ITS News

Sabtu, 28 September 2024
15 Maret 2005, 12:03

Deklarasi Hima Planologi

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Sebagai komunitas baru di ITS, mahasiswa-mahasiswa Program Studi Perencanaan Wilayah Kota (prodi PWK) memang patut diacungi jempol. Dalam usia muda (2 tahun), PWK yang lebih dikenal dengan Planologi ini telah mandiri. Mereka telah mempunyai hima sendiri yang telah disahkan pada Kongres III Mahasiswa ITS (13/03). Dan yang mendapat kehormatan memegang tampuk pimpinan (kahima) kali pertama adalah Aris, Planologi 2002.

Sedangkan untuk deklarasi, diselenggarakan kemarin (11/04) di Arsitektur, ITS. Deklarasi yang dibarengi dengan tasyakuran itu dihadiri oleh sejumlah undangan. Tampak hadir dalam acara itu, Ir. Eko Budi Santoso (kaprodi Planologi), Rendra Sanjaya (Presiden BEM-ITS) dan perwakilan dari hima dan ormawa di ITS.

Dalam kesempatan itu, Eko berpesan agar berdirinya himpunan ini dapat menghasilkan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, baik secara internal maupun eksternal. "Hingga nantinya timbul rasa memiliki oleh para anggotanya," tegas pria berkacamata ini. Diharapkan, dengan adanya rasa memiliki, maka loyalitas anggota untuk membangun himpunannya tidak akan diragukan.

Di tempat yang sama, Rendra mengharapkan agar hima baru ini mampu menjalin komunikasi dan hubungan yang baik dengan hima-hima yang ada di ITS. "Ini dimaksudkan untuk membangun image planologi di mata ormawa ITS," terang mahasiswa T. Mesin ini. Ibaratnya sebuah produk baru, Hima Planologi akan semakin dikenal dan laku jika bisa menciptakan image yang baik. Karenanya, dibutuhkan perjuangan dari mahasiswa Planologi mulai dari sekarang untuk membangun image yang dimaksud.

Dengan berdirinya hima baru bernama Hima Planologi, secara struktural dan administratif, mahasiswa Planologi telah terpisah dari Hima Sthapati, Arsitektur. Anggoro, Kahima Sthapati mengaku lega dengan deklarasi ini. "Berarti pengkaderan kami tidak sia-sia," ujar cowok kalem ini. Mahasiswa angkatan 2000 ini mengakui dalam pengkaderan dari dua tahun lalu, memang telah disisipkan bekal agar mahasiswa-mahasiswa Planologi bisa mendirikan hima sendiri. "Dan untuk pengkaderan tahun 2003 lalu pun, dari Oc sampai Sc telah dipegang mahasiswa Planologi sendiri," terang Anggoro mengenai sistem pengkaderan bagi maba Planologi 2003 yang susunan kepanitiannya diserahkan pada Planologi.

Dan sekali lagi….Selamat atas berdirinya Himpunan Mahasiswa Planologi. (rin/Lin)

Berita Terkait