ITS News

Selasa, 01 Oktober 2024
15 Maret 2005, 12:03

Disambi Kerja, Tetap Cumlaude

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Dia adalah Dhony Iwan Kristanto. Meski kuliahnya disambi bekerja, Arek Surabaya kelahiran 16 Maret 1982 ini bukan miskin prestasi di kampusnya, tapi malah sebaliknya. Ini terbukti selain menyabet predikat sebagai mahasiswa berprestasi, ia dan kawan-kawannya juga pernah keluar sebagai Juara III pada Lomba Keilmuan Teknik Industri 2004 yang diadakan di Universitas Indonesia. Di bidang akademik juga tidak kalah, buktinya pada Wisuda 12 Maret 2005, ia menjadi wisudawan dengan prestasi cumlaude dengan indeks prestasi kumulatif 3,63.

Bagaimana cara mengatur waktu belajar? "Saya jalani biasa saja, tidak ada yang istimewa. Bahkan saya kadangkala absen tidak mengikuti praktikum karena waktunya berbenturan dengan jadwal saya memberikan tutorial atau mengajar di bimbingan belajar," katanya.

Kalau sudah menemui jadwal yang berbenturan seperti itu, biasanya ia meminta dispensasi untuk melakukan praktikum susulan. "Terus terang saya memang lebih berat meninggalkan jadwal tutorial atau mengajar di sebuah bimbingan belajar, karena tanpa itu saya akan kehilangan penghasilan, dan akibatnya saya tidak bisa melanjutkan kuliah," kata alumnus SMA 16 Surabaya yang mengakui punya hobi berjualan ini.

Tentang kisah berjualnnya, Dhony menceritakan, di tengah-tengah waktu luang antara kuliah dan memberikan tutorial, kerapkali dirinya menggunakan untuk menjalankan profesi tambahan jual-beli handphone dan menyediakan tiket bagi murid-murid bimbingannya untuk mengikuti try out. "Hasilnya cukup lumayan untuk tambahan beli buku dan foto kopi bahan kuliah. Saya selalu ingin menggunakan berbagai kesempatan untuk berjualan," kata mahasiswa yang pernah mengambil program ikatan dinas yang disediakan oleh LG.

Diakui Dhony, selama ini untuk menunjang kebutuhan kuliah, selain beasiswa yang ia terima dari LG, dirinya juga nyambi menjadi tutor matematika di salah satu lembaga bimbingan belajar. "Ini dilakukan karena saya dituntut untuk mandiri kalau memang ingin tetap kuliah. Kakak-kakak saya juga melakukan hal sama, kuliah sambil bekerja," kata mahasiswa Jurusan Teknik Industri Angkatan tahun 2001 ini. (humas/bch)

Berita Terkait