ITS News

Sabtu, 28 September 2024
15 Maret 2005, 12:03

IR. SUTAN FACHRUDDIN ACHMAD, PENGGAGAS PEMBANGUNAN GRAHA SEPULUH NOPEMBER

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Sesaat sebelum pemberangkatan jenazah menuju pemakaman, diadakan upacara penghormatan terakhir. Acara yang diadakan di KPA Dr. Angka, Senin (19/4) dihadiri oleh segenap civitas akademika ITS.

Dalam kesempatan ini hadir pula Rektor ITS Dr.Ir.Mohammad NUH,DEA. Saat melepas jenazah, beliau mengungkapkan rasa duka dan kehilangan yang mendalam akan kepergian almarhum yang banyak berjasa bagi kemajuan ITS.

"Insya Allah, almarhum diampuni dosa-dosanya dan diterima di sisi Allah SWT. Semasa hidup almarhum telah mengabdi di ITS selama 26 tahun. Selain berjasa di bidang ilmu pengetahuan, juga seorang yang hamba yang saleh", ujar pimpinan tertinggi ITS ini.

Almarhum yang meninggalkan seorang istri dan 3 putra, tutup mata pada usia 62 tahun. Selain dikenal sebagai penggagas pembangunan Graha Sepuluh Nopember, juga pernah menjabat sebagai pimpinan produksi renovasi KPA. Dr. Angka.

Diungkapkan oleh rekan sejawatnya, Ir. Harijono Sigit BS, "Pak Fachruddin punya andil besar dalam membesarkan jurusan Arsitektur ITS. Sebab beliau-lah yang pertama kali menyusun kurikulum pengajaran", tuturnya mengenang almarhum.

Menimbang jasa-jasanya, almarhum dianugerahi pemerintah penghargaan Satya Lencana Karya Satya dan Dwidaya Satya Perdana untuk pengabdiannya di bidang akademik.
Almarhum yang lahir di Bukittinggi, 24 Januari 1942, menyelesaikan pendidikan dasarnya di ranah Minang. Juga merupakan salah satu alumnus Teknik Sipil ITB. Meniti karier di ITS selama 26 tahun dengan menyandang jabatan terakhir Lektor Madya jurusan Teknik Arsitektur.

Meski telah lama pensiun dari ITS, almarhum meninggalkan kesan yang baik dalam benak rekan – rekan seprofesi. Terbukti, dengan banyaknya hadirin yang memberikan penghormatan terakhir.(elg/rom)

Berita Terkait