti yang sudah dilakukan pada CDI temuan dosen ITS beberapa waktu lalu.

Baling-baling kapal atau propeller ini dibuat oleh Edi Jatmiko, mahasiswa Jurusan Teknik Sistem Perkapalan. Ini merupakan tugas akhirnya yang berjudul: Studi Penyempurnaan Rancangan Screw Propeller untuk Peningkatan Efisiensi Kapal. "Saya mengembangkan screw propeller yang sudah ada sebelumnya," kata Edi, kemarin.

Sepintas, baling-baling buatan Edi ini tidak jauh berbeda dengan baling-baling kapal pada umumnya. Diameternya sekitar 25 cm, dan dibuat dari bahan alumunium. Bedanya, dia menambahkan sirip pada setiap bilah baling-baling. Ada dua sirip di setiap baling-baling tersebut.

Fungsi sirip ini untuk menambah daya dorong kapal. Untuk membuktikannya, Edi telah mengujinya di kapal nelayan di Kenjeran. Kapal itu menggunakan mesin berkekuatan 7,7 PK. "Saya menguji dengan alat GPS (Global Positioning System)," kata pria kelahiran 6 Juli 1978 ini.

Hasilnya, dibanding menggunakan baling-baling biasa, terjadi peningkatan kecepatan pada kapal. Dengan baling-baling bersirip, kecepatan kapal bertambah cukup signifikan. Sebelumnya, dengan baling-baling biasa, kecepatan kapal 3,1 knot. Setelah memakai baling-baling bersirip, kecepatanya bisa mencapai 6,4 knot.

Ide membuat baling-baling ini, kata Edi berasal dari Ir Suryo Widodo Adji MSc, dosennya. Karena itu, Edi menamakan baling-baling ini dengan nama AdjiE, singkatan dari Adji dan Edi. "Kami sedang mematenkannya sekarang," kata mahasiswa angkatan 1997 ini.(tom)

Berita Terkait